Beranda All News Iris Metspalu Wasit Perempuan yang Mencuri Perhatian di Thomas-Uber Cup 2021

Iris Metspalu Wasit Perempuan yang Mencuri Perhatian di Thomas-Uber Cup 2021

0
Iris Metspalu wasit BWF yang mencuri perhatian saat memimpin pertandingan bulu tangkis Thomas-Uber Cup. F- Istimewa/instagram bwf

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kejuaraan bulu tangkis beregu Thomas-Uber Cup 2021 di Ceres Arena, Denmark menarik perhatian pecinta bulu tangkis. Tak hanya pada permainan para atlet Indonesia yang melaju ke babak final. Tapi, keberadaan para wasit (umpire) yang memimpin pertandingan pun mencuri perhatian. Di antaranya Iris Metspalu.

Sosok Iris Metspalu adalah seorang wasit perempuan yang menjadi sorotan. Lantaran memiliki rambut berwarna putih pirang. Sebelumnya, wasit perempuan asal Estonia itu kerap dipanggil dengan julukan Elsa Frozen.

Tak hanya itu, beberapa penggemar bulu tangkis juga menjulukinya sebagai Mother of Dragons atau Daenerys Targaryen, karakter dalam serial Game of Thrones yang diperankan Emilia Clarke.

Baca Juga :  Kebijakan Terbaru Ansar Ahmad, Perjalanan Antarpulau di Kepri Tak Perlu Rapid Tes Antigen

Diketahui dari laman Badminton Europe, perempuan kelahiran Juli ini termasuk dalam jajaran BWF Accredited Umpires. Ia resmi menjadi umpires berakreditasi dari BWF pada tahun 2015. Dan saat ini, telah memiliki jam terbang tinggi sebagai wasit. Diperkirakan, Iris Metspalu bakal pensiun dari dunia badminton pada 2032 mendatang.

Lepas dari itu, tak hanya pada turnamen Thomas-Uber Cup 2021 ini saja sosok Iris menjadi sorotan. Sebelumnya, pribadi yang murah senyum ini pernah membuat keputusan kontroversial yang dinilai merugikan Chou Tien Chen ketika bertanding menghadapi Anders Antonsen dalam Indonesia Open 2019 lalu.

Baca Juga :  Abdul Haris Melantik Sebelas Pejabat di Anambas, Berikut Nama-namanya

Atas keputusannya itu, Iris pun meminta maaf dan memeluk Chou Tien Chen saat mereka bertemu di Bandara Soekarno-Hatta sebelum bertolak ke negara masing-masing. Lalu, masih dalam turnamen yang sama, Iris juga pernah menggunakan baju batik berwarna merah saat memimpin pertandingan. Penampilannya yang selalu terlihat unik tersebut membuatnya bukan saja mudah dikenali, namun juga dinanti oleh penggemar bulu tangkis.

Pada final Thomas Cup 2021 ini, Iris Metspalu pun menjadi perhatian. Bahkan, Iris Metspalu memimpin pertandingan di laga pertama, ketika Anthony Sinisuka Ginting berhadapan single China, Lu Guan Zu, Minggu (17/10/2021) malam tadi. Di laga ini, Anthony Sinisuka Ginting menang atas Lu Guan Zu.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Optimis, Bandara RHA Karimun Bakal Digunakan Pesawat Boeing Berbadan Lebar

Saat Iris Metspalu memimpin pertandingan ini, di set pertama Anthony Sinisuka Ginting pebulutangkis Indonesia kalah dengan skor 18-21. Namun di set kedua, Anthony Ginting menang 21-14. Di set penentu, Anthony Sinisuka Ginting pun menang dengan mengakhiri pertandingan, dengan skor 21-16. Anthony Sinisuka Ginting merebut kemenangan pertama bagi regu Indonesia tersebut, setelah berjuang selama 1 jam 16 menit. (riswahyudi)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here