banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri dan OPD mengadakan pembahasan kerja sama pelatihan dengan Republic Polytecnic of Singapore, melalui virtual dari Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (1/11/2021). F- Istimewa/Humas Pemprov Kepri

Pegawai Pemprov Kepri Bakal Dapat Pelatihan dari Republic Polytecnic of Singapore

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sedang menjajaki kerja sama dengan Republic Polytecnic of Singapore. Pegawai Pemprov Kepri, institusi pendidikan dan pelaku industri bakal mendapat pelatihan dari Republic Polytecnic of Singapore, untuk masa mendatang.

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad mengapresiasi dan akan mendukung penuh pelatihan-pelatihan yang akan diselenggarakan oleh Republic Polytecnic of Singapore. Pelatihan akan dilaksanakan terhadap pegawai di lingkungan Pemprov Kepri, institusi pendidikan, dan pelaku industri di Kepri. Hal ini sejalan dengan visi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wagub Kepri Hj Marlin Agustina, dalam upaya mewujudkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Sehat, dan Berdaya Saing dengan Berbasiskan Iman dan Taqwa.

“Kami akan memanfaatkan program ini. Untuk itu, akan mengidentifikasi lembaga pendidikan tinggi, pusat pelatihan dan perusahaan industri untuk mengikuti pelatihan-pelatihan ini,” kata Ansar Ahmad Gubernur Kepri saat rapat bersama manajemen Republic Polytechnic of Singapore, melalui video conference dari ruang kerjanya di Dompak, Senin (1/11/2021).

Baca Juga :  BNPB: 12 Provinsi Zero Kasus PMK, Termasuk Kepulauan Riau

Pertemuan ini dihadiri oleh Direktur Kantor Relasi Internasional Republic Polytecnic of Singapore Terence Chong. Manajer Kantor Relasi Internasional Republic Polytecnic of Singapore Jason Tey, Veronica Enda Wulandari, dan Hastin Dumadi dari KBRI Singapura.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Kepri Syamsul Bahrum, Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Dali, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Burhanuddin, dan Kepala Biro Pemerintahan M Darwin.

Gubernur Kepri menyampaikan, program ini sangat penting dalam rangka menguatkan kerja sama pelatihan teknik antara Republic Polytecnic of Singapore dengan Pemprov Kepri.

Baca Juga :  25 Siswa SPN Polda Kepri Diserang Massa

“Pertemuan online ini bertujuan untuk merespon tawaran kerja sama berupa kursus dan program pelatihan teknik. Khususnya pegawai Pemprov dan partisipan lain di Provinsi Kepri,” ujar Ansar Ahmad.

Menurut Ansar Ahmad, melalui suratnya selaku Gubernur Kepri tertanggal 15 Juli 2021, Pemprov Kepri secara resmi mengajukan proposal pelatihan kepada Direktur Kantor Relasi Internasional Republic Polytechnic Singapore mengenai pelatihan teknis. Pelatihan tersebut berkaitan dengan area keahlian ekonomi digital, ilmu kelautan, manajemen pesisir, industri aero dinamis, penelitian lingkungan, pengembangan SDM, manajemen informasi data, tenaga kerja multi keahlian, dan capacity building.

Setelah komunikasi yang intensif dan produktif, lanjutnya, Pemprov Kepri dan Republic Polytecnic of Singapore akan melaksanakan pelatihan pertama, yang difokuskan pada peningkatan teknologi agrikultur dengan prinsip industri 4.0.

Baca Juga :  Sekda: Rumah Asuh Bintan Kasih Sudah Mengasuh Delapan Balita

“Seperti yang disebutkan dalam surat balasan dari Republic Polytechnic Singapore, bahwa Temasek Foundation ingin mengadakan program pelatihan. Khususnya untuk pegawai Pemprov, institusi pendidikan, dan pelaku industri di Kepri melalui Republic Polytechnic Singapore” ungkapnya.

Manajer Kantor Relasi Internasional Republic Polytecnic of Singapore Jason Tey menyampaikan, tujuan akhir dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas SDM budi daya pertanian dan kelautan. Serta dari sektor pendidikan dan pelaku industri. Pelatihan ini dilaksanakan selama 18 bulan.

“Diharapkan dapat dimulai pada bulan Juni 2022. Sebagian besar pendanaan akan ditanggung oleh Temasek Foundation,” ungkap Jason. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *