Beranda All News Swiss Dihentikan Spanyol Lewat Adu Penalti, Bukan Keberuntungan!

Swiss Dihentikan Spanyol Lewat Adu Penalti, Bukan Keberuntungan!

0
Selebrasi pemain Spanyol usai menghentikan langkah Swiss di babak perempatfinal Euro 2020/2021, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB.

PETERSBURG (suaraserumpun) – Timnas Swiss dihentikan Spanyol lewat adu penalti, pada pertandingan perempatfinal Piala Eropa atau Euro 2020 (Euro 2021), Jumat (2/7/2021) hingga Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Bagi Spanyol, menang adu penalti bukan satu keberuntungan!

Timnas Spanyol harus melalui perjuangan berat menuju semifinal Piala Eropa 2020. Ini setelah La Furia Roja mengalahkan Swiss lewat adu penalti 3-1.

Pada pertandingan di Kretovsky stadium, Jumat (2/7/2021) dini hari WIB, Spanyol unggul cepat di menit kedelapan lewat bunuh diri Denis Zakaria. Pertandingan diawali ketika Swiss langsung meladeni Spanyol sedari menit pertama dan coba memberikan kejutan. Lewat serangan dari sayap, Swiss memaksimalkan celah di pertahanan Spanyol yang memainkan high defense line.

Tapi, Spanyol justru unggul duluan di menit kedelapan, Dari korner Koke, bola gagal digapai Aymeric Laporte dan jatuh di kaki Jordi Alba. Dari depan kotak penalti, Alba menembak bola dan mengenai badan Denis Zakaria, sebelum mengecoh Yann Sommer.

Gol ini awalnya dihitung gol Alba, tapi UEFA memutuskan menjadi gol bunuh diri Zakaria karena bola berubah arah. Meski unggul duluan, Spanyol justru kesulitan menciptakan peluang bersih di depan gawang Swiss. Sementara, Swiss banyak membahayakan lewat serangan balik serta bola mati.

Di menit ke-17, Spanyol mendapat peluang lagi saat free kick di depan kotak penalti dieksekusi Koke, tapi bola masih melayang di atas mistar.

Baca Juga :  Greysia/Apriyani Juara, Presiden Jokowi: Selamat! Ini Kado buat HUT Kemerdekaan RI

Delapan menit berselang Cesar Azpilicueta memenangi duel udara dengan Manuel Akanji dan menyundul bola korner. Sayangnya tepat di tangkapan Sommer.

Xherdan Shaqiri dan Steven Zuber merepotkan pertahanan Spanyol lewat serangan dari sayap. Beberapa kali mereka mampu melepaskan crossing yang harus susah payah dihalau bek-bek Spanyol.

Tapi, tidak ada satu peluang yang memang membahayakan gawang Unai Simon. Hingga turun minum, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Spanyol.

Masuk di babak kedua, Spanyol masih mendominasi tapi lagi-lagi mereka kesulitan untuk menciptakan peluang bersih. Meski sudah memainkan Dani Olmo dan Gerard Moreno demi menyegarkan lini serang, Spanyol malah buntu saat memasuki sepertiga akhir permainan.

Sementara, Swiss masih menyerang lewat counter attack yang membuat lini belakang Spanyol kerepotan. Satu peluang didapat Swiss pada menit ke-56 lewat tandukan Zakaria tapi masih melebar.

Di menit ke-64, Unai Simon untuk pertama kalinya melakukan penyelamatan saat menepis sepakan Steven Zuber dari jarak dekat.

Gawang Spanyol akhirnya kebobolan juga pada menit ke-69. Miskomunikasi antara Laporte dan Pau Torres membuat Remo Freuler merebut bola yang kemudian dioper ke Shaqiri di depan gawang. Dia mudah saja menceploskan bola ke pojok gawang.

Baca Juga :  75 Persen Pekerja Industri di Batam Sudah Divaksin

Di saat Swiss sedang bersemangat setelah menyamakan skor 1-1, mereka malah kehilangan Freuler yang dikartumerah karena melakukan tekel dua kaki ke Gerard Moreno di menit ke-77.

Semain Swiss menangis usai kalah atas Spanyol lewat drama adu penalti di babak perempatfinal Euro 2020/2021.

Spanyol tak bisa memaksimalkan keunggulan jumlah pemain di sisa waktu normal dan harus memainkan lagi babak extra time 2×15 menit. Skor 1-1 bertahan.

Di babak pertama perpanjangan waktu, Spanyol langsung menggebrak. Pada menit ke-91, mereka menyerbu lewat Alba di sisi kiri dan diakhiri dengan umpan tarik ke tiang dekat. Sayangnya sontekan Moreno masih melebar.

Spanyol terus menekan pertahanan Swiss untuk mencari gol, tapi Sommer bermain cemerlang. Di menit ke-101, Sommer menepis tendangan Moreno dari jarak dekat meneruskan umpan lambung Sergio Busquets.

Dua menit kemudian giliran Mikel Oyarzabal melepaskan sepakan melengkung dari kotak penalti tapi bisa digagalkan Sommer.

Adu Penalti

Memasuki babak kedua extra time, Spanyol dibuat frustrasi lagi oleh Sommer yang bermain begitu cemerlang. Pada menit ke-112, Dani Olmo mendapat ruang tembak di depan gawang, tapi bola masih melayang di atas mistar. Skor 1-1 tidak berubah dan pertandingan harus diselesaikan dengan adu penalti.

Unai Simon kiper Spanyol gembira usai menang adu penalti saat menghadapi Swiss.

Sergio Busquets sebagai eksekutor penalti pertama Spanyol gagal karena bola menerpa tiang. Mario Gavranovic membawa Swiss unggul setelah menaklukkan Unai Simon.

Baca Juga :  Setelah Terpapar Corona, Ansar Ahmad Gubkepri Merasa Beruntung karena Sudah Divaksin

Dani Olmo sukses menjaringkan bola ke gawang Sommer dan eksekutor kedua Swiss Fabian Schar gagal setelah ditepis Simon. Rodri sebagai eksekutor ketiga Spanyol juga gagal karena ditepis Sommer.

Penendang ketika Swiss Manuel Akanji sama saja usai dibendung Simon. Moreno sebagai eksekutor keempat Spanyol bisa menjaringkan bola ke gawang Sommer. Vargas menembak ke atas gawang sebagai eksekutor keempat Swiss.

Spanyol akhirnya melaju ke semifinal setelah tendangan Oyarzabal mengecoh Sommer dan membuat skor 3-1 di adu penalti.

Bukan Keberuntungan

Bagi Spanyol, kelolosan lewat adu penalti bukanlah hal baru di turnamen besar. Meski pada adu penalti terakhirnya di Piala Dunia 2018 dikalahkan Rusia, Spanyol mampu memenangi enam dari 10 babak tos-tosan terakhir.

Skuat Spanyol siap menghadapi drama adu penalti.

Di Piala Eropa, Spanyol bahkan memenangi empat dari lima adu penalti terakhirya. Bahkan tiga kemenangan di adu penalti itu berujung kelolosan mereka ke babak final, pada 1984 (lawan Denmark), 2008 (Italia), dan Portugal (2012). Menang adu penalti bukan keberuntungan. Italia sudah siap menghadapi drama tos-tosan ini.

Spanyol akan menghadapi Italia di semifinal Euro 2020 6 Juli di Wembley. Italia lolos setelah mengalahkan Belgia. Bisakah kali ini Spanyol melangkah lagi ke partai puncak Euro 2020? Kita tunggu saja. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here