Beranda All News Cuaca Ekstrem, Plt Bupati Bintan Mengingatkan Camat dan Lurah, Polsek Bintan Timur...

Cuaca Ekstrem, Plt Bupati Bintan Mengingatkan Camat dan Lurah, Polsek Bintan Timur Menemui Nelayan

0
Jajaran Polsek Bintan Timur memberikan jaket keselamatan kepada nelayan untuk antisipasi cuaca ekstrem, saat berada di laut.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Cuaca ekstrem terjadi sejak dua pekan lalu, di Kabupaten Bintan. Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengingatkan camat dan lurah serta kades agar siaga. Sedangkan, jajaran Polsek Bintan Timur langsung menemui nelayan untuk mengimbau agar waspada saat menangkap ikan di laut.

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan meminta seluruh camat se-Kabupaten Bintan agar turun dan melaporkan titik rawan banjir, di daerah masing-masing. Ini sebagai langkah awal dalam mengantisipasi banjir akibat luapan air hujan. OPD, camat, lurah dan kepala desa agar siaga. Jangan keluar daerah.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Diganjar WTP Sepuluh Kali Berturut

Selain itu, Plt Bupati Bintan juga meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan tetap siaga, terhadap bencana banjir. Soalnya, bencana banjir sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Sejak musim hujan, sejumlah lokasi ruas jalan dan pemukiman sudah ada yang banjir, meski baru mencapai ketinggian 20-40 sentimeter.

“Seluruh jajaran terkait agar tetap siaga, guna meminimalisir risiko akibat banjir tersebut,” tegas Plt Bupati Bintan.

Pada kesempatan lain, jajaran Polsek Bintan Timur menemui nelayan di beberapa lokasi, Kamis (2/9/2021). Aparat kepolisian menghimbau agar para nelayan dan pekerja angkutan laut, untuk mewaspadai cuaca ekstrem. Peringatan ini guna menghindari terjadi kecelakaan di laut.

Baca Juga :  Polisi Membenahi Monumen di Pulau Terdepan NKRI Wilayah Bintan

“Sekarang sudah masuk musim hujan, dan angin kencang. Cuaca sering berubah. Para nelayan dan pekerja angkutan laut diminta selalu. Jangan melaut menangkap ikan, apabila cuaca tidak memungkinkan,” kata Kapolsubsektor Mantang Iptu Zulkarnain mewakili Kapolsek Bintan Timur AKP Ulil Rahim.

Sebagai langkah antisipasi, selain memantau perkembangan prakiraan cuaca BMKG, para nelayan juga diminta selalu membawa berbagai perlengkapan keselamatan diri.

“Jaket, pelampung, alat komunikasi, GPS, lampu dan bahan bakar cadangan perlu disiapkan sejak awal. Jangan lalaikan itu,” pinta Kapolsubsektor Mantang yang akrab disapa Zul ini.

Baca Juga :  Agenda Peringatan Hari Jadi Ke-19 Provinsi Kepri, Ada Vaksinasi 40 Ribu Dosis Per Hari

Untuk mewaspadai kejadian yang tidak diinginkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan menemui nelayan serta angkutan laut. Pihaknya juga berpesan apabila terjadi sesuatu hal, dapat langsung menghubungi Call Centre Polri melalui Polsek Bintan Timur dengan nomor 081276085167. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here