Beranda All News Penghasilan ASN Pemprov Kepri Bakal Disisihkan 2,5 Persen

Penghasilan ASN Pemprov Kepri Bakal Disisihkan 2,5 Persen

0
Ansar Ahmad Gubernur Kepri menyerahkan bantuan paket logistik dari Baznas Kepri kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Tanjungpinang, Rabu (8/9/2021).

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Penghasilan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS bakal disisihkan 2,5 persen. Jangan salah tafsir. Penyisihan 2,5 persen ini merupakan zakat bagi ASN yang beragama Islam. Bagi ASN non muslim, gaji dan penghasilannya tidak dipotong.

Rencana kebijakan penyisihan penghasilan ASN beragama Islam di lingkungan Pemprov Kepri ini, disampaikan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad di sela penyerahan bantuan paket logistik bagi masyarakat terdampak Covid-19, di Perumahan Hang Tuah Tanjungpinang, Rabu (8/9/2021).

Gubernur Kepri Ansar Ahmd menyampaikan, dalam rangka menaikkan kesadaran zakat, utamanya bagi kalangan ASN, Pemprov Kepri akan menyusun Peraturan Gubernur (Pergub). Pergub ini mengatur tentang penyisihan 2,5 persen penghasilan PNS yang beragama Islam, untuk kewajibannya membayar zakat.

Baca Juga :  Muhammad Azizan Anak Kuansing Berbagi Kiat Mendapatkan Beasiswa Kuliah ke Rusia

“Tujuannya agar PNS tidak lupa akan kewajiban yang harus dikeluarkan dari rezeki yang diberikan Allah SWT. Ke depannya aturan ini akan kita perkuat dalam bentuk peraturan daerah,” ujar Ansar Ahmad.

Dalam penyaluran zakat penghasilan ASN di lingkungan Pemprov Kepri ini, kemungkinan besar melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepri.

“Baznas ini potensinya luar biasa. Sebagai lembaga resmi penyalur zakat pemerintah, dan kesadaran umat yang tinggi dalam menunaikan zakat, melalui program-programnya akan terus dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Gubernur Ansar.

Baca Juga :  Gara-gara Medsos dari Oknum, Nelayan Bintan Cemas Tak Dapat Solar

Di lain hal, Gubernur Kepri akan mendorong berbagai instansi vertikal, dan dinas-dinas di Pemprov Kepri untuk terus menyelenggarakan kegiatan penyerahan bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19. Karena, pandemi Covid-19 masih mempengaruhi sosial ekonomi masyarakat.

Ansar Ahmad memberikan apresiasi bagi Baznas Kepri yang terus konsisten menjalankan program-program.

Ketua Baznas Kepri Arusman Yusuf menyampaikan, penyerahan bantuan paket logistik ini merupakan program Kepri Peduli. Kegiatan ini salah satu program Baznas Kepri. Selain program Kepri Cerdas, Kepri Makmur, dan Kepri Sehat.

Baca Juga :  Enam Nelayan Bintan Belum Dibebaskan Polis Diraja Malaysia

“Besar harapan kami dukungan terus menerus dari Gubernur Kepri Pak Ansar Ahmad. Arahan dan bimbingan juga kami perlukan. Sehingga masing-masing pihak tidak terkesan bekerja sendiri-sendiri,” ucapnya.

Pada saat penyerahan bantuan paket logistik tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad didampingi Staf Ahli Bidang Kesra Mahadi Rahman, Stafsus Suyono, Kadis Kesehatan M Bisri, Kadis Kominfo Zulhendri dan Plt Karo Humprohub Hasan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here