banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri memasang peneng atau plat laber pada rumah yang mendapatkan program BSPS atau bedah rumah di Kelurahan Dabo Lama, Kecamatan Dabo, Kabupaten Lingga, Sabtu (16/10/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Meresmikan Program BSPS Rp10 Miliar di Lingga, Selanjutnya buat Anambas dan Natuna

Komentar
X
Bagikan

Lingga, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, meresmikan penggunaan rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) senilai Rp10 miliar di Kabupaten Lingga, Sabtu (16/10/2021). Selanjutnya, program tersebut akan dialokasikan untuk Kabupaten Kepulauan Anambas dan Natuna.

BSPS atau bedah rumah bagi warga kurang mampu ini merupakan program Aspirasi Cen Sui Lan di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri. Program BSPS atau bedah rumah ini diberikan kepada sebanyak 500 unit yang tersebar di seluruh Kabupaten Lingga. 1 rumah mendapatkan bantuan Rp20 juta.

“Jadi, untuk Kabupaten Lingga kita kucurkan Rp10 miliar untuk tahun anggaran 2021 ini,” ujar Cen Sui Lan saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com.

Peresmian penggunaan rumah dari program BSPS ini ditandai dengan pemasangan peneng atau plat label oleh Cen Sui Lan disaksikan Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Paweloy, dan instansi terkait dari Kementerian PUPR yang hadir. Kegiatan peresmian penggunaan rumah penerima bantuan bedah rumah ini dipusatkan di Kelurahan Dabo Lama, Kecamatan Dabo, Kabupaten Lingga, Sabtu (16/10). Pemasangan plat label tersebut ebagai tanda selesainya program BSPS di Kabupaten Lingga.

Baca Juga :  Cuma Sehari, Pj Wako Tanjungpinang Membuka Festival Moon Cake 2023, Panitia Menyediakan 500 Kue Bulan

Di sela acara pemasangan plat label tersebut, Cen Sui Lan berpesan kepada warga penerima manfaat program BSPS, agar menjaga dan memelihara bantuan ini.

Dalam peninjauan program BSPS ini, Cen Sui Lan menelusuri rumah warga yang berada di pinggiran. Bahkan, Cen Sui Lan harus menuruni tebing menuju salah satu rumah penerima program BSPS di Kelurahan Dabo Lama tersebut. Dari kondisinya, warga penerima program ini berasal dari keluarga kurang mampu.

“Bantuan ini memang diprioritaskan kepada keluarga yang tak mampu, syarat dan kriterianya sudah ditetapkan,” ujar Cen Sui Lan yang melakukan kunjungan kerja perdana sekaligus reses di Kabupaten Lingga.

Ratusan penerima manfaat dari program BSPS ini menyatakan, sangat bersyukur dan merasa sangat terbantu.

Dalam kunjungan ini, Cen Sui Lan juga didampingi Seniy Anggota DPRD Kabupaten Lingga Fraksi Golkar. Menurut Cen Sui Lan, daftar nama-nama penerima program BSPS ini berasal dari daftar yang disampaikan oleh Seniy, dan disetujui oleh Cen Sui Lan untuk dimasukan dalam aspirasinya sebagai Anggota Komisi V DPR RI. Karena, program BSPS ini melekat pada dirinya sebagai Anggota Komisi V.

Baca Juga :  Usai Menjalani Karantina, Kontingen Kepri Kembali ke Daerah Asal

”Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bu Cen Sui Lan yang telah memberikan program aspirasinya kepada kami,” ucap beberapa warga yang rumahnya dikunjungi Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan meninjau rumah warga yang menerima program BSPS ini bersama Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Paweloy, dan Sui Hok Anggota DPRD Kabupaten Lingga. Turut serta dalam kegiatan ini tenaga ahli Anggota DPR RI dari Cen Sui Lan. Yaitu Victor Angsono Huatama, Herdiyanto dan Agustar.

Cen Sui Lan menyatakan, untuk tahun anggaran 2022 nanti, Kabupaten Lingga juga mendapatkan program BSPS ini. Hanya saja, Cen Sui Lan bersama tim sedang mengatur formasinya. Cen Sui Lan akan memberikan porsi yang adil, untuk kabupaten lainnya. Seperti Kabupaten Anambas dan Kabupaten Natuna.

“Untuk tahun anggaran 2022 nanti, 2 kabupaten itu akan mendapatkan alokasi lebih. Karena sebelumnya, Kabupaten Anambas terkena blokir sebagai penerima program ini. Blokir itu sudah dibuka Menteri PUPR, setelah saya mintakan untuk dibuka,” ujar Cen Sui Lan.

Baca Juga :  Airlangga Hartarto Via Cen Sui Lan Bantu Lima Ambulans untuk Yayasan Keagamaan, Berikut Daftar Penerimanya

“Ya, jangan ada diskriminasi dalam program BSPS ini,” sambungnya.

Selain program BSPS atau bedah rumah, Cen Sui Lan juga mengalokasikan kegiatan program lainnya di Kabupaten Lingga. Yaitu peningkatan infrastruktur jalan melalui PISEW, dalam upaya menuntaskan persoalan konektivitas antardesa di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga.

Cen Sui Lan mendapatkan apresiasi yang luar bisa dari masyarakat enam desa di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga. Lewat aspirasi Cen Sui Lan, program PISEW di kecamatan ini telah menuntaskan persoalan konektivitas (transportasi) antardesa.

Enam desa yang berhasil dibuka akses transportasi dari program PISEW aspirasi dari Cen Sui Lan itu antara lain Desa Mamut, Desa Tanjung Lipat, Desa Rejai, Desa Baran, Desa Tanjung Kelit dan Desa Persiapan Sebung, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga. Saat ini, sudah dibangun jalan penghubung dari Desa Mamut ke desa lainnya. Sehingga akses orang, uang dan barang hasil pertanian masyarakat di enam desa tersebut sudah lancar. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *