banner 728x90
Cen Sui Lan meninjau peningkatan jalan nasional dengan pola padat karya di Batam, Rabu (13/10/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Merealisasikan Rp26 Miliar Dana Aspirasi Lewat Program Padat Karya di Kepri

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri merealisasikan Rp26 miliar dana aspirasi pada tahun anggaran 2021 ini. Dana aspirasi yang dibawa Cen Sui Lan dari APBN (pusat) itu dialokasikan melalui program padat karya untuk pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Program padat karya ini dilaksanakan pada Badan Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepulauan Riau, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk Dapil Kepri. Tidak termasuk dari Ditjen lainnya. Perjuangan ini bagian dari tanggung jawab Cen Sui Lan sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Provinsi Kepri, terhadap semua lini kehidupan yang terdampak Covid-19.

“Ini kan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” kata Cen Sui Lan saat meninjau 2 lokasi kegiatan padat karya peningkatan Jalan Nasional ke Jalan Hang Tuah, Nongsa, serta Jalan Nasional Sei Harapan menuju Tanjung Uncang, di Kota Batam, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga :  Saatnya Menikmati Pariwisata Kedirgantaraan di Kepri

Kegiatan program padat karya pada Jalan Nasional menuju Jalan Hang Tuah, Nongsa, Batam, untuk revitalisasi drainase sepanjang 6 kilometer menghabiskan anggaran sebesar Rp3 miliar. Pada Jalan Nasional Jalan Sei Harapan menuju Tanjung Uncang, berupa penanganan perbaikan lereng sepanjang 2 kilometer menghabiskan anggaran Rp2,5 miliar. Untuk 2 titik kegiatan tersebut, dapat memberikan pekerjaan kepada 78 orang tenaga kerja yang berasal dari tenaga kerja terdampak Covid.

”Inilah gunanya program padat karya ini diluncurkan dan diaspirasikan. Agar bisa membantu masyarakat kita yang terdampak Covi-19,” ujar Cen Sui Lan yang sedang menjalani masa reses di Kota Batam, Provinsi Kepri.

Mengecek dua lokasi peningkatan jalan nasional ini merupakan bagian dari
kegiatan reses. Yaitu meninjau dan melakukan pengawasan kepada mitra kerja Komisi V di Daerah Pemilihan (Dapil) Kepri.

Baca Juga :  Turun ke Lokasi Banjir, Ini Instruksi Roby Kurniawan kepada Seluruh Camat

Setelah meninjau pelaksanaan kegiatan padat karya di Jalan Nasional pada Jalan Hang Tuah, Nongsa, Batam, Cen Sui Lan juga membagikan paket bahan pokok berupa beras kepada seluruh pekerja program padat karya tersebut.

“Alhamdulillah, mereka sangat berterima kasih dengan program padat karya ini, dan mendapatkan paket beras tersebut,” ucap Cen Sui Lan.

Pada kesempatan tersebut, Cen Sui Lan berdiskusi dan memberikan pengarahan kepada pelaksana kegiatan program padat karya Jalan Nasional di Jalan Hang Tuah, Nongsa Batam. Hadir secara langsung Faisal selaku Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Dan Hendra sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) program padat karya revitalisasi drainase dan penanganan lereng jalan. Turut hadi Zulkarnain sebagai Kepala Satuan Kerja (Kasatker) pelaksanaan Jalan Nasional di Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Perdana, ESI dan Bintan Resorts Menggelar Bintan Esports Championship 2024 di Lagoi Bay

Selain kegiatan pada jalan nasional, aspirasi Cen Sui Lan yang berbentuk program padat karya juga ditujukan pada Program Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) se-Kepri. Ada 25 desa atau titik kegiatan PISEW yang direalisasikan pada tahun 2021 ini. Masing-masing dialokasikan dana Rp600 juta. Pekerjaan dilaksanakan dengan sistem pemberdayaan masyarakat atau padat karya.

Begitu juga dengan program KOTAKU. Untuk di wilayah Kota Batam, program KOTAKU dialokasikan untuk sembilan kelurahan. Masing-masing dialokasikan dana Rp1 miliar. Selain itu, beberapa kegiatan program padat karya juga direalisasikan melalui KSOP Tanjungpinang, KSOP Khusus Batam. Termasuk peningkatan bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Karimun, bandara Dabo Singkep sampai dengan UPP Tarempa. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *