Beranda All News Wapres Menutup PON XX Papua, Sampai Jumpa di Aceh-Sumut

Wapres Menutup PON XX Papua, Sampai Jumpa di Aceh-Sumut

0
Suasana kemeriahan pesta kembang api pada penutupan PON XX Papua, Jumat (15/10/2021) malam WIT. Penutupan PON Papua dilaksanakan oleh Wapres RI Amin Maruf. F- Istimewa/suara.com

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Wakil Presiden RI Amin Maruf secara resmi menutup penyelenggaraan PON XX Papua 2021, di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Jumat (15/10/2021) malam WIT. Penutupan ini diawali dengan tarian tradisional khas Papua. Sampai jumpa di PON Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Melansir dari beberapa sumber dan live youtu.be, penutupan PON XX tahun 2021 Papua yang dilakukan oleh Wakil Presiden Maruf Amin di Stadion Lukas Enembe, berlangsung meriah. Sebelum acara seremoni, Wakil Presiden Indonesia, Maruf Amin, beserta sang istri memasuki stadion. Kedatangan kedua tokoh penting Indonesia itu pun disambut kemeriahan penonton yang hadir di stadion ini.

Suasana kemeriahan yang tercipta pada upacara tersebut yang membuat kemeriahan tetap tersaji pada upacara penutupan PON XX Papua. Kemeriahan terjadi sejak upacara dimulai. Tarian Khas Papua mengawali kemegahan upacara penutupan PON XX Papua yang diiringi oleh lantunan musik yang dipimpin oleh Ardi Rianto yang menambah kehikmatan upacara penutupan.

Baca Juga :  Ansar: Presiden Jokowi Merespon Baik untuk Pembangunan Jembatan Batam-Bintan

Setelah itu, para atlet dan semua ofisial yang menjadi bagian PON XX Papua 2021 pun ikut memeriahkan jalannya upacara. Para atlet yang masuk kedalam stadion terlihat gembira menjadi bagian dari upacara penutupan.

Protokol kesehatan pun tetap menjadi salah satu hal penting bagi kemeriahan upacara penutupan PON XX Papua. Semua pihak yang menghadiri upacara tersebut pun tetap menggunakan masker demi menjaga protokol kesehatan.

Setelah para atlet beriringan masuk arena penutupan PON Papua, Gubernur Papua yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Panitia Besar PON (PB PON) XX 2021, Lukas Enembe, kemudian memberi sambutan.

Baca Juga :  Kepala Puskesmas Sei Lekop Pasrah, Kantor Dinkes Bintan Turut Digeledah Tim Kejari Bintan

Selanjutnya, Wapres Maruf Amin menutup PON XX Papua dengan pidato selama lebih kurang 10 menit. Wapres mengatakan, dua pekan sudah PON 2020 Papua 2021 terselenggara.

“Dan akhirnya, kita sampai pada puncaknya di malam hari ini (Jumat). Atas nama Bapak Presiden dan saya sendiri selaku Wakil Presiden (RI) dan segenap rakyat Indonesia menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON 2020 yang sukses,” kata Amin Maruf Wapres RI.

“Sejarah akan mencatat PON yang untuk pertama kali diselenggarakan di Bumi Cenderawasih berlangsung dengan sukses,” sambungnya.

Dalam pidatonya Maruf juga menyinggung halangan dalam pelaksanaan PON seperti pembangunan berbagai venue yang berstandar internasional dengan jarak jauh satu sama lain, serta menyebut PON 2021 merupakan yang tersulit karena pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Kakek 60 Tahun Residivis Kasus Pencabulan Anak di Bawah Umur Berulah Lagi

“PON 2020 saya nyatakan dengan resmi ditutup, sampai jumpa pada PON 21 nanti,” tutup Maruf.

Penutupan PON 2020 kemudian dilambangkan dengan penurunan bendera PON yang diiringi lagu Bagimu Negeri. PON Papua mempertandingkan 56 cabang olahraga. Sebanyak 6.442 atlet berpartisipasi di pesta olahraga paling bergengsi se-Indonesia tersebut.

PON XX Papua dimulai tanggal 2 Oktober, dan ditutup 15 Oktober 2021. Namun, beberapa cabor sudah melaksanakan pertandingan sebelum tanggal 2 Oktober 2021. Selanjutnya, PON XXI akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara, tahun 2024 mendatang. (riswahyudi)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here