banner 728x90
Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina menyerukan kaum milenial Kepri melestarikan lingkungan seperti semangat Presiden Jokowi, Kamis (30/9/2021). f- nurul atia/suaraserumpun.com

Wagub Kepri Menyerukan Kaum Milenial untuk Mengikuti Semangat Presiden

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Riau (Kepri) Hj Marlin Agustina menyerukan kepada kaum milenial dan masyarkat Kepri, untuk mengikuti semangat Presiden RI Joko Widodo. Khususnya dalam melestarikan hutan mangrove (bakau). Karena, menjaga lingkungan seperti mangrove, sangat penting untuk perekonomian nelayan serta pariwisata.

Harapan ini disampaikan Wagub Kepri Hj Marlin Agustina usai mengikuti rapat asistensi kegiatan dekonstrasi, bersama Mendagri Tito Karnavian secara virtual di Graha Kepri, Batam, Kamis (30/9/2021).

Pada saat kunjungan kerja Presiden RI Jokowi ke Provinsi Kepri, Selasa (28/9/2021) lalu, Wagub Kepri Hj Marlin Agustina menunggu di Pulau Setokok, Batam. Saat tiba di pantai Setokok, Presiden Jokowi langsung disambut Wagub Kepri dan melakukan penanaman mangrove, meski dalam keadaan gerimis (hujan). Menggunakan jaket merah dengan hoodie, Presiden Jokowi menanam mangrove di laut Setokok.

Baca Juga :  Kapolres Bintan: Pesan Kapolri, Siapkan Strategi Vaksinasi Saat Puasa Ramadan

Menurut Hj Marlin Agustina, apa yang dilakukan Presiden Jokowi itu, harus meningkatkan dan memperkuat komitmen bagi kaum milenial dan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Presiden berbasah-basah karena hujan dan berendam di laut Setokok untuk menanam mangrove, itu demi masa depan keletarian alam dunia. Kita semua harus mendukung gerakan itu. Peduli dengan pelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik,” ujar Hj Marlin Agustina.

Presiden RI Joko Widodo menanam mangrove di pantai Setokok, Batam kepri, Selasa (28/9/2021) lalu. f- Istimewa/instagram@jokowi

Wagub Kepri menerangkan, menjaga mangrove sangat penting. Karena, Kepri terdiri dari ribuan pulau, yang identik dengan hutan mangrove. Menjaga kelestarian mangrove ini, agar tidak terjadi abrasi dan mendukung perekonomian masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Manc City Memenangi Drama Tujuh Gol di Kandang Newcastle, Ferran Torres Mantul

“Juga seperti pesan Bapak Presiden Jokowi kemarin, bahwa pelestarian mangrove ini penting untuk perubahan iklim. Semangat Presiden Jokowi dalam pelestarian hutan mangrove, harus diikuti masyarakat Kepri, apalagi untuk generasi muda dan kaum milenial,” harap Wagub Kepri.

Wagub Kepri Hj Marlin Agustina menyebutkan, dengan luas Kepri yang 96 persennya adalah laut, maka garis pantainya harus dijaga. Kepri sendiri memiliki garis pantai yang cukup panjang, hingga mencapai 2,367 kilometer.

“Nah, untuk menjaga garis pantai itu, perlu kita lestarikan mangrove, Agar pulau di Kepri, tak kena abrasi air laut. Menjaga hutan mangrove, juga untuk mendukung ekonomi masyarakat pesisir,” tambah Hj Marlin Agustina.

Baca Juga :  HUT Ke-77 TNI, Prajurit Lanal TBK Memecahkan Rekor MURI Atraksi Water Trappen

Wagub Kepri Hj Marlin Agustina menambahkan, saat berada di Pulau Setokok, Presiden Jokowi menyampaikan, bahwa 20 persen hutan mangrove di dunia ada di Indonesia. Karena itu, perlu terus dilestarikan. Karena, mangrove berfungsi untuk memperbaiki ekosistem di pesisir, mengurangi abrasi air laut, dan mengurangi emisi karbon lebih banyak dari hutan tropis di darat. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *