Beranda All News Sudah Terbentuk 14 LKSA di Tanjungpinang, Ketahui Apa Itu LKSA?

Sudah Terbentuk 14 LKSA di Tanjungpinang, Ketahui Apa Itu LKSA?

0
Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma menerima kunjungan Ketua dan Pengurus Forda LKS Tanjungpinang di Kantor Senggarang, Kamis (7/10/2021). F- Istimewa/Humpro Tanjungpinang

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Di wilayah Kota Tanjungpinang, sudah terbentuk 14 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Jumlah itu diketahui ketika Ketua dan sejumlah pengurus Forum Daerah (Forda) LKSA Tanjungpinang mengadakan pertemuan dengan Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma di Kantor Senggarang, Kamis (7/10/2021).

Selain Hj Rahma Wali Kota Tanjungpinang, turut hadir Kadis Sosial Ahmad Nur Fattah, Kadis DP3APM Rustam, Kabag Kesra Riawati, serta Kabag Hukum Lia Adhayatni.

Pada saat audensi dengan Wali Kota Tanjungpinang tersebut, Ketua Forda LKSA Tanjungpinang, Abdul Hamid menyampaikan, forum ini dibentuk pada tanggal 21 September 2021.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Menjadi-jadi di Kepri, Luhut Minta Maaf untuk Jawa-Bali

“LKSA merupakan sebutan dari panti asuhan, yang selama ini dikenal masyarakat,” sebut Abdul Hamid.

LKSA adalah suatu lembaga usaha kesejahteraan sosial anak yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial pada anak terlantar. Sengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak terlantar.

“Selama ini dikenal dengan sebutan panti asuhan. Kalau sekarang sudah LKSA,” tambahnya.

Abdul Hamid menyebutkan, di Kota Tanjungpinang terdapat 14 LKSA. Antara lain LKSA Muhammadiyah, Miftahul Ulum, Anugerah, Nurul Hikmah, Hidayatulloh, Ummi Al-fitrah, Khadimul Ummah Kepri, Al-Qhoir, Tahtizul Qur’an, Al-Kautsar, Al-Ghazi, Raudatul Qur’an Modern, Al-Ibrizz, dan LKSA Insan Cita 165.

Baca Juga :  Pemberdayaan Generasi Milenial dalam Germas Kepulauan Riau

“Melalui pertemuan serta silaturahmi ini, kami sekaligus ingin menjelaskan tentang persyaratan dalam pendaftaran LKSA. Dan akan kami sosialisasikan kepada masyarakat,” ujar Abdul Hamid.

Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma sangat mengapresiasi dengan telah terbentuknya Forda LKSA. Menurut wali kota, LKSA ini sebagai pusat pelayanan kesejahteraan sosial anak, serta sebagai tempat bagi anak asuh untuk memenuhi kebutuhan primer.

“Baik itu sandang, pangan, dan papan, kesehatan maupun pendidikan yang mungkin kurang didapatkan dari lingkungan asalnya,” ucapnya.

Mengenai pendaftaran LKSA, Rahma akan memfasilitasi melalui OPD terkait, yaitu Kesbangpol.

Baca Juga :  Selain Rapid Antigen, Pahami Ketentuan Petugas Penyembelihan Hewan Kurban Berikut Ini

“Untuk LKSA yang belum tercatat secara legalitas di pemerintah Kota Tanjungpinang, segera daftarkan melalui Badan Kesbangpol. Sesuai dengan prosedur dengan melengkapi semua persyaratan,” tambah Rahma. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here