banner 728x90
Jajaran Polsek Bintan Timur memberikan jaket keselamatan kepada nelayan untuk antisipasi cuaca ekstrem, saat berada di laut.

Cuaca Ekstrem, Plt Bupati Bintan Mengingatkan Camat dan Lurah, Polsek Bintan Timur Menemui Nelayan

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Cuaca ekstrem terjadi sejak dua pekan lalu, di Kabupaten Bintan. Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengingatkan camat dan lurah serta kades agar siaga. Sedangkan, jajaran Polsek Bintan Timur langsung menemui nelayan untuk mengimbau agar waspada saat menangkap ikan di laut.

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan meminta seluruh camat se-Kabupaten Bintan agar turun dan melaporkan titik rawan banjir, di daerah masing-masing. Ini sebagai langkah awal dalam mengantisipasi banjir akibat luapan air hujan. OPD, camat, lurah dan kepala desa agar siaga. Jangan keluar daerah.

Baca Juga :  Nuzulul Quran, Gubernur Kepri Sampaikan Tausiyah di Masjid Agung

Selain itu, Plt Bupati Bintan juga meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan tetap siaga, terhadap bencana banjir. Soalnya, bencana banjir sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Sejak musim hujan, sejumlah lokasi ruas jalan dan pemukiman sudah ada yang banjir, meski baru mencapai ketinggian 20-40 sentimeter.

“Seluruh jajaran terkait agar tetap siaga, guna meminimalisir risiko akibat banjir tersebut,” tegas Plt Bupati Bintan.

Pada kesempatan lain, jajaran Polsek Bintan Timur menemui nelayan di beberapa lokasi, Kamis (2/9/2021). Aparat kepolisian menghimbau agar para nelayan dan pekerja angkutan laut, untuk mewaspadai cuaca ekstrem. Peringatan ini guna menghindari terjadi kecelakaan di laut.

Baca Juga :  Aspirasi Cen Sui Lan, Beasiswa PIP Tahun 2023 untuk 6.000 Pelajar Se-Kepri Sudah Cair

“Sekarang sudah masuk musim hujan, dan angin kencang. Cuaca sering berubah. Para nelayan dan pekerja angkutan laut diminta selalu. Jangan melaut menangkap ikan, apabila cuaca tidak memungkinkan,” kata Kapolsubsektor Mantang Iptu Zulkarnain mewakili Kapolsek Bintan Timur AKP Ulil Rahim.

Sebagai langkah antisipasi, selain memantau perkembangan prakiraan cuaca BMKG, para nelayan juga diminta selalu membawa berbagai perlengkapan keselamatan diri.

“Jaket, pelampung, alat komunikasi, GPS, lampu dan bahan bakar cadangan perlu disiapkan sejak awal. Jangan lalaikan itu,” pinta Kapolsubsektor Mantang yang akrab disapa Zul ini.

Baca Juga :  Warga Bintan di Daerah 3T Dapat Program Bantuan Pemasangan Baru Listrik

Untuk mewaspadai kejadian yang tidak diinginkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan menemui nelayan serta angkutan laut. Pihaknya juga berpesan apabila terjadi sesuatu hal, dapat langsung menghubungi Call Centre Polri melalui Polsek Bintan Timur dengan nomor 081276085167. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *