Beranda All News Lion Air Menggratiskan Bagasi 20 Kilogram, Simak Ketentuan Pelaksanaannya

Lion Air Menggratiskan Bagasi 20 Kilogram, Simak Ketentuan Pelaksanaannya

0
Pramugari Lion Air Group meletakan barang penumpang di kabin pesawat. Saat ini, Lion Air Group menggratiskan bagasi 20 kilogram bagi penumpang untuk semua rute dan tujuan kota domestik.

JAKARTA (suaraserumpun) – Maskapai penerbangan Lion Air kini telah menggratiskan bagasi 20 kilogram, bagi penumpang semua rute dan kota tujuan domestik. Simak ketentuan pelaksanaannya berikut ini.

Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group mengumumkan informasi terbaru, dengan memberikan layanan menggratiskan bagasi 20 kilogram. Ketentuan ini mulai efektif periode pesan tiket, Minggu tanggal 1 Agustus 2021, untuk periode mulai terbang Selasa (3/8/2021) hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Fasilitas ini sebagai kategori bagasi tercatat atau terdaftar (checked baggage), yaitu barang bawaan penumpang yang diserahkan dan dilaporkan melalui petugas di meja pelaporan terminal keberangkatan bandar udara (check-in counter). Setelah ditimbang dan dibawa ke ruang bagasi atau kompartemen kargo pesawat udara.

Gratis bagasi 20 kilogram berlaku khusus pada semua jadwal penerbangan rute domestik Lion Air, yang dilayani pergi pulang (PP). Calon penumpang masih diperbolehkan membawa bagasi kabin maksimal 7 kilogram per orang. Layanan bagasi tercatat sebagai ‘Gratis Bagasi 20 Kg’ ini merupakan program baru Lion Air, yang dijalankan sebagai bagian dari upaya kampanye terbang itu sehat, aman dan menyenangkan.

Kemudian, momentum Agustus, semarak 76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Serta memperingati hari Kebangkitan Teknologi Nasional, bahwa pesawat udara sebagai salah satu bagian trransportasi berteknologi canggih, salah satunya HEPA Filter (lihat penjelasan di halaman berikutnya).

Baca Juga :  Anak Bisa Dapat Beasiswa Rp64,5 Juta, Ikut Program JKK dan JKM

Program gratis bagasi 20 kilogram ini juga menawarkan kemudahan wisatawan dan pebisnis dalam mempersiapkan rencana penerbangan. Meningkatkan minat bepergian menggunakan pesawat udara. Mengakomodir permintaan pasar domestik dari calon penumpang dan pelanggan setia. Menjawab peluang dan tantangan bisnis seiring pertumbuhan tren perjalanan udara yang simpel, sesuai era saat ini.

Bagasi penumpang di pesawat Batik Air, Lion Air Group.

Kampanye “Ayo Jelajahi Indonesia”, Lion Air optimis masih mempunyai pasar penerbangan dalam negeri dan akan terus tumbuh di waktu mendatang. Selain itu, Lion Air tetap melayani penerbangan penumpang berjadwal, sewa tertentu (charter) serta angkutan kargo. Serta mendukung program pemerintah termasuk industri kreatif dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), sejalan percepatan pemulihan perekonomian daerah dan nasional.

“Hadirnya program khusus tersebut, setiap calon penumpang dapat melakukan perjalanan udara atau traveling lebih ekonomis, serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi tercatat 20 kilogram,” terang Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air melalui rilis yang diterima suaraserumpun.com, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga :  Hasil Euro 2020/2021: Swedia Bangga Bisa Mengimbangi Tim Selevel Spanyol

Ketentuan pelaksanaan dari program Lion Air yang menggratiskan bagasi 20 kilogram ini yaitu, pertama, khusus calon penumpang yang mempunyai tiket Lion Air pada periode pemesanan mulai 1 Agustus 2021 sampai pemberitahuan lebih lanjut. Dan periode penerbangan mulai 3 Agustus 2021 sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Kedua, proses mendapatkan bagasi gratis 20 Kg, bersamaan ketika melakukan pembelian atau pemesanan tiket (issued ticket) mulai 1 Agustus 2021 secara online di www.lionair.co.id, online travel agent dan call center. Dan pembelian atau pemesanan tikest ecara offline ke kantor penjualan Lion Air, kantor agen mitra perjalanan dan lainnya.

Ketiga, demi kenyamanan penumpang, petugas check-in akan menimbang bagasi di check-in counter guna menentukan apakah bagasi memenuhi persyaratan ini. Apabila melebihi 20 Kg, maka membayar biaya tambahan agar bagasi dapat diangkut sebagai bagasi terdaftar.

Keempat, bagi bayi yang tidak berhak atas kursi, kereta bayi lipat atau kursi dorong yang bisa dilipat, atau keranjang bayi atau kursi mobil dapat didaftarkan sebagai bagasi atau diterima sebagai bagasi kabin penumpang, tergantung ukuran, dimensi serta ketersediaan ruang.

Lion Air Group membawa bagasi penumpang dan paket.

Kelima, penumpang dilarang mendaftarkan atau membawa barang berbahaya di pesawat, berupa bahan peledak seperti kembang api, petasan, bom yang belum meledak dan lainnya yang sejenis. Serta bahan magnetik yang kuat. Dan zat beracun (termasuk insektisida) dan zat korosif atau zat pengoksidasi (termasuk pemutih).

Baca Juga :  Pelaku Pariwisata Divaksin Dosis Kedua, Wagub Kepri Berhasrat Travel Bubble Segera Dibuka

Termasuk semua jenis kompor untuk memasak, zat radioaktif. Bahan-bahan yang mudah terbakar, termasuk sebagian besar korek api atau bahan bakar pemantik juga dilarang. Sampai dengan jenis gas bertekanan seperti katrij gas untuk kompor berkatrij gas, semprotan oksigen untuk olahraga, semprotan penghilang debu dan lainnya yang sejenis.

Keenam, ketika di check-in counter, harap pastikan bagasi bertanda khusus (dilabeli) sesuai data penerbangan dan destinasi yang tepat. Nomor tanda terima bagasi dan bagasi terdaftar harus sama.

“Untuk alasan keselamatan dan keamanan penerbangan, setiap penumpang harus mengikuti peraturan operasional, arahan dan instruksi awak pesawat,” jelas Danang Mandala Prihantoro.

Nah, bagi calon penumpang tidak perlu khawatir lagi untuk membawa bagasi di bawah 20 kilogram. Selamat menikmati layanan Lion Air yang menggratiskan bagasi 20 kilogram. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here