Beranda All News Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2021 Se-Bintan, Roby: Bersaing Secara Sehat

Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2021 Se-Bintan, Roby: Bersaing Secara Sehat

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menandatangani pakta integritas pada saat deklarasi damai Pilkades serentak 2021, Jumat (5/11/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Sebelas calon kepala desa melakukan deklarasi damai sekaligus penandatanganan pakta integrita, untuk menghadapi Pilkades serentak 2021, Jumat (5/11/2021). Deklarasi damai Pilkades serentak 2021 ini turut disaksikan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, Kepala Dinas PMD Ronny Kartika dan sejumlah pihak terkait.

Deklarasi damai dan penandatanganan pakta integritas Pilkades serentak 2021 se-Kabupaten Bintan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Bintan. Akhir tahun 2021 ini, Kabupaten Bintan akan menggelar Pilkades serentak di 3 desa, dari 36 desa yang ada. Pilkades ini dilaksanakan di Desa Malang Rapat Kecamatan Gunung Kijang, dan Desa Dendun di Kecamatan Mantang. Selain itu, akan dilaksanakan Pilkades Pengganti Antarwaktu (PAW) di Desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong. Pilkades PAW ini dilaksanakan secara musyawarah.

Usai deklarasi damai, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengimbau, agar seluruh Cakades dapat bersaing secara sehat. Guna mewujudkan pemilihan yang damai, jujur, bebas, adil dan rahasia. Selain itu, selama masa kampanye, harus mematuhi protokol kesehatan.

“Harapan kita, tentu seluruh Cakades bisa bersaing sehat. Dengan jiwa sportivitas. Sehingga Pilkades dapat berjalan aman, tertib, dan lancar,” harap Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Vaksinasi Lansia di Empat Kabupaten Se-Kepri Masih di Bawah 60 Persen

Roby Kurniawan menegaskan, deklarasi damai merupakan komitmen bagi para calon kades dan seluruh pihak yang terlibat agar pelaksanaan Pilkades berjalan lancar. Justru itu, pelaksanaan Pilkades harus menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, para Cakades juga diharapkan memiliki visi misi terkait pengendalian Covid-19, pemulihan ekonomi desa, serta program padat karya.

Menurutnya, keberhasilan penyelenggaraan Pilkades sangat ditentukan kerja sama dan koordinasi seluruh pihak. Baik calon kepala desa, panitia dan pengamanan.

“Untuk itu, mari kita jaga pelaksanaan Pilkades yang baik sesuai aturan. Serta mengikuti protokol kesehatan dan memiliki visi misi program pemulihan ekonomi, pengendalian covid serta program padat karya,” tegasnya.

Pada kesempatan lain, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono mengatakan, pihak kepolisian akan menurunkan personel untuk mengawasi tahapan pelaksanaan Pilkades di tiga desa tersebut. Untuk di Desa Dendun, akan diawasi Polsek Bintan Timur. Pilkades Malang Rapat akan diawasi Polsek Gunung Kijang. Sedangkan Pilkades PAW di Desa Sebong Lagoi akan diawasi Polsek Teluk Bintan serta diperbantukan Polsek Bintan Utara.

Baca Juga :  Bambang Sugihartono Lega, Animo Masyarakat untuk Vaksinasi Semakin Tinggi

Selama pelaksanaan tahapan Pilkades ini, Kapolres Bintan berharap, agar semua pihak menjaga Kamtibmas. Perbedaan pendapat boleh. Tapi, harus menjaga nilai persatuan.

“Nah, yang lebih penting lagi, taati protokol kesehatan. Karena, Pilkades ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Jadi, wujudkan Pilkades yang aman, lancar, tertib dan sehat dari Covid-19,” pesan AKBP Tidar Wulung Dahono.

“Khusus untuk Pilkades PAW di Sebong Lagoi, kita minta para tokoh masyarakat yang ikut dalam musyawarah nanti, harus bijaksana dan utamakan mufakat,” sambungnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Rony Kartika mengatakan, Pilkades serentak 2021 dijadwalkan tanggal 23 November 2021 mendatang. Total Cakades di 3 Desa sebanyak 11 orang. Ronny berharap agar Cakades nantinya harus saling membantu menciptakan ketertiban aman dan damai di masyarakat.

“Untuk Desa Malang Rapat dan Desa Dendun digelar Pilkades, karena masa jabatan kades sebelumnya sudah berakhir. Namun untuk Desa Sebong Lagoi dilakukan, bersifat Penggantian Antarawaktu (PAW). Karena sebelumnya, Kades Sebong Lagoi diberhentikan. Kita harapkan pelaksanaan Pilkades tahun ini bisa berjalan lancar,” tutupnya.

Baca Juga :  Sedeng Kale! Pelaku Hipnotis Nekat Berduel dengan Polisi

Untuk tahapan Pilkades serentak 2021 ini, sudah menyelesaikan pelaksanaan pleno pengumuman calon kades, serta pencabutan nomor urut, sekaligus deklarasi damai. Selanjutnya dilaksanakan kampanye, masa tenang dan tahapan pemilihan.

Berikut nama dan nomor urut Cakades di Pilkades serentak 2021 se-Kabupaten Bintan:

a. Desa Malang, Kecamatan Gunung Kijang.

  • Sakri (Nomor Urut 1)
  • Murbaininasril (Nomor Urut 2)
  • M Zulkifli (Nomor Urut 3)
  • Saverius Boli Al Rahman (Nomor Urut 4)
  • Mohtisar (Nomor Urut 5)

b. Desa Dendun, Kecamatan Mantang.

  • Rupiat (Nomor Urut 1)
  • Ediyanto (Nomor Urut 2)
  • Eva Riana (Nomor Urut 3)

c. Desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong.

  • Mazlan (Nomor Urut 1)
  • Roslan (Nomor Urut 2)
  • Roeland Ariebowo (Nomor Urut 3)

“Pencabutan nomor urut calon kades sudah dilakukan. Desa Malang Rapat ada 5 calon kades, Desa Dendun ada 3 calon kades dan Desa Sebong Lagoi ada 3 calon kades. Kita harapkan proses Pilkades serentak tahun ini berjalan lancar dan taati protokol kesehatan,” tambahnya. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here