banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri menandatangani prasasti peresmian gedung Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri 1 Bunguran Timur Laut, Natuna.

Ansar Ahmad Meresmikan Gedung USB Senilai Rp6 Miliar di SMKN 1 Bunguran Timur Laut

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Ansar Ahmad Gubernur Kepri meresmikan gedung Unit Sekolah Baru (USB) dan sarana belajar lainnya senilai Rp6 miliar di SMK Negeri 1 Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Selasa (6/7/2021). Gedung USB dan sarana ini dibangun menggunakan dana APBD Kepri dan APBN, tahun anggaran 2020.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, pembukaan selubung papan nama, pemotongan pita dan peninjauan ruang sekolah. Ansar Ahmad berharap, dari SMKN 1 ini nantinya akan lahir generasi yang siap kerja dan memiliki daya saing tinggi dalam menghadapi globalisasi.

“SMK dibangun untuk menciptakan generasi yang siap kerja. Oleh sebab itu haruslah link and match dengan potensi yang dimiliki daerah,” ujar Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Ansar Ahmad menyebutkan, SMK di Kepri cukup banyak. Maka langkah selanjutnya adalah bagaimana memenuhi sarana dan prasarana belajar-mengajarnya. Karena untuk menjadi yang siap pakai, lulusan SMK harus memiliki vakasi (imbalan) yang dibutuhkan di dunia kerja.

Baca Juga :  Meilinda: Ini Syarat Pelaku yang Bisa Mendapat Restorative Justice

“Hari ini (Selasa), sekolah ini kita opname. Kita deteksi apa aja yang dibutuhkan,” katanya.

Mantan anggota DPR RI dan mantan Bupati Bintan ini menegaskan, tugas pemerintah adalah menyediakan sarana dan prasarana pendidikan. Sedangkan tugas guru melakukan pembelajaran, melakukan transfer knowledge atau change behavior.

“Guru juga harus punya empat kompetensi wajib, yakni pedagogik, sosial, profesional dan kepribadian. Ilmu dan kepribadian guru harus bisa ditiru,” ujar Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad Gubernur Kepri bersama majelis guru SMK Negeri 1 Bunguran Timur Laut, Natuna.

Bupati Natuna Wan Siswandi dalam kesempatam tersebut mengatakan, fokus kerja pemerintah adalah masalah kesehatan dan pendidikan. Adapun kunjungan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad pada kesempatan ini, dalam rangka fokus untuk kedua hal tersebut.

Baca Juga :  Hujan Deras Tak Menyurutkan Niat Warga Bintan Utara untuk Bertemu Ansar Ahmad

“Kita tahu sesuai amanah undang-undang untuk pendidikan SLTA berada di bawah provinsi. Namun karena SMK ini dibangun di Natuna, maka kita ikut andil dengan hibah tanah 2 hektare. Dulu sekolah ini di Ceruk, terpencil. Kemudian kita sama-sama pindahkan ke sini,” kata Bupati.

Wan Siswandi berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepri yang sudah sangat konsen dalam mewujudkan pembangunan di dunia pendidikan sejauh ini.

Kepala Sekolah SMKN 1 Bunguran Timur Barat, Natuna, Mulianda berterima kasih kepada Gubernur atas dibangunnya 3 unit USB serta gedung majelis guru, ruang labor, komputer dan lainnya dengan nilai total sekitar Rp6 miliar.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Pengalihan Sementara Pintu Masuk di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Terobosan yang Bagus

“Sekolah kami ini sebelummya di hutan Pak, daerah Ceruk. Lalu Bupati Natuna memberi hibah tanah 2 hektare, dan Pak Gubernur Kepri membangunnya. Alhamdulillah sekarang kami bisa pindah di sini,” katanya.

Diutarakan Melianda, selanjutnya SMKN 1 membutuhkan sejumlah alat-alat untuk praktik unit produksi serta musala. Agar anak-anak yang dari pulau juga bisa belajar di sini, pihak sekolah meminta agar ada asrama untuk anak-anak.

“Masalah transportasi pun kami alami Pak. Banyak anak-anak yang tidak bisa ikut praktik karena keterbatasan sarana transportasi. Kami berharap semua sarana yang kami butuhkan dan kami minta dikabulkan oleh Bapak Gubernur dan Bapak Bupati yang hari ini hadir di sini,” harapnya. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *