Beranda All News Sebelum WSBK, Presiden RI Jokowi Tertawa Menjajal 17 Tikungan Sirkuit Mandalika

Sebelum WSBK, Presiden RI Jokowi Tertawa Menjajal 17 Tikungan Sirkuit Mandalika

0
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjajal sirkuit Mandalika, NTB dengan sepeda motor RI 1, Jumat (12/11/2021). F- Istimewa/ Instagram@jokowi

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Jumat (12/11/2021) pagi tadi. Presiden RI Jokowi tertawa saat menjajal 17 tikungan sirkuit mandalika dengan motor balap RI 1, sepekan sebelum WSBK 2021 Mandalika.

Presiden RI Jokowi berangkat ke Lombok, NTB untuk meresmikan Sirkuit Mandalika. Setelah prosesi peresmian, Jokowi langsung menjajal sirkuit yang akan dipakai pembalap World Superbike (WSBK) pekan depan tersebut.

Dalam video dari Biro Pers Kepresidenan yang beredar, pada saat peresmian tersebut Presiden RI Jokowi terlihat mengenakan setelan balap berwarna hitam, serasi dengan helm yang juga dipakai. Helm itu bahkan tidak dilepas Jokowi saat menandatangi prasasti Sirkuit Mandalika.

Baca Juga :  Nuzulul Quran, Gubernur Kepri Sampaikan Tausiyah di Masjid Agung

Sebagaimana jaket motor pada umumnya, item itu dilengkapi beberapa aksen, termasuk bordir besar di bagian dada dan nomor di sisi kiri depan. Jaket bergaya retro itu tampak selaras dengan motor balap yang dikendarai Jokowi.

Presiden Jokowi menjajal aspal mulus Sirkuit Mandalika mengendarai motor balap pribadinya. Setibanya di garis start Sirkuit Mandalika, Jokowi langsung menaiki motor balap berwarna hijau dan bertuliskan RI 1.

Namun sebelumnya, Jokowi lebih dulu berpenampilan kasual saat tiba di Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) Zainuddin Abdul Majid, Kabupaten Lombok Tengah. Kala itu tampak ia memakai jaket bomber hijau yang sudah beberapa kali dikenakannya, berpadu straight black pants andalan.

Tidak lupa sneakers hitam, yang sepertinya masih keluaran jenama lokal NAH Project, melengkapi tampilan simpelnya. Look ini pun sempat dibagikan Jokowi di akun Instagram-nya saat hendak terbang ke Lombok.

Baca Juga :  Ketua LAM Kepri: Tugu Bahasa Dibangun di Pulau Penyengat, Gedung Bahasa di Riau

“Masih pagi benar, saya meninggalkan Jakarta menuju Nusa Tenggara Barat. Hari ini saya akan meninjau sekaligus meresmikan sirkuit balap di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika: Sirkuit Mandalika,” tulisnya sebagai keterangan foto.

Peresmian Sirkuit Mandalika pun dilakukan, Jumat (12/11/2021), sepekan sebelum WSBK digelar di sana. Seri terakhir WSBK 2021 ini bakal jadi balapan pembuka di Sirkuit Mandalika, yang akan menentukan juara dunia antara Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea.

Selain WSBK, Sirkuit Mandalika rencananya juga akan jadi lokasi penyelenggaraan event dunia balap motor lainnya, seperti ATC, WSB, dan MotoGP. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan.

Baca Juga :  Kepala Perwakilan BI Kepri dan Gubkepri Bahas GMP Seri 2

Tepatnya setelah WSBK, Sirkuit Mandalika dipastikan akan jadi tuan rumah seri kedua MotoGP 2022. Pembalap top MotoGP seperti Marc Marquez, Joan Mir, Fabio Quartararo, hingga Stefan Bradl akan mengaspal di sana.

Presiden RI Jokowi menuliskan dalam akun instagram@jokowi, Sirkuit Mandalika sempat diguyur hujan hari ini (Jumat). Saya tetap turun dan menjajalnya dengan sepeda motor saya.

“Rupanya begini yang disebut sirkuit balapan itu. Tikungan-tikungannya tajam sekali. Ada 17 tikungan. Kalau untuk pembalap (pebalap) mungkin enggak ada masalah. Tapi saya?,” tutup Jokowi dengan tanda tertawa. (mario)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here