Beranda All News Badan Usaha BP Batam Menargetkan Triliunan Rupiah pada Tahun 2022

Badan Usaha BP Batam Menargetkan Triliunan Rupiah pada Tahun 2022

0
Pejabat di lingkungan BP Batam menyanyikan lagu kebangsaan pada saat pembukaan rapat evaluasi dan proyeksi badan usaha BP Batam, Kamis lalu. F- Istimewa/humas BP Batam

Batam, suaraserumpun.com – Badan usaha di bawah BP Batam menargetkan, penerimaan pada tahun 2022 mencapai triliunan rupiah. Berikut pernyataan Kepala BP Batam.

Target penerimaan BP Batam itu terungkap pada saat Badan Usaha dan Direktorat di lingkungan Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam menggelar rapat kerja evaluasi progres kegiatan dan pendapatan tahun 2021, serta penyusunan rencana kegiatan dan anggaran tahun 2022 serta target pendapatan tahun 2022, Kamis (30/9/2021) lalu. Rapy dilaksanakan di Harris Resort, Barelang, Kota Batam.

Acara ini dibuka oleh Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan dihadiri Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto. Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Syahril Japarin. Para pejabat eselon serta staf Direktorat dan Badan Usaha di lingkungan BP Batam.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, target penerimaan unit kerja di bawah Anggota Bidang Pengusahaan pada tahun 2022 hampir mencapai Rp1,39 triliun. Menurutnya, dengan kondisi Covid-19 masih melanda Batam, target tersebut terhitung cukup tinggi.

Baca Juga :  Pekan Depan, Kunang-kunang Resort Efektif Melayani Isolasi Terpadu di Bintan

“Dari total pagu alokasi anggaran yang telah disetujui oleh Komisi VI DPR RI sejumlah Rp2,27 triliun. Dua pertiganya ada di bawah komando Anggota Bidang Pengusahaan. Maka dari itu saya titip kepada para Direktur Badan Usaha agar target ini mampu kita capai secara optimal,” harap Muhammad Rudi.

Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto mengatakan, sesuai dengan Surat Kementerian Keuangan Nomor S-99/AG.7/2021 tanggal 24 Agustus 2021, target penerimaan PNBP BP Batam naik sebesar Rp49,90 miliar yang rencananya akan dioptimalkan dalam peningkatan layanan air bersih.

“Sementara ini, anggaran tersebut akan kita optimalkan di Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam. Sedangkan capaian BP Batam selama Bulan Januari-Agustus 2021 lebih tinggi 20 persen secara year-on-year dari tahun 2020,” jelas Purwiyanto.

Baca Juga :  Perusahaan Singapura Bantu Oxygen Concentrator untuk Pemkab Bintan

Meski demikian, dengan sisa waktu yang ada, Purwiyanto optimis capaian BP Batam hingga akhir Tahun 2021 akan mengalami eskalasi hingga 35 persen.

“Masih ada proses penyelesaian SPAM hingga akhir tahun nanti dengan pendapatan tambahan di Tahun 2021 senilai Rp300 miliar. Ini akan menambah capaian BP Batam sebesar 15 persen. Sehingga secara keseluruhan, total capaian pendapatan BP Batam diproyeksikan sebesar 35 persen,” terang Purwiyanto.

Direktur Peningkatan Kinerja Dan Manajemen Risiko BP Batam, Asep Lili Holilulloh, menyampaikan, kegiatan Raker tersebut digelar dalam rangka evaluasi kegiatan, capaian dan proyeksi pendapatan Badan Usaha Tahun 2021 serta penyusunan anggaran dan kegiatan Badan Usaha dan Direktorat Tahun 2022 dan proyeksi pendapatan Badan Usaha Tahun 2022.

“Pelaksanaan kegiatan ini jadwalkan selama tiga hari, mulai Kamis hingga Sabtu. Fokus pembahasannya juga kami bagi menjadi tiga bagian. Hari ini kami koordinasi dan sinkronisasi program dan kegiatan pada unit kerja terkait di bawah Anggota 1, Anggota 2 dan Anggota 3 dengan program dan kegiatan Badan Usaha dan Direktorat di bawah Anggota Bidang Pengusahaan,” ujar Asep.

Baca Juga :  Piala Menpora 2021: Persebaya Lolos ke Perempatfinal, Satu Tiket Diperebutkan Empat Tim

Adapun masing-masing Badan Usaha akan memaparkan capaian pendapatan sampai dengan Bulan September 2021 dan proyeksi pendapatan sampai dengan akhir Bulan Desember Tahun 2021.

Pemaparan selanjutnya berisikan usulan rencana kegiatan belanja dan target pendapatan Tahun 2022 yang dijadwalkan hingga Jum’at siang.

“Di sepanjang paparan pasti muncul diskusi dan masukan dari lintas Badan Usaha dan pimpinan BP Batam. Dari hasil masukan-masukan tersebut, pada hari terakhir (Sabtu) akan dirumuskan sumber-sumber pendapatan dan inisiatif strategi dari masing-masing Badan Usaha untuk mewujudkan target pendapatan BP Batam Tahun 2022,” jelas Asep. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here