banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri bersama kafilah Kepri saat berada di Ternate untuk mengikuti lomba STQH nasional di Maluku Utara, Sabtu (16/10/2021). F- Istimewa/Humas Pemprov Kepri

Begini Jejak Perjuangan Kafilah Kepri Menuju STQH Nasional di Maluku Utara

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kafilah Provinsi Kepulauan Riau telah berada di Sofifi, Ibu Kota Maluku Utara, untuk mengikuti lomba Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) Nasional XXVI. Begini jejak perjuangan kafilah Kepri untuk berlomba di STQH nasional, sampai tanggal 24 Oktober 2021 mendatang.

Sebelum berangkat ke Sofifi, Ternate, kafilah Kepri yang mengikuti STQH ke-XXVI nasional, terlebih dahulu dikumpulkan di Batam. Qari dan qariah mengikuti training center (TC). Mereka dipusatkan di Hotel Haris, Batam sejak awal Oktober lalu.

Selama TC, para qari dan qariah selain berlatih teknis sesuai bidang lomba, juga dilatih tentang kedisiplinan, kekompakan, olahraga, olah nafas dan vokal. Serta dukungan lainnya oleh para mentor dari unsur kafillah selama pemusatan latihan di Batam.

Baca Juga :  DPRD Karimun Mengesahkan Perubahan APBD 2023, Belanja Melebihi RP1,579 Triliun

Kafilah Kepri dalam STQH XXVI tahun ini dipimpin oleh H Tengku Afrizal Dahlan yang secara keseluruhan menyatakan siap untuk mengikuti seluruh jenis perlombaan.

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad SE MM ketika mengunjungi asrama kafilah Kepri di Sofifi mengatakan, kesiapan Kafilah Kepri untuk mengikuti seluruh rangkaian perlombaan di STQH-N XXVI di Maluku Utara sudah sangat bagus. Para kafilah terlihat sehat, segar dan siap bertanding melawan kafilah lainnya dari perwakilan provinsi se-Indonesia.

“Asrama dan fasilitas penunjangnya cukup bagus. Saya lihat para kafilah kita juga sangat siap baik dari sisi mental, psikis dan kemampuan. Kita optimis beberapa cabang di STQH tahun ini bisa tampil sebagai juara,” kata Ansar Ahmad Gubernur Kepri melalui keterangan resmi yang diterima redaksi suaraserumpun.com, usai meninjau asrama kafilah Kepri, Sabtu (16/10/2021).

Baca Juga :  Harlah Ke-101 NU, Roby Kurniawan dan Warga Nahdliyin Bermunajat untuk Keberkahan Bintan

Cabang lomba yang akan diikuti kafilah Kepri yakni Tilawah Dewasa dan Anak Putra Putri, Hifdzil 1 juz, 5 juz, 20 juz dan 30 juz putra dan putri serta hapalan 500 Hadist putra putri. Ansar Ahmad berpesan kepada para qari dan qariah Kepri, agar tetap tenang dan konsentrasi penuh selama perlombaan.

“Jika kita yakin bisa menang, maka insya Allah akan dikabulkan. Semoga saja di beberapa cabang yang diikuti, qari dan qariah Kepri bisa meraih juara,” harapnya.

Kafilah Kepri terdiri dari qari dan qariah sebagai peserta, pelatih, dan pendamping yang akan berkompetisi dalam ajang STQH-N XXVI di Ternate. Pelatih dan pendamping mencakup para ahli, pengurus dan ASN bidang teknis terkait dari Pemerintah Provini Kepulauan Riau dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Polres Bintan Memusnahkan 1 Kilogram Sabu Milik Tiga Nelayan

Pada pelaksanaan STQH sebelumnya di Sumatera Barat, Kepri berhasil memperoleh juara IV secara nasional, pada beberapa cabang perlombaan seperti tilawah dan musabaqah. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *