Beranda All News Kepri Ingin Membangun Dua Sirkuit Internasional yang Lebih Mantap dari Mandalika

Kepri Ingin Membangun Dua Sirkuit Internasional yang Lebih Mantap dari Mandalika

0
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Ansar Ahmad Gubernur Kepri berada di hotel berbentuk kapal di kawasan pariwisata Lagoi, sebelum meninjau lokasi rencana pembangunan sirkuit-di Lagoi-Bintan, Kepri.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Provinsi Kepri ingin membangun dua sirkuit balapan otomotif berkelas internasional, yang lebih mantap dari sirkuit Mandalika, NTB. Dua sirkuit internasional ini ada di Lagoi-Bintan, dan Nongsa-Batam.

Rencana pembangunan dua sirkuit internasional yang lebih mantap dari Mandalika tersebut disampaikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan GGM BRC Lagoi Abdul Wahab, pada saat menerima kunjungan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Jumat (4/6/2021). Dalam kunjungan kerja Bamsoet ke Kabupaten Bintan dan Kota Batam ini, turut hadir owner Sentul Sirkuit Internasional, Tinton Suprapto.

Ansar Ahmad Gubernur Kepri, GGM BRC Lagoi Abdul Wahab, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Owner Sentul Sirkuit Internasional Tinton Suprapto sempat meninjau lokasi yang akan dibangun sirkuit internasional tersebut. Selain itu, rombongan juga meninjau kawasan wisata Lagoi seperti Bintan Track Gokart, Lagoi Bay, MV Doulos, Treisure Bay dan Banyan Tree.

Baca Juga :  PAD Turun, Apri: Janji di Pilkada Tetap Direalisasikan

Pada saat kunjungan tersebut, GGM BRC Lagoi Abdul Wahab menjelaskan, Bintan Resort akan membangun sirkuit internasional, dengan luas lahan sekitar 200 hektare. Pihak pengelola akan menyediakan sarana pendukung lengkap seperti hotel mewah, resort eksotos, suasana nyaman dan fasilitas sirkuit berstandar internasional.

“Kawasan Lagoi (Bintan) dekat Singapura. Kaum tajir dan penggila mobil balap nantinya akan membanjiri sirkuit ini. Karena selain balapan juga rekreasi dengan fasilitas lengkap,” jelas Abdul Wahab.

Abdul Wahab GGM BRC Lagoi, Ansar Ahmad Gubernur Kepri, Bambang Soesatyo Ketua Umum IMI, meninjau kawasan Lagoi kawasan wisata yang akan membangun sirkuit internasional di Bintan, Provinsi Kepri.

Selain di Lagoi, pembangunan sirkuit internasional juga digesa di kawasan pariwisata Nongsa, Kota Batam. Pihak BP Batam sudah menyediakan lahan 100 hektare bagi investor yang akan membangun sirkuit di Nongsa tersebut.

Ansar Ahmad Gubernur Kepri meminta dukungan penuh Ketua MPR RI Bamsoet terhadap rencana pembangunan sirkuit internasional di dua lokasi di wilayah Kepri tersebut. Lagoi-Bintan dan Nongsa-Batam.

“Pembangunan sirkuit internasional di Nongsa dan Lagoi akan lebih mantap dan hebat dari Mandalika di Lombok (NTB). Kita minta dukungan Ketua MPR RI Pak Bambang Soesatyo. Termasuk rencana pembangunan Jembatan Batam-Bintan kita juga minta dukungan. Karena kita ingin Kepri ke depan maju dan jadi teras negara yang membanggakan di Indonesia,” ujar Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Sembarangan Menggunakan Atribut Partai Didenda Rp2 Miliar, Ini Maklumat Demokrat Kepri

Dalam kesempatan tersebut Ansar Ahmad juga memaparkan tentang rencana pembangunan Kepri Bay di Lagoi yang diperkirakan akan menelan anggaran Rp100 triliun. Saat ini pihak konsorsium dari Eropa tengah mempersiapkan dengan matang tentang rencana investasi pembangunan resort terbesar se Asia dengan fasilitas 5000 kamar hotel tersebut.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ketika menanggapi paparan Gubernur Ansar Ahmad tersebut, menyatakan kekagumannya dengan keindahan Pulau Bintan.

“Bintan ternyata sangat bagus. Jalan dan jembatan bagus-bagus. Dan yang lebih istimewa, ada Lagoi yang begitu luar biasa,” kata Bambang Soesatyo yang politisi Golkar ini.

Baca Juga :  101 Anak Bintan Lulus Administrasi Penerimaan Anggota Polri TA 2021

Bambang menyatakan dirinya mendukung penuh seluruh program pembangunan di Bintan, Batam dan Kepulauan Riau demi kesejahteraan masyarakat. Pembangunan sirkuit internasional tentu untuk menjawab kebutuhan wisatawan asing yang hobi balap mobil ketika datang ke Bintan dan Batam.

“Multiplier effect dari pembangunan sirkuit internasional ini cukup besar. Selain tenaga kerja terserap juga sektor lain ikut tergerakkan seperti jasa dan lainnya,” jelas Bambang yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024 ini.

Khusus pembangunan jembatan Batam–Bintan, kata Bambang, karena sudah masuk dalam proyek strategis nasional. Pihaknya memberikan dukungan penuh dan siap mengawal sampai selesai.

“Kepri ini dekat Singapura dan Malaysia. Karena itu harus dipoles cantik dengan infrastruktur yang maju. Apa-apa yang sudah diprogramkan oleh Pak Gubernur bersama pemerintah pusat tetap kita dukung penuh,” kata Bamsoet. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here