Beranda All News Masa PPKM, Mahasiswa Unri Mendorong Pemanfaatan Lahan Kosong

Masa PPKM, Mahasiswa Unri Mendorong Pemanfaatan Lahan Kosong

0
Kelompok Kukerta Unri menyerahkan bibit cabai kepada Kepala Desa Rawang Binjai, Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, baru-baru ini.

RIAU (suaraserumpun) – Mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang menjalani masa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Rawang Binjai, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mendorong warga untuk memanfaatkan lahan kosong. Lahan kosong tersebut bisa memberikan nilai tambah ekonomi di masa PPKM pandemi Covid-19, jika dikelola dengan maksimal.

Mahasiswa Unri yang menjalani Kukerta di Desa Rawang Binjai ini sebanyak sembilan orang, dari beberapa fakultas dan jurusan. Dengan pembimbing lapangan Nurdiansyah MPd, dan Anggel AS sebagai Ketua Kukerta Unri di Rawang Binjai. Kukerta dilaksanakan selama 40 hari.

Baca Juga :  Ansar Tinjau Vaksinasi Massal di Lanud, Marlin Memantau di Maha Vihara

“Dalam kegiatan Kukerta ini, kami lebih banyak membuat program yang mendorong perekonomian masyarakat. Seperti mendorong warga untuk pemanfaatan lahan kosong, untuk budi daya tanaman cabai,” kata Anggel AS, Ketua Kukerta Unri di Desa Rawang Binjai, kemarin.

Baru-baru ini, kata Anggel AS, pihaknya menyerahkan bantuan seribu bibit cabai kepada warga, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rawang Binjai. Tidak hanya memberikan bibit begitu saja. Pemerintah desa juga memberikan pendampingan kepada warga, agar bantuan bibit itu memberikan hasil ekonomi bagi warga yang membudidayakan cabai tersebut.

Baca Juga :  Gol Chelsea Dianulir, Leicester City Jawara Piala FA 2020-2021

“Di tengah masa pandemi dan PPKM ini, harga kebutuhan pokok rumah tangga melonjak naik. Ekonomi di masa sekarang belum stabil. Makanya kita dorong warga untuk memanfaatkan lahan kosong, menjadi area pertanian,” jelas Anggel.

“Kegiatannya memang berskala desa. Namun dampaknya memberikan manfaat yang luas. Khususnya dalam membangkitkan perekonomian daerah,” sambungnya.

Sarwin Kepala Desa Rawang Binjai menyambut baik program Kukerta UR Balik Kampung tahun 2021 ini. Seperti kegiatan mahasiswa di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut. Peran mahasiswa dalam membangun desa, sangat diharapkan.

Baca Juga :  Politeknik Batam Menjajaki Kerja Sama dengan Pemkab Bintan

“Khusus di desa kami, selalu meminta kehadiran mahasiswa yang menjalankan praktik seperti Kukerta ini. Agar ilmu yang selama ini diperoleh di bangku kuliah, bisa diterapkan di tengah masyarakat,” ujar Sarwin. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here