banner 728x90
Pemain Timnas Indonesia Evan Dimas dan kawan-kawan berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Thailand. Laga ini berkesudahan 2-2, Jumat (4/6/2021) dini hari.

Timnas Indonesia Besutan Shin Tae-yong Mengimbangi Thailand, Malaysia Kalah Besar

Komentar
X
Bagikan

DUBAI (suaraserumpun) – Timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae-yong berhasil mengimbangi Timnas Thailand pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022. Sementara, tim Malaysia kalah besar.

Timnas Indonesia berhasil mengimbangi Thailand, dengan skor 2-2. Skuad Garuda besutan Shin Tae-yong akhirnya bisa pecah telur setelah lima laga sebelumnya menelan kekalahan, pada kualifikasi Piala Dunia 2022. Indonesia versus Thailand berlangsung di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (3/6/2021) pukul 23.45 WIB. Ini merupakan laga keenam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk Indonesia.

Besutan Shin Tae-yong tertinggal 0-1 lebih dulu di menit kelima. Thailand mencetak gol lewat Narubadin Weeratwatnodom. Skuad Garuda sukses memaksa skor imbang 1-1 di babak pertama. Adalah I Kadek Agung, yang sukses menceploskan bola ke gawang Thailand.

Thailand unggul lagi di awal babak kedua. Skor 2-1 gagal dipertahankan Thailand setelah Evan Dimas Darmono membawa Indonesia menuntaskan laga dengan skor 2-2.

Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia.

Jalannya Pertandingan

Thailand mengancam di menit keempat. Pathompon Charoenrattanapirom melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan Nadeo Argawinata mampu menepis bola hingga berbuah korner untuk Thailand.

Kemelut terjadi di kotak penalti Indonesia dari hasil korner Thailand pada menit kelima. Bola yang dilepaskan Narubadin Weeratwatnodom pun mampu menembus kerumunan pemain Indonesia dan membawa War Elephant unggul 1-0.

Baca Juga :  Kumpulan Berita Kepala Dinas Perkim dan Warga Bintan Ditahan Kejari, Berikut Ini Kasusnya

Sampai laga berjalan 10 menit, Skuad Garuda masih kesulitan mengancam Thailand. Di sisi lain, tim besutan Akira Nishino mampu menekan lewat sisi lapangan.

Eky Maulana Vikri melepas umpan yang bagus kepada Asnawi Mangkualam di menit ke-14. Pemain asal Makassar itu kemudian berhasil masuk ke kotak penalti Thailand dan melepas tembakan, tapi bola sedikit melebar dari gawang lawan.

Thailand kembali mengancam lewat korner di menit ke-15. Narubadin mendapat bola liar untuk melepas tembakan, tapi arahnya masih di atas gawang Indonesia.

Thanawat Suengchittahawon membuat ancaman di menit ke-24. Bola tembakannya dari luar kotak penalti sedikit melebar dari gawang Nadeo.

Giliran Ernesto yang membuat ancaman ke gawang Indonesia di menit ke-26. Bola tembakan bek Thailand itu masih mengarah tepat di pelukan Nadeo.

Duel Timnas Indonesia versus Thailand.

Pergerakan Witan Sulaeman di menit ke-32 merepotkan pertahanan Thailand. Dia sukses masuk ke tengah kotak penalti, tapi berujung pelanggaran karena tekelnya ke kiper lawan saat mengejar bola yang lepas kontrol.

Syahrian Abimanyu bikin umpan sip ke kotak penalti Thailand di menit ke-38. I Kadek Agung tanpa terduga muncul di kotak penalti lawan dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Siwarak Tedsungnoen untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Yakin Mall Pelayanan Publik di Bintan Segera Terwujud

Indonesia tampak lebih bergairah selepas menyamakan skor. Beberapa tekanan ke pertahanan Thailand dilakukan, namun tak mengubah hasil imbang hingga turun minum.

Thailand sukses kembali unggul 2-1 saat babak kedua baru berjalan enam menit atau tepatnya di menit ke-51. Bola umpan sundulan Suphan Thongsong berhasil diteruskan dengan kepala Adisak Kraisorn.

Indonesia coba bereaksi cepat untuk mencari gol penyeimbang. Bola tembakan Egy pada menit ke-54 masih melebar di sisi gawang Thailand.

Kerja keras Indonesia berhasil membuahkan gol di menit ke-60. Berawal dari tembakan Eky yang diblok lawan, bola kemudian jatuh di kaki Evan Dimas, yang berada di depan gawang untuk menyamakan skor menjadi 2-2.

Evan Dimas melakukan penetrasi ke kotak penalti Thailand dari sisi kanan di menit ke-67. Dia kemudian melepaskan tembakan dari sudut sempit, tapi bola berhasil dimentahkan Siwarak.

Thailand coba menekan untuk kembali mencari gol untuk memimpin. Di sisi lain, Indonesia bertahan cukup oke dan ada pula kartu kuning untuk Shin Tae-yong karena protes kepada wasit di menit ke-78.

Para pemain Indonesia tampak mulai kelelahan di 10 menit akhir pertandingan. Secara total pelatih Shin Tae-yong sampai harus bikin tiga pergantian di kurun waktu beragam karena pemain mengalami cedera. Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Kedua tim harus puas main imbang 2-2.

Baca Juga :  Travel Bubble Sukses! Gubernur Kepri Menyambut Turis Pertama Via Jalur Laut dari Singapura

Malaysia Kalah Besar

Sementara, Timnas Malaysia gagal menambah raihan poin saat bersua tuan rumah, pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Uni Emirat Arab (UEA). Laga antara Malaysia dan UEA itu berlangsung Stadion Zabeel pada Kamis (3/6/2021) malam WIB.

Klasemen Sementara Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G.

Hasilnya, Malaysia tumbang dengan skor 0-4 atas UEA. Malaysia kini menduduki peringkat keempat, sedangkan UEA naik ke posisi kedua dengan raihan serupa, 9 poin.

Dengan hasil ini membuat Thailand tetap di posisi ketiga Grup G dengan sembilan poin. Uni Emirat Arab naik ke posisi kedua dengan sembilan poin setelah mengalahkan Malaysia 2-0 dan unggul selisih gol dari Thailand.

Malaysia dari posisi kedua melorot ke urutan keempat dengan sembilan poin, kalah selisih gol dari UEA dan Thailand. Indonesia besutan Shin Tae-yong tetap di dasar klasemen. Namun, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong kini berhasil pecah telur dengan mengoleksi satu poin. Shin Tae-yong pun layak mendapat pujian. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *