banner 728x90
Kontingen Indonesia pada pembukaan Olimpiade 2020/2021 Tokyo. Rio Waida berada di depan, saat membawa Bendera Merah Putih.

Olimpiade 2020/2021 Tokyo Dibuka, Rio Waida Bawa Bendera Merah Putih

Komentar
X
Bagikan

TOKYO (suaraserumpun) – Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya resmi digulirkan. Upacara pembukaan berjalan cukup meriah di tengah pembatasan karena pandemi virus corona yang masih melanda. Rio Waida yang membawa Bendera Merah Putih.

Pembukaan dilangsungkan di Tokyo Olympics Stadium, Jumat (23/7/2021) malam WIB, pembukaan Olimpiade Tokyo berlangsung. Upacara diawali dengan teater seorang atlet berlari di threadmill dengan menggunakan atasan tracksuit.

Ceremony pembukaan Olimpiade 2020/2021 Tokyo-Jepang berlangsung meriah, Jumat (23/7/2021) malam.

Suguhan tarian, teater, dan kembang api menjadi sajian hiburan yang menyemarakan pembukaan Olimpiade edisi ke-32 ini. Hadir dalam acara ini, Kaisar Jepang, Naruhito. Disambut oleh Pesiden IOC, Thomas Bach.

Dalam parade defile, Yunani yang pertama berjalan di lantai upacara pembukaan sebagai negara asal Olimpiade. Parade defile atlet diakhiri oleh tuan rumah Jepang. Indonesia ada di urutan ke-22, dari total sebanyak 207 kontingen. Nurul Akmal dan atlet surfing Indonesia Rio Waida menjadi pembuka jalan dan membawa Bendera Merah Putih, pada upacara pembukaan Olimpiade 2020 Tokyo di Stadion Olimpiade Tokyo, Jumat (23/7/2021) malam.

Baca Juga :  Undian Festival Pacu Jalur Hari Keempat, Kandidat Juara Bertarung di Putaran Pertama

Atlet surfing andalan Indonesia Rio Waida yang juga berdarah Indonesia-Jepang ini, mengenakan pakaian adat Bali, Payas Madya didampingi Chef de Mission Olimpiade 2020 Tokyo Rosan P Roeslani yang tampil dengan busana adat Betawi serta lifter Nurul Akmal.

Disusul perenang Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani serta lima pelatih Dirdja Wihardja (angkat besi), Rionny Mainaky (bulu tangkis), Permadi Sandra Wibowo (panahan), Donny Budiarto Utomo (renang), dan Tipi Jabrik Noventin (surfing). Atlet dan pelatih tampil dengan jas sporty bernuansa Merah Putih rancangan The Diplomat Taylor.

Baca Juga :  Sosialisasi 4 Pilar MPR ke Kaum Milenial, Cen Sui Lan: Keberagaman Jadi Kekuatan NKRI

“Kontingen Indonesia hanya hadir 10 personil, tetapi semangat kami mewakili semua wakil Merah Putih, bahkan masyarakat Indonesia yang menyaksikan Olimpiade Tokyo ini dari rumah masing-masing,” kata Rosan.

Pembukaan Olimpiade Tokyo dimulai pada 20.00 waktu setempat dengan menampilkan trades dan Kebudayaan Jepang, mulai dari Manga hingga Gunung Fuji, serta dibalut pertunjukan seni dan Kebudayaan.

Api Olimpiade 2020/2021 Tokyo dinyalakan sebagai tanda dimulainya pesta olahraga bergengsi di dunia.

“Perjalanan Kontingen Indonesia di Olimpiade edisi ke-32 ini resmi dimulai. Semoga atlet-atlet kita bisa menampilkan peforma terbaik mereka sehingga berhasil memenuhi target peningkatan peringkat yang diberikan pemerintah,” tambahnya.

Baca Juga :  Dana APBN 2021 untuk Kepri Rp15,17 Triliun, Pertumbuhan Ekonomi Masih Minus

Perarakan diiringi musik bertema video game dan plakat manga dengan desain khusus saat diumumkannya parade dari negara yang berpartisipasi di Olimpiade kali ini. Sebagai informasi, 206 kontingen dari seluruh dunia berpartisipasi di pembukaan Olimpiade kali ini, termasuk Refugee Olympic Team. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *