banner 728x90
Delegasi dari tiga negara (Indonesia, Malaysia dan Thailand) memaparkan rencana kerja sama proyek strategis antarnegara, diikuti oleh Gubkepri Ansar Ahmad.

Gubkepri Lirik Proyek Strategis Kerja Sama Indonesia dengan Malaysia dan Thailand

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Gubernur Kepulauan Riau (Gubkepri) Ansar Ahmad melirik proyek strategis dari kerja sama tiga negara. Yaitu kerja sama pemerintah Indonesia, dengan Malaysia dan Thailand.

Harapan itu disampaikan Gubkepri H Ansar Ahmad usai mengikuti Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Chief Ministers & Governors Forum (CMGF) ke-18 tahun 2021, Jumat (30/7/2021). IMT-GT Chief Ministers & Governors Forum ini dilaksanakan secara virtual dari Ruang Rapat Utama Lantai 4 Kantor Gubernur Kepri.

Gubkepri Ansar Ahmad, berharap acara yang diselenggarakan di Malaysia sebagai tuan rumah ini sukses, dan mendapat kerja sama yang baik dalam proyek-proyek strategis antarnegara anggota.

“Saya percaya dengan kerja sama sub regional yang intensif dan ekstensif antar anggota IMT-GT akan memperkuat pembangunan sosial ekonomi multi sektoral,” ujar Gubkepri.

Baca Juga :  Amril Terpilih Secara Aklamasi, PWI Kabupaten Bintan Pisah dari Tanjungpinang

Dalam kesempatan yang diberikan, Gubkepri Ansar Ahmad memaparkan proyek-proyek yang sedang berlangsung maupun proyek yang berpotensi di masa yang akan datang. dalam kaitannya kerja sama dengan IMT-GT ini.

“Di antaranya koridor pariwisata baru dalam rangka hubungan ekonomi di Kabupaten Natuna dan Anambas, industri agrikultur di Kabupaten Lingga, layanan halal dan industri produk halal di Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang, perdagangan dan investasi pada KEK di Kabupaten Bintan dan Kota Batam, Batam Green City, dan Pelatihan Pekerja di Kabupaten Karimun” papar Ansar Ahmad Gubkepri.

Selain itu, Gubkepri memaparkan, proyek Natuna Geopark serta transportasi laut dan udara dari Koh Samui Thailand, dan Pulau Langkawi Malaysia ke Kepulauan Anambas.

Baca Juga :  Hari Pertama Operasi Lilin Seligi 2022, Kapolres Bintan Cek Pos Terpadu Pelabuhan Roro

Acara diawali dengan sambutan dari ketua delegasi dari ketiga negara tersebut yaitu Timbalan Menteri Besar Kelantan Dato Mohammad Amar nik Abdullah dari Malaysia, Plh Sekdaprov Sumatera Selatan Akhmad Najib yang mewakili Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dari Indonesia dan Gubernur Krabi Kittibodee Prawit dari Thailand.

Ansar Ahmad Gubkepri mengikuti pertemuan kerja sama tiga negara secara virtual. Yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Masing-masing ketua delegasi memaparkan upaya-upaya daerahnya dalam menangani pandemi covid19. Bagaimana kerjasama ketiga negara akan sangat membantu pemulihan ekonomi.

“Dalam kesempatan ini saya menegaskan kembali peran penting kita semua melalui kolaborasi yang lebih erat antar pemangku kepentingan. Pencapaian misi IMT-GT akan turut mendukung pemulihan eoonomi dan menguatkan rantai pasok,” ujar Sekdaprov Sumsel Akhmad Najib.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Memaparkan Potensi Kepri kepada Menteri Perdagangan dan Industri Singapura

Pada agenda CMGF dan IMT GT ini, selain Pemerintah Provinsi Kepri, Pemprov Sumsel, Aceh, Sumbar, Jambi, Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Sumut mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia untuk memaparkan berbagai potensi-potensi yang ada di daerah Pulau Sumatera, khususnya di wilayah provinsi bersangkutan.

Ada banyak sektor kerja sama yang dibahas dalam IMT-GT, terutama pertanian dan agroindustri, pariwisata, produk dan layanan halal serta transportasi, teknologi, perdagangan, investasi, pendidikan, budaya dan lingkungan.

Turut mendampingi Gubkepri Ansar Ahmad dalam virtual ini, Asisten II Syamsul Bahrum, Plt Karo Humprohub Hasan SSos, dan Staf Khusus Gubernur Sarafudin Aluan. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *