Beranda All News Begini Suasana Pemakaman Umum di Bintan Sebelum Puasa Ramadan

Begini Suasana Pemakaman Umum di Bintan Sebelum Puasa Ramadan

0
Bupati Bintan Apri Sujadi dan keluarganya memanjatkan doa di makam almarhum ibunya, menjelang puasa Ramadan, Senin (12/4/2021) kemarin.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Suasana pemakaman umum di Kabupaten Bintan dan daerah lain wilayah Provinsi Kepri, berbeda dibandingkan hari lain, sebelum memasuki puasa Ramadan. Begini suasana pemakaman umum di Km 23 Kijang, Kabupaten Bintan, Senin (12/4/2021) sore kemarin.

Hampir setiap makam di TPU Kebun Durian Km 23 Bintan Timur terlihat bersih. Rumput liar di atas makam, nyaris tak terlihat. Yang ada justru berbagai jenis bunga, yang ditabur di atas gundukan tanah maupun makam yang sudah disemenisasi. Tak cuma bunga yang bertabur di atasnya. Makam juga mengeluarkan bau wangi air kembang, selain dari wangi alami dari bunga yang ditabur.

Baca Juga :  Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono Tinjau Budi Daya Ikan Napoleon di Natuna

“Ya, begitu lah setiap tahunnya. Hampir setiap makam diziarahi oleh keluarganya,” kata seorang petugas pengelolaan TPU di Km 23 Kijang.

Ziarah ke makam keluarga menjelang Bulan Suci Ramadan sudah lazim dilakukan masyarakat di Bintan, dan daerah lain di Kepri. Meski masih dalam masa pandemi COVID-19, warga tetap antusias melakukan ziarah ke makam keluarga dan leluhurnya.

Tak terkecuali Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama keluarganya. Senin (12/4/2021) sore, Bupati Bintan melakukan ziarah ke TPU Km 23 Kijang. Tempat Pemakaman Umum (TPU) ini ramai. Bupati dan warga lainnya datang ke TPU untuk berziarah, dengan membawa kembang serta peralatan seadanya. Mereka membersihkan makam keluarga dan kerabatnya. Terakhir, mendoakan arwah keluarga yang telah mendahuluinya.

Baca Juga :  KRI Nanggala-402 Terbelah Tiga Bagian, Presiden Jokowi: Marilah Kita Memanjatkan Doa

Bupati Bintan H Apri Sujadi mengatakan, kegiatan bersih-bersih makam dan berdoa ini dilakukan sebagai tradisi tiap tahun menjelang bulan puasa Ramadan. Ia juga berharap, masyarakat Kabupaten Bintan diberikan kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa sebulan mendatang.

“Tadi berkunjung ke panti asuhan, dan dilanjutkan ziarah ke makam ibunda. Semoga Ramadan tahun ini memberikan keberkahan bagi kita semua,” harapnya. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here