Beranda All News Pesan Kepala Puskesmas Toapaya, Jangan Asal-asalan Memakai Masker

Pesan Kepala Puskesmas Toapaya, Jangan Asal-asalan Memakai Masker

0
Kepala Puskesmas Toapaya dr Burhan dan Plt Camat Toapaya Nepy Purwanto meninjau penggunaan masker yang benar di lingkungan Puskesmas, Jumat (22/10/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Kepala Puskesmas Toapaya, Kabupaten Bintan dr Burhan tak bosan memberikan peringatan kepada pasien yang lalai saat menggunakan masker, ketika berobat. dr Burhan akan menegur warga yang ingin berobat, jika mengenakan masker yang tidak tepat. Termasuk stafnya.

dr Burhan menerangkan, masker menjadi barang yang penting, sejak pandemi Covid-19. Tapi, masih ada warga yang terkesan asal-asalan memakai masker. Jika perilaku itu dibiarkan, masker tidak akan berfungsi maksimal dalam mencegah penularan Covid-19.

Kebiasaan yang tidak tepat dalam penggunaan masker itu seperti menggunakan masker hanya menutupi mulut, tanpa menutup hidup. Bahkan yang lebih salah lagi, yaitu menurunkan maskernya hingga ke dagu. Sehingga, mulut dan hidung tidak tertutup.

Baca Juga :  Jimmi Ho dan Pengurus PHRI Kepri Dikukuhkan

“Ingat Pak, Bu. Jangan asal-asalan memakai masker itu. Saya tak ingin salah lagi saat menggunakan masker,” ujar Burhan kepada beberapa pasien yang kurang tepat saat menggunakan masker, kemarin.

dr Burhan memberikan pengetahuan bagaimana cara mengenakan masker yang benar, dalam kesempatan tersebut. Dia menyampaikan, masker yang digunakan secara benar yaitu menutupi bagian hidung serta mulut dengan sempurna.

“Jika masker digunakan secara tepat, insya Allah mampu mencegah kita dari penularan virus corona. Meski sekarang Bintan sudah PPKM Level 1, jangan abaikan kebiasaan menaati protokol kesehatan,” pesannya.

Burhan tak hanya memberikan pendidikan cara mengenakan masker yang benar kepada warga atau pasien yang ingin berobat. Burhan juga selalu mengingatkan cara memakai masker yang benar kepada staf dan jajarannya. Bahkan, hal itu pun disampaikan ketika Plt Camat Toapaya Nepy Purwanto berkunjung ke Puskesmas Toapaya, Jumat pagi kemarin.

Baca Juga :  DPAD Bintan Terima Pocadi dari Perpusnas, Saatnya Membaca Puluhan Ribu Buku Lewat Hape

“Kepada jajaran, saya juga selalu mengingatkan penggunaan masker yang benar. Kalau saya melihat, langsung saya tegur,” ucap Burhan.

Upaya pencegahan Covid-19 melalui penggunakan masker yang benar itu, mendapat respon positif dari Nepy Purwanto Plt Camat Toapaya. Menurut Nepy, pemerintah kecamatan juga mengimbau agar masyarakat selalu memakai masker yang tepat dan benar.

“Pakai maskernya jangan di bagian dagu. Itu percuma. Tapi, pakailah masker dengan menutup mulut dan hidung,” pesan Nepy.

Nepy membenarkan, saat ini Kabupaten Bintan sudah berstatus PPKM Level 1. Tapi bukan berarti masyarakat lalai dengan protokol kesehatan. Risiko penularan virus corona bisa saja terjadi, jika warga tidak menaati protokol kesehatan. Meskipun warga yang bersangkutan sudah mengikuti vaksinasi Covid-19.

Baca Juga :  Maifrizon: Tim Scout Talent PSSI Menyeleksi Pemain Kepri di Stadion Sri Tri Buana

“Terus lah memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan. Serta mengurangi mobilitas,” kata Nepy.

Pendidikan cara memakai masker yang tepat dan benar dari pihak Puskesmas Toapaya itu pun mendapat tanggapan positif oleh warga setempat, Oki.

“Pendidikan dari Pak dokter dan imbauan Pak Camat itu benar. Kami akan selalu taat dengan prokes. Termasuk memakai masker yang betul,” katanya. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here