banner 728x90
Duel di udara pemain PSM Makassar versus PSS Sleman, pada perebutan juara ketiga Piala Menpora 2021, Sabtu (24/4/2021) malam di stadian Manahan, Solo.

Sutanto Tan Pemain Asal Kepri Sempat Mengimbangi PSS Sleman, Akhirnya PSM Kalah

Komentar
X
Bagikan

SOLO (suaraserumpun) – Sutanto Tan pemain PSM Makassar asal Provinsi Kepri sempat mencetak gol dan mengimbangi PSS Sleman, pada perebutan juara ketiga Piala Menpora 2021, Sabtu (24/4/2021) malam. Namun, PSM Makassar akhirnya kalah tipis 1-2 atas PSS Sleman.

PSS Sleman tampil sebagai juara ketiga pada ajang Piala Menpora 2021. Dalam laga perebutan tempat ketiga di Stadion Manahan, Solo ini, PSS menang 2-1 atas PSM Makassar.

PSM Makassar tertinggal 0-1, ketika PSS Sleman mendapatkan penalti pada menit ke-30. Irfan Jaya mengeksekusi penalti dengan baik. PSM Makassar sempat menyamakan skor menjadi 1-1, pada babak kedua lewat tendangan bebas Sutanto Tan. Tapi, PSS justru mencetak gol keduanya melalui Irkham Mila di menit 65.

Jalannya Pertandingan

Duel PSM Makassar versus PSS Sleman di Stadion Manahan Solo ini, awalnya berjalan dengan tempo lambat. Karena kedua tim sama-sama bermain dengan hati-hati sejak awal laga. PSM sempat mengancam melalui tandukan Yakob Sayuri. Namun, PSS mencoba membalasnya melalui tendangan bebas Irfan Jaya.

PSS Sleman mendapat penalti di menit ke-30. Penalti diberikan setelah Hasyim Kipuw menjatuhkan Ikram Zainal Mila di kotak terlarang. Irfan Jaya maju sebagai algojo dengan mudah menaklukkan kiper PSM Hilman Syah. Tendangan keras Irfan Jaya ke sisi kanan membuat skor menjadi 1-0.

Baca Juga :  Hafizha Rahmadhani Mengukuhkan Puluhan Duta Genre Bintan, Berikut Tugasnya

Setelah unggul satu gol, PSM harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-39. Fandry Imbiri mendapatkan kartu merah setelah menghantam lutut Yance Sayuri. PSM tak mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk mencetak gol di babak pertama. Skor 1-0 pun tetap bertahan hingga jeda.

Babak Kedua

Unggul dari jumlah pemain, PSM Makassar langsung menekan pertahanan PSS Sleman. PSS tetap berbahaya dengan serangan baliknya. Pasukan Ramang akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-59. Saat itu, Sutanto Tan ditekel keras oleh pemain PSS Sleman. Wasit pun memberikan tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Tendangan bebas Sutanto Tan meluncur deras ke sudut kanan tiang gawang PSS Sleman, yang dikawal Miswar Saputra. Tendangan Suntato Tan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Tendangan Sutanto Tan pemain gelandang PSM Makassar saat mencetak gol ke gawang PSS Sleman.

Namun, skor imbang tersebut tidak bertahan lama. Berselang enam menit, PSS mampu membalas melalui gol Irkham Mila. PSM kemudian mencoba mencari gol balasan. Namun, para pemain PSM terlihat kesulitan menembus pertahanan PSS yang bermain disiplin.

Kiper PSS Miswar Saputra tampil gemilang pada menit-menit akhir pertandingan. Dia mampu menggagalkan tembakan Erwin Gutawa di dalam kotak penalti. Tak ada tambahan gol tercipta hingga peluit panjang dibunyikan wasit. Meski Sutanto Tan pemain PSM Makassar asal Kepri sempat mengimbangi PSS Sleman, pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan PSS.

Baca Juga :  PSSI Tetapkan Ketentuan Umum Liga 3 2021, Gading Marten Ambil Alih Persikota Tangerang

Sutanto Tan

Selama laga PSM Makassar pada laga pramusim liga melalui ajang Piala Menpora 2021 ini, penampilan Sutanto Tan cukup menarik perhatian para pecinta sepak bola di tanah air. Sutanto Tan bernomor punggung 8 ini, bukan pemain asing bagi PSM Makassar. Sutanto Tan, memang pemain beretnis tionghoa.

Sutanto Tan merupakan pemain profesional asal Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pria kelahiran Pekanbaru (Riau), 4 Mei 1994 (27 tahun) ini mengawali pembinaan usia dini di SSB Hang Nadim FC, Kota Batam, Provinsi Kepri. Ia dilatih oleh coach Darten Susilo.

Pada usia remaja, Sutanto Tan mengawali kiprahnya di sepak bola, melalui Liga Singapura. Dari pembinaan SSB Hang Nadim FC, Sutanto Tan membela klub Geylang United dan Haugang, di negara Singapura. Dari liga Singapura ini, Sutanto Tan comeback ke negara asalnya, Indonesia. Sutanto Tan pernah bermain di Pelita Jaya, Diklat Persib Bandung. Bahkan pernah masuk skuat timnas U-21 Indonesia.

Sutanto Tan pemain PSM Makassar asal Kepri.

Dari Timnas U-21 Indonesia ini, Sutanto Tan pun dikontrak oleh tim senior Pelita Bandung Raya. Sutanto Tan bermain di posisi gelandang ini juga pernah bermain untuk Persija Jakarta, selama 2 musim. Tak cuma Persija, Bali United juga pernah mengontraknya 2 musim, PSIM Yogyakarta (2019).

Baca Juga :  Koalisi Lima Parpol Menyerahkan Rekomendasi dan Surat Kesepakatan Pencalonan Cawabup ke Roby Kurniawan

Pada musim 2020 lalu, Sutanto Tan bergabung dengan PSMS Medan, untuk Liga 2 Indonesia. Sayang, kompetisi Indonesia tak bergulir akibat Covid-19. Selama pandemi Covid-19, Sutanto lebih banyak menjalani masa libur dengan keluarganya di Batam, Provinsi Kepri. Sutanto Tan lebih banyak melatih dan memotivasi pemain-pemain junior Hang Nadim FC Batam, sambil mendampingi coach Darten Suselo.

Nah, di musim 2021 ini, Sutanto Tan pemain asal Kepri ini bermain untuk PSM Makassar. Upaya Sutanto Tan mengangkat trofi perdana di musim 2021 ini dalam ajang Piala Menpora, belum berhasil.

PSM Makassar tersingkir di babak semifinal saat berhadapan dengan Persija Jakarta, lewat drama adu penalti. Dalam laga perebutan juara ketiga, PSM Makassar kalah 1-2 atas PSS Sleman. Dalam laga ini, Sutanto Tan mencetak 1 gol untuk PSM Makassar. Semangat terus Sutanto Tan. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *