banner 728x90
Dewi Kumalasari Ketua TP PKK Kepri dan Pengurus PKK Kepri meluncurkan program GP3C19, Jumat (4/6/2021).

Dewi Kumalasari Luncurkan Program GP3C19 buat Mengerem Kasus Covid-19

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Hj Dewi Kumalasari Ketua TP PKK Kepri meluncurkan program yang dinamakan Gerakan Peduli Penekanan Penyebaran Covid-19, yang disingkat dengan GP3C19. Gerakan ini merupakan gebrakan yang diinisiasi langsung oleh Hj Dewi, atas keprihatinannya dan peran sertanya sebagai Ketua TP PKK Provinsi Kepri, buat mengerem (menahan) kasus aktif Covid-19 di Kepri.

“PKK harus turut serta dalam upaya penekanan angka Covid. Maka saya dan teman-teman ingin memberikan kontribusi kami melalui pencanangan gerakan ini,” ucap Dewi Kumalasari, saat memimpin rapat koordinasi bersama dengan pengurus TP PKK kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Riau dari Gedung Daerah,Tanjungpinang, Jumat (4/6/2021).

Tujuan dari program GP3C19 ini, jelas Dewi Kumalasari, membantu pemerintah dalam pemberantasan Covid-19. Pemberantasan Covid-19 seharusnya dimulai dari lingkaran masyarakat terkecil. Yaitu lingkungan keluarga dan rumah tangga. Untuk itulah PKK yang memiliki kemampuan dalam pemberdayaan keluarga memberikan bantuan sumber daya mereka.

Baca Juga :  Lurah Tanjungpermai dan Notaris Tersandung Kasus Mafia Tanah, Ditahan Kejari Bintan

“PKK sebagai mitra dari pemerintah sudah sepatutnya turut membantu apa yang menjadi perhatian dari pemerintah saat ini, kader PKK harus tanggap dan peka terhadap isu-isu aktual di masyarakat,” kata Dewi Kumalasari.

Program GP3C19 ini melibatkan seluruh pengurus TP PKK di tingkat kabupaten/kota. Nantinya TP PKK Provinsi akan menggelar lomba-lomba yang dipertandingkan antar-PKK kabupaten/kota. Setiap lomba tersebut berisikan dengan penerapan upaya-upaya penekanan Covid-19 di tiap daerah.

Adapun lomba-lomba yang diadakan sejalan dengan GP3C19 ini adalah lomba peran kader dalam penekanan penyebaran Covid-19. Lomba penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan lomba IVA test.

Baca Juga :  Tunas Muda FC Memuncaki Klasemen Sementara Grup A Piala Gubernur Kepri Zona Bintan

Salah satu contoh dari lomba tersebut yaitu Lomba Penyuluhan PHBS, memiliki tujuan memperkuat peran Kader PKK dalam pembinaan PHBS di tengah masyarakat mencakup 10 indikator PHBS dan isu lainnya.

“Seperti yang telah kita ketahui bahwa kunci penekanan Covid-19 ini ada pada penerapan protokol kesehatan yang ketat, nanti kita gerakkan kader kita turun ke masyarakat menggencarkan lagi pola hidup sehat,” tambah Hj Dewi.

Dalam pencanangan program GP3C19 ini, TP PKK Provinsi Kepri sudah menggandeng beberapa instansi daerah selayaknya mitra kerja mereka untuk bersama-sama menyukseskan gerakan peduli penekanan Covid-19 ini. Instansi tersebut antara lain Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Biro Humas dan Protokol. Termasuk dari Kanwil Kementerian Agama Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Pendaftaran Liga 3 Kepri Dipatok Rp5 Juta, PS Putra Kundur Mundur

Dewi Kumalasari berharap, melalui pencanangan program ini maka TP PKK dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang gaya hidup sehat. Mampu memberikan peran yang berarti bagi TP PKK di tengah-tengah masyarakat. Sehingga keberadaan TP PKK selalu dirasakan manfaatnya.

“Dapat dikatakan bahwa Kader PKK merupakan perintis dan pejuang daripada untuk dapat kita semua hidup sehat sehingga wujud dari hidup sehat adalah kesejahteraan karena dengan hidup sehat kita dapat beraktivitas kembali,” ujar Dewi Kumalasari menambah. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *