Beranda All News Kemenhub Bakal Membangun 10 Bandara Perairan Waterbase, Satu Lokasi di Natuna

Kemenhub Bakal Membangun 10 Bandara Perairan Waterbase, Satu Lokasi di Natuna

0
Panorama pantai Senua di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri yang akan dibangun bandara perairan watebase. Terlihat wisatawan dalam festival Pulau Senua, sebelum masa pandemi Covid-19.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI bakal membangun 10 bandar udara (bandara) perairan (waterbase) di Indonesia. Satu lokasi di antaranya berada di Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

10 bandara perairan (waterbase) tersebut dalam tahap studi atau kajian Kemenhub RI. 10 lokasi itu antara lain di Danau Toba (Sumatera Utara), Pulau Senua (Kepulauan Riau), Pulau Gili Iyang Sumenep (Jawa Timur), Derawan Berau (Kalimantan Timur), Gili Trawangan Lombok Utara (NTB). Selain itu berada di Labuan Bajo Manggarai Barat (Nusa Tenggara Timur), Bunaken Manado (Sulawesi Utara), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Pulau Widi Halmahera Selatan (Maluku Utara), dan Raja Ampat (Papua Barat).

Baca Juga :  279 Juta Data WNI Bocor, Dirut BPJS Kesehatan Akan Dipanggil Bareskrim Polri

Wan Siswandi Bupati Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri menyatakan, Pemkab Natuna sangat mendukung rencana pembangunan bandara perairan atau waterbase tersebut. Khususnya di Pulau Senua, Natuna. Bandara perairan di Natuna ini bakal menjadi akses bagi wisatawan asing. Serta menjadi sarana penunjang pengembangan potensi pariwisata bahari di Kabupaten Natuna.

Menurutnya, pembangunan bandara perairan di Pulau Senua-Natuna ini, merupakan proyek infrastruktur yang menjadi prioritas. Program pembanguna bandara perairan ini pun menjadi konsen Presiden RI Jokowi, guna mendorong konektivitas.

“Kami sangat mendukung sekali untuk pembangunan bandara perairan waterbase di Pulau Senua, Natuna ini. Dipastikan sarana ini bakal meningkatkan pariwisata Natuna,” kata Wan Siswandi, baru-baru ini.

Baca Juga :  Lebar Jembatan Batam-Bintan 33 Meter, Estimasi Anggaran Bertambah

Wan Siswandi mengungkapkan, rencana pembangunan bandara khusus perairan ini masih dalam studi Kementerian Perhubungan.

“Mudah-mudahan pembangunan tersebut dapat segera direalisasikan,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sempat mengungkapkan kepada sejumlah media, bahwa ada sederet proyek infrastruktur yang saat ini jadi prioritas untuk dibangun. Salah satunya pembangunan bandara perairan atau waterbase.

Pembangunan bandara perairan atau waterbase tersebut bakal dibangun guna mendukung pariwisata daerah yang memiliki wilayah geografis. Satu di antaranya di Pulau Senua, Kabupaten Natuna, Kepulauan Kepri. Lokasi ini sudah masuk dalam studi Kemenhub RI. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here