Beranda All News Menikmati Kampung Wisata Telukbakau, Roby Melepas Puluhan Tukik ke Laut Cina Selatan

Menikmati Kampung Wisata Telukbakau, Roby Melepas Puluhan Tukik ke Laut Cina Selatan

0
Wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan melepas tukik (anak penyu) ke laut Cina Selatan dari pantai wisata Trikora Beach Resort, di kampung wisata Desa Telukbakau, Kabupaten Bintan, Minggu (11/4/2021).

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan melepas puluhan anak penyu (tukik) ke laut Cina Selatan, dari pantai wisata Trikora, Kabupaten Bintan, Minggu (11/4/2021) kemarin. Roby merasa bangga, jika Desa Telukbakau memiliki kampung wisata khusus melepas tukik.

Roby Kurniawan melepas puluhan tukik ini bersama pengurus Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Provinsi Kepri. Roby Kurniawan melepas puluhan tukik ke laut Cina Selatan, usai pengukuhan DPD Asparnas Provinsi Kepri di Trikora Beach Club, di Desa Telukbakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan.

Bagi Roby Kurniawan, melepas puluhan tukik dari pantai wisata Trikora di Desa Telukbakau ke laut Cina Selatan ini, tak cuma melestarikan habitat penyu di Kabupaten Bintan. Tapi, bisa menjadi daya tarik kunjungan wisata asing ke Kabupaten Bintan.

Roby menyampaikan, Telukbakau memiliki potensi besar, untuk menjadi kampung wisata khusus melepas tukik. Tentunya, pemerintah desa bekerja sama dengan Trikora Beach Resort dan perhotelan yang ada di sepanjang pantai Trikora ini.

Baca Juga :  Mau Antar Jemput Vaksinasi? Hubungi Call Center 081276085167

Melepas tukik ke laut Cina Selatan ini, bisa menjadi momen untuk daya tarik turis ke Kepri, khususnya di Kabupaten Bintan. Selain, menjaga kelestarian habitat penyu.

“Saya yakin, turis akan menikmati kampung wisata Telukbakau, dengan melepas tukik ke laut Cina Selatan ini. Kita sarankan lah, agar pemerintah Desa Telukbakau membicarakan dengan manajemen Trikora Beach Club dan perhotelan lain, untuk membangun kampung wisata di sini. Khususnya ajang melepas tukik,” saran Roby Kurniawan saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com, Minggu (11/4/2021) kemarin.

Pengukuhan Asparnas

Usai kegiatan melepas tukik dan pengukuhan DPD Asparnas Kepri tersebut, Roby Kurniawan berharap, terbentuknya asosiasi (Asparnas) Kepri ini adalah sebagai suatu energi tambahan guna mempercepat semangat pemulihan dunia pariwisata di Bintan dan Provinsi Kepri. Selama ini, pariwisata di Bintan dan Kepri terpuruk akibat dampaj pandemi Covid-19.

“Tentu saja kita senang dan sangat mengapresiasi terbentuknya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Provinsi Kepri ini. Diharapkan sebagai pioner bagi kebangkitan dunia pariwisata di Provinsi Kepri, khususnya di Kabupaten Bintan,” jelas Roby.

Pengukuhan DPD Asparnas Provinsi Kepri di Trikora Beach Resort, Kabupaten Bintan, Minggu (11//4/2021).

Dikatakannya juga, hal ini merupakan suatu wadah bagi para pelaku pariwisata untuk saling membantu promosi, bertukar informasi, menggali dan mempopulerkan potensi kearifan budaya lokal. Agar lebih popular di Indonesia khususnya, dan internasional pada umumnya. Serta dalam rangka ikut membantu program pemerintah di bidang pariwisata, dengan tetap berlandaskan pada aturan UUD 1954.

Baca Juga :  Masyarakat Pulau Terdepan NKRI Antusias Mengikuti Vaksinasi Lewat Program Nasi Kapau

“Bisa saling bersinergi bersama pemerintah untuk mendukung program pariwisata dan masyarakat lokal untuk bersama-sama memajukan dunia pariwisata. Ya, seperti membangun kampung wisata di Desa Telukbakau, Kabupaten Bintan untuk menikmati momen melepas tukik,” harap Wakil Bupati Bintan ini.

Ngadiman Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asparnas mengatakan, dalam konteks program kerja, Asparnas telah bertekad untuk membantu pemerintah guna membangkitkan dan memperkuat sektor pariwisata nasional melalui platform terarah.

“Kita memiliki platform penguatan dan inovasi terintegrasi,semangat untuk menciptakan peluang usaha baru wisata khususnya lagi dengan melibatkan masyarakat lokal,” ujarnya.

Baca Juga :  KM Bukit Raya Tak Beroperasi hingga 5 Agustus

Kampung Wisata

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan kembali membuka pintu bagi wisatawan asing ke Batam, Bintan dan daerah lain, melalui travel bubble. Upaya ini menjadi angin segar bagi pelaku industri pariwisata. Sejumlah pihak, bahkan memberikan dukungan sekaligus menyambut baik rencana tersebut. Seperti halnya diungkapkan oleh DPD Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Provinsi Kepulauan Riau.

Wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan memperlihatkan tukik (anak penyu) sebelum melepas ke laut Cina Selatan di pantai Trikora Beach Club, yang diusulkan menjadi kampung wisata Telukbakau.

“Tentunya seluruh teman-teman pariwisata sangat mendukung dan sangat senang dengan rencana pariwisata bagi wisatawan asing yang akan dibuka kembali,” ujar Mulyadi Tan, Ketua DPD Asparnas Kepri.

Harapan dan dukungan Asparnas Kepri ini pun bakal menjadi momen awal bagi Pemkab Bintan untuk mendorong pengembangan kampung wisata. Seperti kampung wisata di Desa Telukbakau, untuk momen melepas tukik ke laut Cina Selatan dari bibir pantai Trikora Beach Club ini. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here