Beranda All News Sabtu-Minggu, Kawasan Dompak Tanjungpinang Tak Bisa Bebas Berlalu Lalang dengan Mobil, Ini...

Sabtu-Minggu, Kawasan Dompak Tanjungpinang Tak Bisa Bebas Berlalu Lalang dengan Mobil, Ini Jadwalnya

0
Warga Tanjungpinang menikmati suasana nyaman di jembatan dan kawasan Dompak, Tanjungpinang saat diberlakukan car free day, Sabtu dan Minggu pagi.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Informasi bagi masyarakat Tanjungpinang dan sekitarnya. Kawasan jembatan dan pulau Dompak Tanjungpinang tak bisa bebas atau sesuka hati berlalu lalang dengan mobil, setiap hari Sabtu dan Minggu. Berikut penjelasan dan jadwal pemberlakuan car free day di kawasan Dompak Tanjungpinang tersebut.

Pemberlakuan tak bisa bebas berlalu lalang mobil atau car free day tersebut sudah dimulai, Sabtu (28/8/2021) pagi. Ketentuan ini akan diberlakukan untuk masa mendatang. Sedangkan untuk jadwal pemberlakuan car free day itu, dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB. Jadwal car free day itu setiap hari Sabtu dan Minggu. Nah, selanjutnya, pemberlakukan car free daya atau tak bisa bebas berlalu lalang mobil ini bakal diterapkan di kawasan publik tepilaut, Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  KKP Bangun Dermaga Apung buat Konektivitas Antarpulau di Lima Daerah, Ini Lokasinya

Mengenai kebijakan tersebut, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad menjelaskan, kawasan Dompak merupakan tempat favorit bagi masyarakat untuk berolahraga. Jalan santai sambil menikmati udara segar pada pagi hari, serta area berkumpul dari berbagai komunitas masyarakat. Terutama pada hari libur akhir pekan (weekend).

“Demi kenyamanan bersama, setiap hari Sabtu dan Minggu, untuk kawasan Dompak Tanjungpinang, kita tetapkan sebagai area car free day. Tak bebas berlalu lalang pakai mobil. Jadwalnya, dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB,” sebut H Ansar Ahmad, Sabtu (28/8/2021).

Untuk saat ini, kata Ansar Ahmad, pemberlakuan car free day di kawasan Dompak Tanjungpinang, masih uji coba. Jika masyarakat merespon bagus, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan uji coba untuk kawasan lainnya. Seperti di kawasan Tepilaut Tanjungpinang.

Baca Juga :  Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Ketum PSSI Iwan Bule Berduka

“Tiga jam tanpa asap mesin kendaraan itu, sebagai upaya kita membantu menjaga bagaimana agar udara tetap sehat. Polusi terkurangi dengan cara mengeliminasi carbon,” jelas Gubernur Kepri.

Seorang warga Tanjungpinang Jamal menyambut baik kebijakan pemberlakuan tak bisa bebas berlalu lalang dengan mobil, setiap Sabtu dan Minggu pagi. Karena, jembatan Dompak yang berada di depan Ramayana itu, menjadi tempat publik untuk berolahraga di akhir pekan.

“Saya sudah sering bawa keluarga untuk bersepeda di jembatan Dompak ini. Dulu sudah diberlakukan car free day untuk hari Minggu pagi. Tapi, kan tak jalan maksimal. Kalau sekarang diterapkan hari Sabtu pagi dan Minggu, lebih bagus lagi. Kesadaran masyarakat untuk tidak membawa mobil saja yang perlu ditingkatkan,” saran Jamal.

Baca Juga :  Foto Relawan Cen Sui Lan Nonstop Menyalurkan Bantuan buat Warga

Kepala Dinas Perhubungan Kepri Junaidi Sarpan menjelaskan, sesuai arahan Gubernur Kepri, pihaknya mulai melakukan operasi penertiban bagi kendaraan yang mau masuk ke Dompak, mulai Sabtu (28/8/2021) pukul 06.00 WIB.

“Demi suksesnya uji coba car free day, mulai Sabtu dan Minggu pekan ini, tidak boleh kendaraan bermesin melintas ke Dompak. Kita ingin memberi kesempatan kepada masyarakat berolahraga dan jalan-jalan pagi menikmati udara segar di Dompak. Kan cuma tiga jam. Jadwalnya dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 09 WIB,” sebut Junaidi. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here