banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri mengadakan pertemuan dengan PT Pertamina Power Indonesia tentang rencana pembangunab PLTS di Kepri. Pertemuan dihadiri Hasfarizal Handra, manajemen PT Pertamina dan sejumlah OPD, Rabu (3/11/2021) di Batam. F- nurul atia/suaraserumpun.com

PT Pertamina Power Indonesia Akan Membangun PLTS di Kepri

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – PT Pertamina Power Indonesia akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Rencana pembangunan pembangkit sumber energi alternatif tersebut disampaikan pihak Pertamina kepada Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, pada pertemuan di Swissbell Hotel, Kota Batam, Rabu (3/11/2021).

Pertemuan tersebut dihadiri Sales Manager Retail Kepri PT Pertamina (Persero) Fachrizal Imanuddin, Sales Branch Manager Rayon I PT Pertamina (Persero) Reiza Pradipta Ma’ruf, Anggota DPRD Provinsi Kepri Sahat Sianturi, Kepala DPMPTS Kepri Hasfarizal Handra, dan Kepala Dinas ESDM Kepri Hendri kurnadi.

Dalam pertemuan tersebut Gubernur Kepri Ansar Ahmad menegaskan, Pemprov Kepri mendukung penuh pengembangan sumber energi alternatif tersebut. Menurut gubernur, dalam peralihan sumber energi dari batubara, minyak bumi, dan gas ke sumber energi alternatif, merupakan upaya memaksimalkan green energy.

Baca Juga :  Apri Ragu-ragu untuk Memperbolehkan Salat Ied di Lapangan Terbuka

“Ini akan kita dukung semaksimal mungkin. Ini juga akan mendukung program Kepri Hijau dan Kepri Terang,” tegas Ansar Ahmad.

Dalam upaya pengembangan PLTS ini bukan tanpa hambatan. Menurut Gubernur Kepri, lahan adalah masalah utama. Lahan yang diperlukan diproyeksikan seluas lebih kurang 2.000 hektare. Penyediaan agak sulit, kecuali bekerja sama dengan pihak-pihak yang mempunyai kawasan tertentu.

“Alternatif lain adalah pemanfaatan permukaan air. Laut maupun danau untuk instalasi panel surya, saya rasa itu masih memungkinkan. Kita akan melihat kandidat lokasi yang tepat pertimbangan lokasi dan jarak yang baik. Dan juga dari sisi cost-nya, tidak terlalu mahal,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Program Pinjaman Modal Tanpa Bunga Dilanjutkan, Tapi Banyak yang Belum Dapat Informasi

Selanjutnya, Gubernur Kepri menyampaikan, baik anak perusahaan BUMN atau perusahaan swasta murni, dapat berpartisipasi dalam pengembangan PLTS ini. Dengan segala hambatan lahan dan alternatifnya, yang terpenting adalah peralihan dari sumber energi tak terbarukan ke energi alternatif tetap berjalan.

Willian Handoko Gotama selaku Sales Branch Manager Rayon II PT Pertamina menyampaikan, saat ini, Pertamina tidak hanya bergerak di bidang minyak dan gas saja. Namun juga di bidang energi. Di Kepri, memiliki potensi yang besar buat pengembangan energi, khususnya PLTS.

Baca Juga :  Di Kepri, Kasus Agraria Paling Menonjol Dilaporkan

“Namun untuk mewujudkan hal tersebut, kami memerlukan support dari Pemprov Kepri. Karena dengan pengembangan PLTS ini juga akan mendukung Program Kepri Terang dengan energi yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan,” jelasnya. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *