Beranda All News Pemkab Bintan Bangun Satu Gedung untuk 10 OPD dengan Multiyears, Anggarannya Wow!

Pemkab Bintan Bangun Satu Gedung untuk 10 OPD dengan Multiyears, Anggarannya Wow!

0
Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo didampingi Wakil Ketua DPRD menerima Ranperda pembangunan gedung layanan terpadu dari Wabup Bintan Roby Kurniawan, disaksikan Sekda Adi Prihantara, Senin (16/8/2021).

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Pemerintah Kabupaten Bintan akan membangun satu gedung layanan terpadu, untuk digunakan 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Anggarannya ratusan miliar, wow!

Satu gedung layanan terpadu tersebut dibangun di kawasan pusat pemerintah Kabupaten Bintan, di Bintan Buyu. Gedung ini dibangun cukup besar, untuk dimanfaatkan 10 OPD. Terutama, OPD yang berkaitan dengan layanan terpadu untuk kepentingan masyarakat serta investasi.

Selain itu, pembangunan 1 gedung untuk 10 OPD ini, juga berkaitan erat dengan pemindahan OPD yang ada di wilayah Kota Tanjungpinang. Karena, aset Pemkab Bintan yang berada di wilayah Kota Tanjungpinang, sudah diserahkan ke Pemko. Jadi, OPD Bintan yang ada di Tanjungpinang saat ini, statusnya pinjam pakai. Justru itu, Pemkab Bintan memprioritaskan pembangunan 1 gedung untuk 10 OPD tersebut.

“Untuk pembangunan 1 gedung layanan terpadu itu, kita mulai tahun ini. Tapi, selesainya beberapa ke depan. Karena ini sistemnya multiyears, makanya ada pengajuan Ranperda multiyears atau tahun jamak. Anggarannya, itu cukup wow, ratusan miliar. Tapi, Rabu (18/8/2021) ini, kita bahas secara detailnya,” kata Agus Hartanto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bintan, usai paripurna, Senin (16/8/2021).

Baca Juga :  Hormati Praduga Tak Bersalah, Roby Kurniawan Ogah Bahas Wakil Bupati Bintan

Pemerintah Kabupaten Bintan telah menyampaikan Ranperda tentang rencana pengikatan dana pada kegiatan tahun jamak (multiyears) untuk pembangunan gedung perkantoran pemerintahan di Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu, tahun anggaran 2021-2024. Ranperda itu disampaikan ke DPRD Kabupaten Bintan, melalui rapat paripurna, Senin (16/8/2021). Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bintan Agus Wibowo didampingi Wakil Ketua DPRD Bintan Agus Hartanto dan Fiven Sumanti.

Paripurna dihadiri anggota DPRD, Wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan, Sekda Bintan Adi Prihantara, Kepala Bapelitbang Mohd Setioso, dan sejumlah OPD lainnya.

Roby Kurniawan saat mengikuti paripurna DPRD Kabupaten Bintan.

Usai paripurna, Wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan, Pemkab Bintan berencana akan memusatkan layanan masyarakat ke dalam satu gedung layanan terpadu. Dengan layanan satu gedung terpadu tersebut maka diharapkan hal ini akan memudahkan masyarakat serta tentunya akan dapat meningkatkan layanan yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  Tikung-menikung Sirkuit Jagal Politik 2024 (2), Siapa Bisa Menumbangkan Rudi?

“Kita sedang merencanakan pembangunan gedung layanan terpadu tersebut di Bintan Buyu. Karena beberapa aset kantor kita di Kota Tanjungpinang juga sudah kita serahkan ke Pemko. Sehingga seluruh layanan masyarakat rencananya akan kita pusatkan layanan di satu gedung saja,” ujar Roby Kurniawan yang turut dibenarkan Adi Prihantara, Sekda Bintan.

Gedung yang dibangun tersebut akan ditempati beberapa kantor layanan masyarakat seperti Disdukcapil, PTSP, Disnaker dan beberapa OPD layanan yang berhubungan dengan masyarakat. Satu gedung tersebut akan digunakan 10 OPD secara keseluruhannya.

Baca Juga :  Begini Pesan Wakil Gubernur Kepri di Puncak Peringatan Hari Pramuka

“Jadi nantinya, masyarakat yang akan ngurus KTP, ngurus izin pembangunan, ngurus tenaga kerja, semua di satu gedung itu. Karena digedung itu akan ditempati 10 OPD,” sebut Roby Kurniawan

Pembangunan 1 gedung untuk 10 OPD tersebut akan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Karena, kondisi keuangan daerah di masa pandemi Covid-19 saat ini, sangat minim. Justru itu, pembangunan dilakukan secara multiyears atau tahun jamak.

“Kita bangun 1 gedung itu untuk 10 OPD. Kalau anggarannya, itu sesuai dengan DED. Dinas teknis yang lebih menguasai. Karena pembangunan multiyears, ya lebih dari setahun. Yang jelas, sebelum berakhir masa jabatan kepala daerah, mudah-mudahan sudah selesai,” kata Adi Prihantara menambahkan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here