banner 728x90
Cen Sui Lan mendengarkan penjelasan Tuti Sutiarsih Kepala BWS Ditjen SDA Kementerian PUPR tentang anggaran remedial lima waduk tahun anggaran 2021, di Kota Batam.

Cen Sui Lan: Rp61 Miliar untuk Remedial Lima Waduk di Batam

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar dari Dapil Kepri menyebutkan, BWS Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR akan melakukan remedial atau revitalisasi lima waduk sumber air baku di Kota Batam, pada tahun 2021 ini. Cen Sui Lan menyebutkan, anggarannya mencapai Rp61 miliar.

“Rp61 miliar anggarannya, untuk remedial lima waduk di Kota Batam itu,” kata Cen Sui Lan usai meninjau lokasi remedial (revitalisasi) waduk Sei Harapan, Batam, Selasa (20/4/2021) kemarin.

Cen Sui Lan meninjau waduk Sei Harapan dan empat lokasi waduk lainnya bersama Tuti Sutiarsih Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Pro Kepri, Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR. Turut serta Hajad dari Staf BP Batam, serta tim ahli Victor Anggsono, Agustar, dan Teddy Martus. Peninjauan ini merupakan bagian kegiatan reses dan kundapil Cen Sui Lan di Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Begini Pemandangan Serunya Polisi Bintan Naik Pangkat di Awal Tahun 2022

Cen Sui Lan menyebutkan, kegiatan remedial waduk sumber air baku pengolahan air bersih di Kota Batam, pada tahun anggaran 2021 ini, sebanyak lima waduk. Selain waduk Sei Harapan, yaitu waduk Duriangkang, waduk Muka Kuning, waduk Sei Ladi, dan waduk Nongsa. Anggaran untuk remedial atau perbaikan masing-masing waduk itu, nilainya tidak sama.

“Masing-masing waduk, beda anggaran untuk remedialnya. Nilainya itu sesuai dengan rekomendasi dari Komite Keamanan Bendungan (KKB). Yang jelas, total anggaran untuk perbaikan lima waduk di Batam, pada tahun anggaran 2021 ini mencapai Rp61 miliar,” sebut Cen Sui Lan lagi.

Baca Juga :  Pesan Wali Kota Tanjungpinang buat Kaum Perempuan pada Peringatan Hari Kartini

Khusus untuk proyek remedial waduk Sei Harapan ini, kata Cen Sui Lan, setelah perbaikan selesai, akan mampu menyediakan air bersih untuk 18.000 pelanggan yang ada di sekitar daerah Sei Harapan, Tiban hingga daerah sekitar Sekupang.

Menurut Cen Sui Lan, program remedial ini bagian dari dukungan pemerintah pusat terhadap Kepri, untuk memastikan kestabilan pasokan air bersih bagi masyarakat. Khususnya di Kota Batam. Program revitalisasi waduk Sei Harapan ini untuk memaksimalkan produksi air bersih. Karena, waduk Sei Haraan yang dibangun sejak tahun 1987 ini, belum pernah dîlakukan revitalisasi.

Baca Juga :  Sudah Dua DPO yang Menyerahkan Diri ke Kejari Bintan

Revitalisasi lima waduk di Batam ini, tambah Cen Sui Lan, tujuannya untuk meningkatkan kapasitas debit air, dan sebagai daya dukung untuk pasokan air bersih di Batam.

“Program ini menjadi solusi mengatasi krisis air di Batam, yang terjadi selama ini. Kemudian, melalui program revitalisasi dengan dana Rp61 miliar ini, ada kepastian pasokan air bersih untuk 5 tahun ke depan,” harap Cen Sui Lan saat memberikan keterangan resmi kepada suaraserumpun.com. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *