banner 728x90
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Mardiah dan dr Benni Antomy meninjau peserta akseptor KB MOW di RSUD Bintan, Sabtu (23/10/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Ingin Dapat Pelayanan Kontrasepsi MOW Gratis di RSUD Bintan? Berikut Ini Prosedurnya

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bagi kaum ibu di Kabupaten Bintan yang ingin mendapatkan pelayanan kontrasepsi Metode Operasi Wanita (MOW), tak perlu repot dan jangan memikirkan biaya. Cukup datang ke RSUD Bintan di Kijang. Ikuti prosedur pelayanan kontrasepsi MOW secara gratis berikut ini.

Kontrasepsi Metode Operasi Wanita (MOW) atau dalam istilah medis disebut tubektomi, adalah metode kontrasepsi yang bersifat sukarela bagi seorang wanita. Biasanya, tindakan ini dipilih oleh wanita yang sudah memiliki lebih dari tiga anak. Berusia di atas 30 tahun, atau tidak menginginkan keturunan lagi. Sterilisasi ini juga kerap menjadi pilihan bagi wanita yang kehamilannya berisiko tinggi.

Baca Juga :  Sehari, Polres Bintan Memvaksinasi Lebih dari 1.600 Warga

Mardiah Kepala BP3KB Bintan menuturkan, pelaksanaan kegiatan pelayanan KB gratis MOW ini dilaksanakan di RSUD Bintan, mulai dari tanggal 21 Oktober 2021 lalu, hingga 6 November tahun 2021 mendaang. Untuk prosedur mendapatkan pelayanan kontrasepsi MOW secara gratis ini, sebelum dilakukan tindakan MOW, calon akseptor telah melalui 2 tahap skrining/ pemeriksaan awal. Pertama, skrining di Puskesmas terdekat, lalu skrining kedua dilakukan di RSUD Bintan, serta melakukan tes Rapid antigen.

“Sampai saat ini, jumlah peserta akseptor mencapai 60 orang se-Kabupaten Bintan. Dengan akseptor terbanyak dari Kecamatan Teluk Sebong, ada 20 orang,” sebut Mardhiah, saat menerima kunjungan Plt Bupati Bintan, Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga :  Bupati Bintan Ingin Merombak Kabinet Lagi, Ini Daftar Nama Calon Pejabat Eselon II

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan berkesempatan meninjau langsung kegiatan pelayanan KB dengan MOW gratis di RSUD Bintan, Sabtu (23/10/2021). Roby Kurniawan mengapresiasi kinerja Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Bintan beserta jajaran RSUD, atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Ini tentu sangat luar biasa, bagaimana pemerintah berusaha untuk meningkatkan pelayanan KB kepada masyarakat,” katanya.

Dalam peninjauan tersebut, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan bantuan uang pengganti biaya hidup sebesar Rp300 ribu kepada akseptor selama mereka dirawat. Roby Kurniawan juga memberikan oleh-oleh dalam kunjungannya tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur RSUD Bintan dr Benni Antomy dan sejumlah pihak terkait. (nurul atia)

Baca Juga :  Kadiskominfo Kepri Imbau Masyarakat Agar Bijak Menggunakan Smartphone

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *