Beranda All News PWI Gelar Sayembara Baca Puisi Multimedia Berhadiah Rp25 Juta

PWI Gelar Sayembara Baca Puisi Multimedia Berhadiah Rp25 Juta

0
Atal S Depari Ketua Umum PWI saat wawancara, baru-baru ini. F-istimewa/Instagram@depariatal

Jakarta, suaraserumpun.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat akan menggelar sayembara baca puisi multimedia, dengan menyediakan total hadiah Rp25 juta. Sayembara baca puisi multimedia ini sebagai rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022.

Tahun 2022 mendatang insan pers akan menggelar hari puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Berbagai kegiatan telah dirancang dan dimatangkan, untuk membangun peradaban baru dunia pers Indonesia.

Satu di antara sejumlah kegiatan tersebut adalah sayembara atau lomba baca puisi multimedia, yang akan digelar sejak Oktober 2021 ini, dan berpuncak pada 7 Februari 2022.

Ketua Umum PWI Atal S Depari menjelaskan, dipilihnya lomba baca puisi multimedia ini merupakan terobosan baru kegiatan HPN. Lewat ekspresi seni, terutama seni baca puisi, PWI ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia bangkit dari keterpurukan Covid-19 yang sudah setahun lebih mempandemi di Indonesia.

Baca Juga :  Piala Menpora: PSM dan Bhayangkara Solo FC Mengungguli Persija

“Puisi adalah bahasa peradaban dan wartawan adalah saksi peradaban, maka PWI mengajak rakyat Indonesia untuk bangkit dan bersemi melawan pandemi melalui ekspresi puisi,” ungkap Atal yang didamping Ketua Bidang Budaya PWI Pusat, Ramon Damora, saat memberikan keterangan pers, baru-baru ini.

Ramon Damora menambahkan, sayembara puisi dengan konsep multimedia dipilih karena selaras dengan semangat era digital. Sayembara, kata dia, terbuka secara luas untuk masyarakat Indonesia.

“Boleh perorangan, boleh juga berkelompok tapi maksimal 1 kelompok itu tiga orang,” jelas Ramon.

Baca Juga :  Indonesia Datangkan 3,8 Juta Dosis, Malaysia Malah Setop Pakai Vaksin AstraZeneca

Sayembara ini tidak menggunakan biaya pendaftaran dan biaya apapun.

“Gratis,” tegasnya.

Caranya cukup mudah, peserta membacakan/memproduksi puisi dengan konsep multimedia: menggunakan medium pendukung artistik-estetik seperti musik, tari, seni rupa, video latar belakang, dll, yang direkam dalam video berdurasi maksimal 5 menit.

“Puisi harus sesuai dengan tema Bersemi di Tengah Pandemi yang secara subtansi mengajak Indonesia Bangkit di tengah badai Covid-19, ini boleh puisi sendiri ataupun puisi karya orang lain,” sambungnya.

File video puisi multimedia dikirim menggunakan format MP4, dengan resolusi rekaman minimal 15 Mb, Full HD, ke alamat email: puisimultimediahpn2021@gmail.com

Baca Juga :  Kejati Kepri Buka Layanan Vaksinasi bagi Lansia dan Pralansia hingga 8 Agustus

Batas waktu pengiriman video hasil karya hingga 30 November 2021 pukul 23.59 WIB.

“Lima finalis lomba akan kita berangkatkan ke Kendari untuk mengikuti Final secara langsung di Kendari pada awal Februari 2022,” sebut Ramon.

Bagi pemenang Juara 1 dalam sayembara ini akan mendapatkan uang tunai Rp10 juta. Peserta juara 2 mendapatkan Rp7 juta, dan juara 3 sebesar Rp5 juta. Juara harapan 1 dan 2 masing-masing Rp1,5 juta. Untuk ketentuan lebih rinci tentang lomba ini, silakan menghubungi Novianto di nomor WA: 0813 6364 9304. (mario)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here