Beranda All News Presiden Jokowi Renungan Suci di Kalibata, Ansar Ahmad di TMP Pusara Bakti...

Presiden Jokowi Renungan Suci di Kalibata, Ansar Ahmad di TMP Pusara Bakti Tanjungpinang

0
Presiden RI Joko Widodo memberikan penghormatan pada saat renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, dalam rangkaian peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Selasa (17/8/2021) dini hari WIB.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Sedangkan Ansar Ahmad Gubernur Kepri melaksanakan kegiatan serupa di TMP Pusara Bakti , Kota Tanjungpinang, Selasa (17/8/2021) pukul 00.00 WIB.

Dalam apel kehormatan dan renungan suci pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tersebut, Presiden Jokowi menuliskan, Selasa, 17 Agustus 2021, tepat pukul 00.00 WIB, di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta. Di sini bersemayam lebih 10.000 pahlawan yang berkorban jiwa dan raga untuk merebut kemerdekaan, membela Tanah Air, dan meneruskan perjuangan. Sebagian mereka bahkan tak dikenal, hanya jasad yang terbaring di bawah nisan tanpa nama.

Hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa.

Baca Juga :  Menikmati Kampung Wisata Telukbakau, Roby Melepas Puluhan Tukik ke Laut Cina Selatan

“Perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang mereka tempuh adalah jalan kami juga. Semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” tulis Jokowi lewat akun Instagram @jokowi.

Ansar Ahmad di Pusara Bakti

Pada kesempatan lain, Gubernur Kepri Ansar Ahmad melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di TMP Pusara Bakti, Jalan Gatot Subroto, Batu Lima Bawah, Kota Tanjungpinang. Dalam kegiatan tersebut, Ansar Ahmad mengajak semua elemen untuk dapat mengisi kemerdekaan di masa-masa pandemi, dengan disiplin pada protokol kesehatan. Terutama dalam berbagai kegiatan guna memutuskan mata rantai Covid-19. Tentu juga terus menempatkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Ansar Ahmad Gubernur Kepri bersama Forkompimda pada apel kehormatan dan renungan suci di TMP Pusara Bakti Tanjungpinang.

“Jadikan, Kemerdekaan RI tahun ini sebagai semangat baru untuk bangkit seperti pejuang yang rela berkorban jiwa raganya, dengan membiasakan diri terhadap prokes yang ketat di dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ansar Ahmad, Selasa (17/8/2021) dini hari WIB.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: NKRI Harus Mengambil Alih FIR Kepulauan Riau dari Singapura

Hadir dalam apel tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol Dr Aris Budiman, Danrem 033 Wirapratama Brigjend TNI Jimmy Ramoz ManLu, Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, Kajati Kepri Hari Setiyono, Danlanud RHF Kolonel Pnb A Donie P.

Selain itu, turut hadir Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto, Kabinda Kepri Brigjen Pol Riza Celvian Gumay, Kaskogabwilhan I Mayjend TNI Lismer Lumban Siantar, Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma, Pj Sekdaprov Kepri Ir Lamidi, dan sejumlah Kepala OPD Provinsi Kepri.

Baca Juga :  23 Kru Kapal Navigasi Terpapar Covid-19, Diisolasi ke LPMP Ceruk Ijuk

Apel Kehormatan dan Renungan Suci dipimpin oleh Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali. Ini adalah dalam rangka mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang memperebutkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara?? Mayor Czi Haris, sebagai Perwira upacara? adalah Pasipers Dim 0315/Bintan dan untuk pembawa acara? Pelda (K) T Maliana serta pembaca doa Kapten Inf Alfianto.

Di TMP Pusara Bakti Kota Tanjungpinang dimakamkan TNI-Polri sebanyak 115 orang personel, sukarelawan 7 orang, Pejuang 45 sebanyak 2 orang, pahlawan tidak dikenal 3 orang, pejuang rakyat 3 orang. Termasuk mantan Gubernur Kepri H Muhammad Sani dan mantan Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here