Beranda All News Ingin Turun dari PPKM Level 1 Ada Syaratnya, Ansar Ahmad: Kita Gesa...

Ingin Turun dari PPKM Level 1 Ada Syaratnya, Ansar Ahmad: Kita Gesa Vaksinasi Lansia

0
Ansar Ahmad Gubernur Kepri memimpin rapat koordinasi percepatan vaksinasi lansia bersama OPD terkait di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (26/10/2021) malam. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ingin turun lagi dari status PPKM Level 1. Tapi, ada syaratnya. Minimal, kalangan lansia sudah disuntik vaksin Covid-19 mencapai 60 persen dari sasaran.

Hal ini menjadi pembahasan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad pada saat rapat koordinasi vaksinasi Kepri dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (26/10/2021) malam tadi. Untuk memenuhi syarat turun level tersebut, Ansar Ahmad meminta seluruh kepala daerah di Provinsi Kepulauan Riau, untuk menggesa vaksinasi bagi lansia. Hal ini dikarenakan penilaian levelisasi Covid-19 di daerah, turut memasukkan komponen capaian vaksinasi lansia.

“Sesuai instruksi pemerintah pusat, ingin turun ke level yang lebih rendah maka capaian vaksinasi lansia harus mencapai minimal 60 persen. Karena memang kerentanan lansia itu lebih tinggi, jadi masuk dalam komponen asesmen levelisasi,” sebut Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Pebalap Ducati Rajai MotoGP Spanyol, Motor Quartararo Aneh

Rapat koordinasi dihadiri seluruh bpati dan wali kota, serta Forkompimda Kepri. Menurut gubernur, komponen asesmen sebelumnya yaitu transmisi komunitas dan kapasitas respon. Maka seluruh daerah di Kepri sudah sangat memadai untuk turun ke level I. Namun karena adanya komponen asesmen tambahan, maka perlu dilakukan percepatan vaksinasi lansia.

Asesmen levelisasi daerah akan dilakukan pada tanggal 7 November 2021, akhir pekan depan. Sebelum tanggal 6 November, daerah sudah harus mencapai syarat vaksinasi lansia yang ditentukan.

Berdasarkan data dari dashboard Kementerian Kesehatan, saat ini vaksinasi lansia di Kepulauan Riau baru mencapai angka 52,68 persen. Untuk mengejar capain vaksinasi lansia di angka 60 persen, maka Provinsi Kepri harus melakukan vaksinasi pada sedikitnya 6.832 orang lansia.

Baca Juga :  Abdul Haris Melantik Sebelas Pejabat di Anambas, Berikut Nama-namanya

Adapun dua daerah di Kepri yang sudah melampaui capaian minimal untuk vaksinasi lansia. Yaitu di Kota Batam dan Tanjungpinang, masing-masing di angka 61,28 persen dan 75,39 persen. Beberapa kabupaten lain yang masih cukup rendah yaitu Bintan 38,80 persen, Lingga 37,67 persen, dan Karimun 37,28 persen. Sementara Natuna dan Anambas sudah mencapai 50,20 persen dan 41,38 persen.

“Terhadap kabupaten lain supaya dapat turun level seperti Batam dan Tanjungpinang. Maka kita harus memfokuskan ke vaksinasi lansia,” tegas Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Hasil Liga Inggris: Jawara Bertahan Manc City Ditahan Imbang, Liverpool Pesta Tiga Gol

Meskipun data dari Kemenkes menunjukkan angka vaksinasi lansia di Kepri baru mencapai 52 persen, namun menurut Gubernur Kepri, capaian vaksinasi lansia di Kepri sudah mencapai 64 persen. Untuk mengatasi ketidaksesuaian data tersebut Pemprov Kepri telah mengirimkan tim ke pemerintah pusat untuk menyesuaikan data yang benar.

Nah, sekarang, jika masyarakat Kepri ingin turun lagi dari status PPKM Level 1 atau mendekat kondisi normal, segera ikuti vaksinasi. Khususnya bagi kalangan lansia. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here