banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri bersama Wali Kota Hj Rahma memanen kol hasil usaha kelompok tani di Kampung Bugis, Tanjungpinang, Selasa (9/11/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Hj Rahma Panen Kol, Ansar Ahmad Memerintahkan Kadis Pertanian untuk Meningkatkan Pembinaan Petani

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad memerintahkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang, untuk meningkatkan pembinaan petani. Karena, sektor pertanian bisa menjadi andalan untuk pemulihan ekonomi Kepri. Perintah itu disampaikan gubernur usai panen kol (kubis) bersama Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma.

Ansar Ahmad Gubernur Kepri menjelaskan, selama pandemi Covid-19, sektor pertanian terus bergerak. Bahkan tumbuh dibanding sektor lainnya. Sehingga Kepri termasuk salah satu dari 17 pintu pengeluaran ekspor komoditas pertanian. Ke depan, pembinaan pada sektor akan ditingkatkan, termasuk para petani.

“Saya minta Kepala Dinas Pertanian Kepri dan Kota Tanjungpinang agar melakukan pembinaan dan membantu masyarakat petani. Supaya bantuan yang kita berikan ini memberikan manfaat dan nilai tambah,” kata Ansar Ahmad di penyerahan secara simbolis bantuan sarana produksi usaha pertanian dan pupuk bersubsidi kepada Kelompok Tani di Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga :  Ketua K3S Kampar Belajar tentang Program LKKS Kepri

Provinsi Kepri juga didukung dengan letak geografis yang strategis, karena berbatasan dengan negara lain. Sehingga membuka peluang potensi ekspor yang besar ke berbagai negara, melalui jalur laut. Apabila dioptimalkan, pengembangan potensi sektor pertanian ini, bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan dasar domestik. Tapi, bisa juga menyuplai ke pasar internasional.

“Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kepulauan Riau. Daerahnya menjadi salah satu dari 17 pintu pengeluaran ekspor komoditas pertanian. Ke depan, pembinaan pada sektor akan ditingkatkan,” demikian dijanjikan Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Warga Mempertanyakan Penjualan Pasir dari Pembuatan Kolam Ikan di Teluk Bakau

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menegaskan, ke depan, provinsi, kabupaten dan kota di Kepri harus mulai berpikir kembali, untuk berbagai program pertanian yang sifatnya komprehensif. Untuk itu harus dirancang bersama-sama supaya pekerjaan disektor pertanian bisa lebih baik. Karena, hampir dua tahun dana pemerintah dialokasikan untuk pengendalian Covid-19. Karena kalau Covid-19 itu tidak tertangani dengan baik maka program apapun sulit akan kita jalankan

Pemerintah dan semua unsur lainnya berterima kasih dan bersyukur kepada para petani yang telah menghasilkan makanan-makanan sehat.

Baca Juga :  Kapolres Bintan: Musuh Bersama di Masa Kini, Kemiskinan dan Kebodohan

“Kita bisa sehat sampai hari ini karena petani yang masih menanam berbagai tumbuh-tumbuhan yang kita butuhkan gizi sehari-hari,” tutup Ansar Ahmad.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad dan Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma memanen sayur, kol (kubis) dan beberapa jenis hasil pertanian. Turut hadir Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri Rika Azmi, Staf Khusus Gubernur Sarafudin Aluan, Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang Joni Fazri, Lurah Kampung Bugis Rio Renaldy serta 22 kelompok tani penerima bantuan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *