banner 728x90
Ansar Ahmad meninjau RSKI Covid-19 Pulau Galang, Kota Batam, Kamis (6/5/2021). 1 April 2020 tahun lalu, RSKI Pulau Galang Batam ini ditinjau oleh Presiden Jokowi.

Tahun Lalu Dikunjungi Presiden Jokowi, Kini Giliran Ansar Ahmad Meninjau RSKI Covid-19 Pulau Galang

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – 1 Apri tahun 2020 lalu, Presiden RI Jokowi meninjau fasilitas Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Kepri. Kamis (6/5/2021), giliran Gubernur Kepri H Ansar Ahmad yang meninjau RSKI Pulau Galang, Kota Batam yang menanganani pasien terkonfirmasi positif virus corona.

Kunjungan Gubernur Kepri disambut langsung oleh Kepala RSKI Covid-19 Pulau Galang Kolonel Ckm DR dr Khairul Ihsan Nasution Sp BS, dan beberapa stafnya. Khairul Ihsan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Gubernur Kepri dan rombongan, ke RSKI Pulau Galang.

“Terima kasih Pak Gubernur atas kunjungannya. Semoga makin meningkatkan motivasi kami dalam bekerja di RSKI ini,” kata Khairul Ihsan, Kepala RSKI Pulau Galang, Batam.

Dijelaskan Khairul, RSKI Pulau Galang pertama sekali ditinjau oleh Presiden RI Joko Widodo, pada tanggal 1 April 2020 tahun lalu. Dalam kunjungan tersebut Presiden berharap agar RSKI secepatnya diselesaikan dan diresmikan. Karena itu, pada tanggal 6 April 2020, RSKI diresmikan penggunaannya oleh Pangkogabwilhan I, yang saat itu dijabat oleh Laksamana Madya TNI Yudo Margono.

Baca Juga :  BIN Kepri Gelar Vaksinasi Massal, Sediakan Transportasi Gratis

“Tahun lalu dikunjungi Presiden Jokowi, kini Pak Gubernur Ahmad yang meninjau RSKI Covid-19 Pulau Galang,” ucapnya.

Masih menurut Khairul Ihsan, luas lahan keseluruhan RSKI di Pulau Galang mencapai 80 hektare, yang diperkuat oleh kekuatan 247 tenaga medis. Terdiri dari relawan, TNI, Polri dan tenaga dokter. Sampai saat ini, RSKI sudah melakukan perawatan sebanyak 13.235 orang. Sementara yang dirawat saat ini mencapai 327 orang, sesuai kapasitas kamar yang ada.

Kekurangan Dokter Spesialis

Dalam kesempatan tersebut, Khairul Ihsan juga memaparkan persoalan yang dihadapi RSKI Pulau Galang dalam melakukan perawatan pasien Covid-19 kepada Gubernur Kepri. Di antaranya, persoalan ruang ICU sebanyak 20 tempat tidur yang tidak didukung dokter spesialis.

“Pak Gubernur, ingin saya laporkan bahwa kami kekurangan dokter spesialis yang khusus membantu menangani pasien Covid-19. Kami sangat membutuhkan dokter spesialis paru, spesialis THT dan anastesis,” katanya.

Khairul Ihsan Kepala RSKI Pulau Galang dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad meninjau ruang penanganan pasien Covid-19 yang pernah dikunjungi Presiden RI Jokowi.

Dirinya sudah melakukan berbagai upaya termasuk meminta bantuan Pemko Batam. Namun upayanya belum mendapatkan respon yang positif.

Baca Juga :  Kronologi Laka Lantas hingga Menewaskan Salam di Bawah Dump Truck

“RSKI ini hebat dipandang di luar tapi sebenarnya di dalam masih sangat minim daya dukung. Mohon agar kami dibantu Pak Gubernur,” harapnya.

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau H Ansar Ahmad merespon hal tersebut. Ansar Ahmad sangat memberikan apresiasi terhadap kerja Kepala RSKI Pulau Galang dan jajarannya. Meski berbagai kesulitan dihadapi, namun RSKI tetap mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

“Saya mengapresiasi kerja Pak Khairul Ihsan, para relawan dan seluruh jajaran di RSKI Pulau Galang,” ujar Ansar Ahmad.

Persoalan Covid-19, jelas Ansar Ahmad, adalah persoalan negara. Karena itu, apa pun persoalan RSKI dalam pelayanan pasien Covid-19, negara harus hadir.

Baca Juga :  Manc City Juara Jika Sekali Menang, Begini Nasib Liverpool

“Apa-apa yang dibutuhkan RSKI Pulau Galang, insya Allah sebisanya kita bantu melalui koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait,” tambah Gubernur Kepri.

Bantu Masker

Menurut Ansar Ahmad, harus ada langkah yang serius dan bersama untuk menanggulangi persoalan Covid-19 di Kepulauan Riau. Karena persoalan Covid-19 di Kepri hari ini, akar persoalan tidak hanya datang dari warga Kepri sendiri. Tetapi juga dari pihak luar. Terutama dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang masuk melalui Batam.

“Diperlukan keseriusan kita bersama untuk menanggulangi masalah Covid-19 ini. Yakinlah setiap usaha yang diniati dan dilakukan dengan baik, insya Allah akan menghasilkan yang baik juga,” jelas Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad menyerahkan bantuan 15.000 masker kepada Kepala RSKI Pulau Galang-Batam Khairul Ihsan.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menyerahkan bantuan 15.000 masker ke RSKI Pulau Galang. Serta melakukan peninjauan ke beberapa ruang medis dan asrama para relawan dan tenaga kesehatan. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *