banner 728x90
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Sekda Bintan Adi Prihantara dan pengurus KONI Bintan membahas persiapan sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov 2022 Kepri, Selasa (21/9/2021).

Bintan Ngebet Jadi Tuan Rumah Porprov 2022, Roby Kurniawan: Inventarisasi Venue Kita

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan ngebet (pengin sekali) Kabupaten Bintan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 Kepri. Roby Kurniawan langsung meminta kepada KONI Bintan untuk mengiventarisasi venue-venue cabang olahraga (cabor) yang bakal di pertandingkan pada Porprov 2022 nanti.

Hasrat pengin menjadi tuan rumah Porprov 2022 Kepri itu disampaikan Roby Kurniawan pada saat audensi dengan Ketua dan Pengurus KONI Kabupaten Bintan, Selasa (21/9/2021) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, KONI Kabupaten Bintan memaparkan program kerja yang sudah dilaksanakan, serta beberapa program yang bakal dilaksanakan pada tahun 2021 hingga 2024 mendatang. Bahkan, kepengurusan KONI Bintan juga memaparkan tentang Undang Undang nomor 3 tahun 2005.

Selain itu, Pemkab Bintan dan KONI juga membahas rancangan peraturan daerah (Ranperda) khusus tentang penganggaran pembinaan dan pengembangan olahraga. Perda ini sesuai dengan UU nomor 3/2005. Namun demikian, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dan KONI Kabupaten Bintan lebih fokus membahas tentang Porprov Kepri.

Baca Juga :  Strategi T3VAK SIREH Membawa Kepri sebagai Nominator Penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana 2021

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekda Bintan Adi Prihantara, Kepala Dispora Hasfi Handra, Asisten III drh Kartini, Ketua KONI Bintan Dedi Sutanto alias Apeng bersama kepengurusan KONI Bintan.

Hanya mengingat kembali, pada Porprov pertama (2006) Kepri, kotingen Kabupaten Bintan berada di peringkat ketiga. Saat itu, tuan rumah Kota Tanjungpinang. Porprov 2010 Kepri di Kota Batam, Kabupaten Bintan berada di peringkat keempat. Di Karimun, pada penyelenggaraan Porprov 2014 Kepri, kontingen Kabupaten Bintan melorot di peringkat kelima. Porprov 2018 Kepri di Tanjungpinang, Bintan mulai bangkit di peringkat keempat.

Sampai Porprov ke-IV Kepri, Kabupaten Bintan belum pernah menjadi tuan rumah. Meski sudah dua kali ditunjuk sebagai tuan rumah. Porprov 2022 Kepri, Kabupaten Bintan menjadi calon tuan rumah. Hanya saja, masih dalam proses open bidding dengan Kabupaten Lingga dan Natuna.

Baca Juga :  Pemilu 2024 di Kepri Jadi Gelanggang Adu Calon Wakil Gubernur

“Kita pengin, tahun 2022 nanti, Bintan jadi tuan rumah Porprov Kepri itu,” kata Roby Kurniawan, Plt Bupati Bintan yang juga diaminkan Sekda Bintan Adi Prihantara, Kadispora serta pengurus KONI Bintan.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menerima masukan dan saran dari Sekda Adi Prihantara serta OPD dan KONI Bintan.

Dalam penyelenggaraan Porprov Kepri ini, tim KONI Provinsi Kepri sudah mengecek sejumlah venue di Kabupaten Bintan. Di Kabupaten Bintan ada 26 cabang olahraga yang aktif. Namun, beberapa cabor belum memiliki fasilitas atau venue standar nasional, yang layak untuk menjadi fasilitas pertandingan.

Pemkab Bintan menyadari, saat ini dalam masa pandemi Covid-19. Anggaran untuk Porprov itu bakal minim. Karena, anggaran masih difokuskan kepada penanganan Covid-19. Sementara, PAD Bintan anjlok. Akibat sektor pariwisata belum bisa dibuka, karena belum ada kebijakan pemerintah pusat untuk memberlakukan travel bubble itu.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Support Pengembangan Bazar Imlek Tanjungpinang

Justru itu, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan akan berkoordinasi dengan DPRD untuk penganggaran peningkatan venue tersebut, serta keperluan sebagai tuan rumah Porprov. Selain itu, Pemkab Bintan juga akan berkoordinasi dengan Pemprov Kepri, untuk penganggaran tuan rumah penyelenggaraan Porprov 2022 Kepri nanti. Karena, Porprov itu merupakan gawe dari KONI Provinsi Kepri.

“Nah, sebelum kita berkoordinasi ke Pemprov, tugas KONI Bintan sekarang, inventarisasi semua venue kita yang ada di Bintan. Laporan dalam minggu ini juga, seperti apa kondisinya, dan apa-apa saja yang perlu ditingkatkan. Atau venue apa yang mesti dibangun. Itu, nanti kita sampaikan ke provinsi,” tegas Plt Bupati Bintan kepada pengurus KONI.

“Kita pengin, Bintan jadi tuan rumah Porprov 2022 Kepri,” kata Roby Kurniawan menambahkan. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *