banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad memimpin rapat koordinasi Satgassus Penanganan Covid-19 Daerah Perlintasan Kepri, Jumat (23/4/2021). Dalam rapat ini gubernur menunjuk Danrem sebagai Ketua Pelaksana Satgassus Penanganan Covid-19.

Pemulangan Ribuan PMI Via Batam, Gubernur Kepri Menunjuk Danrem Jadi Ketua Satgassus

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Pemulangan ribuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negeri, akan menggunakan pintu masuk melalui (via) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Gubernur Kepri Ansar Ahmad menunjuk Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu SHub Int sebagai Ketua Satgassus Penanganan Covid-19 Daerah Perlintasan, Kepri.

Hal itu diputuskan Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat memimpin langsung rapat koordinasi Satgas Khusus Penanganan Covid-19 Daerah Perlintasan Provinsi Kepri di Rupatama lantai 4 Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (23/4/2021). Rapat digelar untuk mencari solusi terbaik tentang rencana penanganan kepulangan ribuan PMI (Pekerja Migran Indonesia) melalui pelabuhan Batam.

Dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Arif Fadillah memaparkan tentang perkembangan terakhir jumlah masyarakat yang terpapar virus Covid-19. Dalam grafik mingguan, ada kecenderungan naik yang cukup signifikan. Beberapa daerah, seperti Bintan, yang sebelumnya cenderung menuju ke zona hijau malah ke arah oranye. Kota Batam dan Tanjungpinang juga berstatus zona oranye.

Baca Juga :  Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Kepri dan Pusat Dimulai, Digelar Lewat Online

“Harus ada upaya terus menerus dan lebih tegas agar penyebaran Covid-19 bisa ditekan seminimal mungkin. Salah satunya terhadap penanganan kepulangan PMI, agar tidak memunculkan kluster-kluster baru penyebaran Covid, di wilayah kita,” jelas Arif Fadillah.

Setelah mendengar penjelasan dari Arif Fadillah, Gubernur Kepri langsung menunjuk Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu SHub Int sebagai Ketua Satgassus Penanganan Covid-19 Daerah Perlintasan. Satgassus ini akan menangani berbagai persoalan penanganan Covid-19m terkait pemulangan PMI mandiri, melalui Batam.

Hal ini, kata gubernur, sebagai tindak lanjut arahan Kepala BNPB, Doni Monardo, saat kunker ke Kepri beberapa waktu yang lalu. Pemprov Kepri meminta bantuan dari Danrem 033 Wira Pratama untuk menjadi Ketua Satgassus Penanganan Covid-19 Daerah Perlintasan. Yang meneruskan penanganan masalah penegakan protokol kesehatan terkait kepulangan PMI via Batam, yang sebelumnya dilakukan oleh Pemko Batam.

Baca Juga :  Welcome Dinner Konfernas FKUB, Ansar: Kepri Jadi Benchmark buat ASEAN

“Saya juga minta secepatnya agar disusun kebutuhan dan anggaran berkoordinasi dengan Pemko Batam. Sehingga bisa langsung diverifikasi oleh BPKP, sebelum saya laporkan ke BNPB,” jelas Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam rapat tersebut.

Gubernur juga minta agar Tim Satgassus Perlintasan menyusun tentang detail rencana kepulangan PMI. Tidak hanya ketika dari luar negeri sampai di Batam. Tetapi juga ketika tiba di Batam dan rencana kepulangannya ke kampung halamannya masing-masing.

“Termasuk juga program karantina dan isolasi bagi PMI yang ada di Batam dan Tanjungpinang. Kita minta semua dilaksanakan dengan ketat. Sehingga kita bisa tekan penyebaran Covid-19 di wilayah kita, dengan dengan seminimal mungkin,” harap Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Menyosialisasikan Program Strategis Pemprov Kepri di Bintan Timur, Simak Tanggapan Warga

Menurut Ansar Ahmad, penanganan kepulangan PMI harus dilakukan dengan serius dan dengan cara-cara yang baik serta terencana.

“PMI itu salah satu pahlawan devisa negara kita. Mereka tetap harus diperhatikan sampai mereka bisa pulang ke kampung halamannya masing-masing,” tegas gubernur.

Dalam kesempatan yang sama Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu menyatakan, siap mengemban tugas sebagai Ketua Tim Satgassus Penanganan Covid-19 Daerah Perlintasan dengan sepenuh hati. Persoalan penanganan pemulangan PMI yang serius dan terpadu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pemerintah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Untuk itu kita siap mengemban tugas. Apa-apa yang diperintahkan oleh Pak Gubernur Kepri, segera kita tindak lanjuti,” ujar Danrem Jimmy Manalu singkat. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *