Beranda All News Mantul! Sepak Takraw Menyumbangkan Perunggu buat Kepri, Gorontalo Pertahankan Medali Emas

Mantul! Sepak Takraw Menyumbangkan Perunggu buat Kepri, Gorontalo Pertahankan Medali Emas

0
Penampilan atlet cabor sepak takraw Kepri pada saat melawan Jawa Tengah, di semifinal nomor beregu PON XX Papua, Minggu (3/10/2021). F- Istimewa/dokumen wasit PSTI

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Mantap betul! Atlet cabang olahraga sepak takraw menyumbangkan medali perunggu buat kontingen Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Perunggu ini merupakan medali pertama yang diraih Kepri, pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Sementara, sepak takraw Gorontalo berhasil mempertahankan medali emas, pada nomor beregu ini.

Kepri memastikan medali perunggu untuk cabor sepak takraw nomor beregu putra, setelah kalah di babak semifinal atas Jawa Tengah, di GOR Trikora Uncen, Jayapura, Minggu (3/10/2021). Kepri kalah dengan skor 1-2 saat berhadapan dengan Jateng, (21-12, 15-21, dan 12-21).

Pada pertandingan semifinal, Kepri sempat tampil meyakinkan di set pertama. Jateng harus menyerah di set pertama, dengan skor 21-12. Kepri unggul dengan skor 1-0. Memasuki set kedua, Jawa Tengah berupaya menyamakan kedudukan. Jawa Tengah unggul cepat di awal laga, dengan skor 1-2

Kepri mengejar ketertinggalan, dan berbalik unggul dengan skor 7-5. Tapi Jawa Tengah bangkit, dan berbalik unggul dengan skor 7-8. Tim sepak takraw Kepri pun membalas, dan unggul 10-8. Pertandingan kian ketat, memanfaatkan kelengahan pemain Kepri Jateng berhasil menyamakan kedudukan menjadi 14-14.

Baca Juga :  Hari Gini, Masih Ada Ayah Kandung yang Mencabuli Anaknya di Bawah Umur

Pelatih Kepri Tamrin meminta time out. Tapi justru, Kepri gagal menambah poin. Sebaliknya Jateng malah menjauhkan diri dari kejaran. Skor menjadi 15-19. Jateng akhirnya menyelesaikan pertandingan, pada set kedua dengan skor 15-21. Jateng menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pada set ketiga, Jateng membikin kejutan. Poin pertama diraih Jateng, tetapi Kepri langsung membalas. Skor menjadi 1-1. Jateng terus menyerang. Skor demi skor dikumpulkan demi menjauh dari perolehan poin Kepri. Skor 2-6 untuk keunggulan Jateng.

Nahasnya, pemain Kepri terlalu banyak membuat kesalahan di lapangan sendiri. Jateng terus menambah poin. Kedudukan menjadi 4-9 untuk keunggulan Jateng. Kepri berusaha mengejar perolehan poin. Kedudukan menjadi 8-14 untuk keunggulan Jateng.

Gorontalo Merebut Emas

Tim sepak takraw Jateng nomor beregu akhirnya melaju ke final, setelah mengakhiri set ketiga dengan skor 12-21, saat menghadapi Kepri. Di final, Jateng melawan Gorontalo yang mengalahkan Sumbar, dengan skor 2-0 (21-11, 21-13). Kepri dan Sumbar memastikan medali perunggu bersama.

Pemain sepak takraw Gorontala merayakan kemenangan saat mengalahkan Jateng pada final nomor beregu PON XX Papua, Minggu (3/10/2021) sore. F- Istimewa/wasit PSTI

Pada partai final, Provinsi Gorontalo terlalu tangguh bagi tim Jateng. Pada set pertama, pemain sepak takraw Gorontalo menang dengan skor 21-13. Pada set kedua, pemain Jateng yang diperkuat pemain Timnas, berusaha memenangkan pertandingan. Namun, Gorontalo kembali memenangkan pada set kedua ini, dengan skor 23-21. Gorontalo menang 2-0.

Baca Juga :  Tim Puslitbang Polri Cek Tingkat Kepercayaan Masyarakat di Polres Bintan

Dengan hasil ini, Gorontalo berhasil mempertahankan medali emas pada PON XX Papua. Gorontalo juga menjadi juara pada PON 2016 Jawa Barat. Sedangkan medali perak di PON Papua diraih oleh tim Jateng, dan Kepri mendapatkan medali perunggu bersama tim sepak takraw Sumatera Barat (Sumbar).

Pada kesempatan lain, pelatih sepak takraw Kepri Tamrin mengatakan, meski kalah di semifinal, pihaknya puas dengan hasil yang diraih anak asuhnya. Menurutnya, perjuangan anak asuhnya sudah maksimal.

“Jateng diisi pemain-pemain nasional dengan skill dan kualitas yang berada di atas pemain Kepri. Anak-anak bahkan telah mengeluarkan kemampuan melebihi batas maksimal yang dimiliki,” katanya.

Baca Juga :  Pengeroyok Ketua DPRD Bintan Diancam 5 Tahun Penjara, Satu Tersangka Ternyata Warga Tembeling

Ketua umum KONI Kepri Usep Rahmat S mengucapkan selamat atas keberhasilan sepak takraw Kepri mendapat medali perunggu di nomor beregu putra. Ini adalah medali pertama bagi Kepri di PON XX Papua.

Pemain, manajer dan pelatih sepak takraw Kepri saat meraih medali perunggu, pada nomor beregu PON XX Papua. F- Istimewa/PSTI Kepri

Usep berjanji untuk meningkatkan pembinaan sepak takraw di Kepri. Menurutnya, sepak takraw perlu mendapat perhatian di masa mendatang. Jam terbang dan pengalaman dan latihan keras menjadi pembeda dalam laga semifinal di PON Papua ini.

“Ke depan KONI Kepri akan meningkatkan pembinaan olahraga sehingga bisa mempersembahkan prestasi maksimal,” tuturnya.

Usep juga mengucapkan terima kasih pada masyarakat Kepri, sehingga cabor sepak takraw Kepri bisa mempersembahkan medali. (sigik)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here