Beranda All News Peringatan Hari Santri 2021 di Bintan Istimewa

Peringatan Hari Santri 2021 di Bintan Istimewa

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan memimpin upacara peringatan Hari Santri tahun 2021 di Halaman Kantor Bupati Bintan, Jumat (22/10/2021) pagi. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 di Kabupaten Bintan tergolong istimewa. Usai upacara bersama santri, Pemkab Bintan langsung menggelar takblig akbar.

Upacara peringatan Hari Santri 2021 dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Jumat (22/10/2021) pagi. Upacara peringatan Hari Santri Nasional dipimpin oleh Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Hari Santri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Hal ini juga merujuk pada tercetusnya resolusi jihad KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober, yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi kemerdekaan Indonesia yang dalam perkembangannya menjadi awal terjadinya peristiwa heroik 10 November.

Baca Juga :  Tim Kemenkominfo RI Menyurvei Media di Kepri, Kunjungi Kantor PWI

Pada tahun ini, peringatan Hari Santri juga mengusung tema “Santri Siaga Jiwa Raga”. Memiliki makna sebagai bentuk pernyataan sikap santri di seluruh Indonesia yang harus selalu siap siaga untuk menyerahkan jiwa dan raga guna membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menuturkan, Hari Santri mengingatkan arti penting, pada masa sekarang. Terkhususnya dalam era pandemi Covid-19. Ia meminta agar para santri menjadi teladan terdepan untuk tetap berada dalam situasi antisipasi dan adaptasi. Menjadikan protokol kesehatan sebagai budaya keseharian, dengan pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Baca Juga :  Perbaikan Lintas Timur Ditangguhkan, Gubernur Kepri Gesa Pengembangan Jalan Menuju Klenteng di Senggarang

Dikatakannya juga, bahkan tidak hanya sekedar memperhatikan Prokes dalam pencegahan Covid-19. Namun juga meminta para santri untuk membiasakan pola hidup yang kondusif di lingkungan pesantren.

“Sempena Hari Santri ini, tentu kita ingin agar di lingkungan pesantren harus terbangun kondusifitas, sehat dan bersih. Para santri harus mempersiapkan diri sebagai generasi penerus pembangunan, dan suri teladan bagaimana membiasakan pola hidup yang kondusif di lingkungan pesantren dalam pencegahan Covid-19,” tutupnya.

Tablig Akbar

Setelah upacara peringatan Hari Santri, Pemerintah Kabupaten Bintan menggelar tablig akbar Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersyukur, karena Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan peristiwa penting.

Baca Juga :  Developer Serahkan PSU ke Wali Kota Tanjungpinang, KPK: Banyak Aset yang Dijual

“Kita berharap peringatan ini juga menjadikan Kabupaten Bintan baldathun thoybatun warobbun ghofur dengan meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW,” ungkap Roby Kurniawan.

Tablig akbar ini menghadirkan ustaz Dedi Sanjaya LC. Dalam tausiahnya, ustaza Dedi Sanjaya menekankan pentingnya pemahaman dan peningkatan Islam serta menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan. Selain itu, dalam kegiatan tersebut pemerintah daerah bersama Baznas Bintan juga turut memberikan santunan bagi para santri yang berprestasi. Selamat kepada santri yang mendapat santunan pada Hari Santri 2021. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here