Beranda All News Bintan Ngebet Jadi Tuan Rumah Porprov 2022, Roby Kurniawan: Inventarisasi Venue Kita

Bintan Ngebet Jadi Tuan Rumah Porprov 2022, Roby Kurniawan: Inventarisasi Venue Kita

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Sekda Bintan Adi Prihantara dan pengurus KONI Bintan membahas persiapan sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov 2022 Kepri, Selasa (21/9/2021).

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan ngebet (pengin sekali) Kabupaten Bintan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 Kepri. Roby Kurniawan langsung meminta kepada KONI Bintan untuk mengiventarisasi venue-venue cabang olahraga (cabor) yang bakal di pertandingkan pada Porprov 2022 nanti.

Hasrat pengin menjadi tuan rumah Porprov 2022 Kepri itu disampaikan Roby Kurniawan pada saat audensi dengan Ketua dan Pengurus KONI Kabupaten Bintan, Selasa (21/9/2021) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, KONI Kabupaten Bintan memaparkan program kerja yang sudah dilaksanakan, serta beberapa program yang bakal dilaksanakan pada tahun 2021 hingga 2024 mendatang. Bahkan, kepengurusan KONI Bintan juga memaparkan tentang Undang Undang nomor 3 tahun 2005.

Selain itu, Pemkab Bintan dan KONI juga membahas rancangan peraturan daerah (Ranperda) khusus tentang penganggaran pembinaan dan pengembangan olahraga. Perda ini sesuai dengan UU nomor 3/2005. Namun demikian, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dan KONI Kabupaten Bintan lebih fokus membahas tentang Porprov Kepri.

Baca Juga :  Maizir Riyondra Putra Kinali Atlet Kuansing Menyumbang Medali Emas buat Riau

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekda Bintan Adi Prihantara, Kepala Dispora Hasfi Handra, Asisten III drh Kartini, Ketua KONI Bintan Dedi Sutanto alias Apeng bersama kepengurusan KONI Bintan.

Hanya mengingat kembali, pada Porprov pertama (2006) Kepri, kotingen Kabupaten Bintan berada di peringkat ketiga. Saat itu, tuan rumah Kota Tanjungpinang. Porprov 2010 Kepri di Kota Batam, Kabupaten Bintan berada di peringkat keempat. Di Karimun, pada penyelenggaraan Porprov 2014 Kepri, kontingen Kabupaten Bintan melorot di peringkat kelima. Porprov 2018 Kepri di Tanjungpinang, Bintan mulai bangkit di peringkat keempat.

Sampai Porprov ke-IV Kepri, Kabupaten Bintan belum pernah menjadi tuan rumah. Meski sudah dua kali ditunjuk sebagai tuan rumah. Porprov 2022 Kepri, Kabupaten Bintan menjadi calon tuan rumah. Hanya saja, masih dalam proses open bidding dengan Kabupaten Lingga dan Natuna.

Baca Juga :  Kemenkes: Vaksinasi Dosis Pertama di Kepri Mencapai 60,32 Persen

“Kita pengin, tahun 2022 nanti, Bintan jadi tuan rumah Porprov Kepri itu,” kata Roby Kurniawan, Plt Bupati Bintan yang juga diaminkan Sekda Bintan Adi Prihantara, Kadispora serta pengurus KONI Bintan.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menerima masukan dan saran dari Sekda Adi Prihantara serta OPD dan KONI Bintan.

Dalam penyelenggaraan Porprov Kepri ini, tim KONI Provinsi Kepri sudah mengecek sejumlah venue di Kabupaten Bintan. Di Kabupaten Bintan ada 26 cabang olahraga yang aktif. Namun, beberapa cabor belum memiliki fasilitas atau venue standar nasional, yang layak untuk menjadi fasilitas pertandingan.

Pemkab Bintan menyadari, saat ini dalam masa pandemi Covid-19. Anggaran untuk Porprov itu bakal minim. Karena, anggaran masih difokuskan kepada penanganan Covid-19. Sementara, PAD Bintan anjlok. Akibat sektor pariwisata belum bisa dibuka, karena belum ada kebijakan pemerintah pusat untuk memberlakukan travel bubble itu.

Baca Juga :  54 Anggota PWI Kepri Terima Sertifikasi Dewan Pers

Justru itu, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan akan berkoordinasi dengan DPRD untuk penganggaran peningkatan venue tersebut, serta keperluan sebagai tuan rumah Porprov. Selain itu, Pemkab Bintan juga akan berkoordinasi dengan Pemprov Kepri, untuk penganggaran tuan rumah penyelenggaraan Porprov 2022 Kepri nanti. Karena, Porprov itu merupakan gawe dari KONI Provinsi Kepri.

“Nah, sebelum kita berkoordinasi ke Pemprov, tugas KONI Bintan sekarang, inventarisasi semua venue kita yang ada di Bintan. Laporan dalam minggu ini juga, seperti apa kondisinya, dan apa-apa saja yang perlu ditingkatkan. Atau venue apa yang mesti dibangun. Itu, nanti kita sampaikan ke provinsi,” tegas Plt Bupati Bintan kepada pengurus KONI.

“Kita pengin, Bintan jadi tuan rumah Porprov 2022 Kepri,” kata Roby Kurniawan menambahkan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here