Beranda All News Mau Tes SKD Penerimaan CASN di Bintan? Begini Ketentuan Mendapatkan Rapid Tes...

Mau Tes SKD Penerimaan CASN di Bintan? Begini Ketentuan Mendapatkan Rapid Tes Antigen Gratis

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Kepala BKPSDM Bintan Irma Annisa.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan CASN di Kabupaten Bintan akan dimulai, Senin (20/9/2021) ini. Sehari sebelum tes SKD, calon peserta harus melaksanakan rapid tes antigen. Begini ketentuan untuk mendapatkan Rapid tes antigen secara gratis di Kabupaten Bintan.

Irma Annisa Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bintan menyampaikan, pelaksanaan tes SKD bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kabupaten Bintan, akan dimulai Senin (20/9/2021) sampai dengan Jumat (15/10/2021) bulan depan.

Jumlah peserta yang bakal mengikuti tes SKD ini sebanyak 4.706 orang. Tes SKD dilaksanakan dengan sistem Computer Asisted Test (CAT). Tahun anggaran 2021 ini, Pemkab Bintan akan menerima 851 kuota formasi CPNS dan PPPK. Terdiri dari 516 tenaga guru (PPPK), 202 tenaga kesehatan dan 133 tenaga teknis.

Penyelenggaraan tes SKD di Kabupaten Bintan akan dibagi beberapa sesi. Tujuannya untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19). Justru itu, peserta diwajibkan untuk mengikuti aturan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker dua lapis, menjaga jarak serta mencuci tangan. Sebelum pelaksanaan tes, ruangan yang menjadi tempat ujian akan dilakukan penyemprotan disinfektan.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Saya Bantu Pembangunan Rusunawa Politeknik Batam

“Dalam sehari, pelaksanaan tes SKD bagi peserta CPNS akan dibagi beberapa sesi. Maksimal kapasitas ruangan mencapai 50 orang. Tes dimulai pukul 08.00 WIB. Peserta wajib mematuhi aturan protokol kesehatan,” jelas Irma Annisa, Minggu (19/9/2021).

Kemudian, 90 menit sebelum tes SKD dimulai, peserta CPNS harus melakukan registrasi serta pemberian PIN, penitipan barang, body checking. Kemudian, peserta akan memasuki ruang tunggu steril, dan peserta akan berpindah dari ruang steril ke ruang ujian dan disertai penyemprotan disinfektan.

“Peserta tes SKD wajib melakukan Swab test RT PCR, kurun waktu maksimal 2×24 jam. Atau rapid tes antigen 1×24 jam, sebelum pelaksanaan ujian. Dengan hasil negatif atau non-reaktif. Ini sebagai bagian syarat wajib mengikuti ujian tersebut. Sehari sebelum tes SKD, peserta sudah melaksanaka rapid tes antigen,” ujar Irma Annisa.

Baca Juga :  Speedboat Pengantar Pasien Covid-19 Terbakar, Perawat Mencemplung ke Laut

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menegaskan, pelaksanaan tes CPNS di Kabupaten Bintan dilaksanakan secara transparan, karena dengan menggunakan sistem CAT. Live score peserta SKD yang mengikuti ujian juga dapat dilihat secara live streaming, melalui chanel Youtube BKPSDM Bintan. Roby menyatakan, dirinya akan memantau pelaksanaan CAT tersebut, agar berjalan lancar.

“Sesuai imbauan Gubernur Kepri, untuk pelaksanaan rapid test antigen bagi peserta CPNS dilakukan secara gratis. Para peserta dapat mendaftarkan permintaan rapid tes antigen di Puskesmas, melalui link pendaftaran. Untuk lebih jelasnya tentang informasi teknis, bisa dilihat di portal bkpsdm.bintan.kab.go.id,” jelasnya.

Ketentuan bagi peserta tes SKD CASN Kabupaten Bintan untuk mendapatkan rapid tes antigen secara gratis.

Bagi peserta yang ingin mengikuti tes SKD penerimaan CPNS di Bintan, tak perlu bingung. Begini ketentuan untuk mendapatkan Rapid tes antigen secara gratis di Kabupaten Bintan tersebut:

  • Peserta melakukan registrasi melalui link pendaftaran yang sudah disiapkan (sesuai portal bkpsdm.bintan.kab.go.id)
  • Peserta membawa syarat berupa fotokopi KTP dan Kartu Ujian SKD CASN
  • Rapid tes antigen dapat dilakukan di Puskesmas Pemkab Bintan
  • Pelaksanaan rapid tes antigen di Puskesmas pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB
  • Rapid tes antigen di Puskesmas Pemkab Bintan dilakukan H-1, atau sehari sebelum jadwal ujian tes SKD.
Baca Juga :  24 Kada Terpilih Dilatih Lewat Golkar Institute, Airlangga: Politikus Golkar Bukan Gampang Merengek

“Semoga para peserta mengikuti tes SKD penerimaan CASN Kabupaten Bintan ini dengan lancar dan mendapat nilai terbaik,” tutup Roby Kurniawan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here