banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota DPR RI bersama Novie Riyanto Dirjen Hubud Kemenhub RI, dalam rapat dengar pendapat Komisi V DPR RI, Selasa (6/4/2021).

Cen Sui Lan Optimis, Bandara RHA Karimun Bakal Digunakan Pesawat Boeing Berbadan Lebar

Komentar
X
Bagikan

JAKARTA (suaraserumpun) – Cen Sui Lan Anggota DPR RI dapil Kepri sangat optimis, bandar udara Raja Haji Abdullah (RHA) di Karimun akan digunakan pesawat boeing berbadan lebar. Sebab, Cen Sui Lan dan Novie Riyanto Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan menyetujui program penambahan runway Bandara RHA.

Persetujuan penambahan panjang runway Bandara RHA Karimun itu, disampaikan Dirjen Hubud Kemenhub RI, pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi V DPR RI, Selasa (6/4/2021), di Ruang Rapat Komisi V DPR RI.

Dalam RDP itu, Cen Sui Lan memaparkan hasil reses ke Bandara RHA Karimun. Untuk perpanjangan runway Bandara RHA Karimun ini direncanakan, dari 1.800 meter menjadi 2.200 meter. Kemudian, semula diperpanjang runway dilakukan ke arah gunung. Namun, dalam DED-nya diubah ke arah laut. Karena bisa mengurangi 50 persen dari pagu anggaran sebelumnya.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Menargetkan Kasus Stunting Turun Mencapai 12,2 Persen

Cen Sui Lan menyebutkan, penambahan anggaran untuk perpanjangan 400 meter runway bandar ini sekitar Rp15 milir. Nilai itu langsung disetujui Dirjen Hubud Kementerian Perhubungan RI. Kegiatan pada tahun anggaran 2021 ini. Saat ini, Bandara RHA Karumun ini masih bandara perintis.

“Nantinya, Bandara RHA Karimun bisa disinggahi pesawat boeing berbadan lebar, dari berbagai kota di Indonesia. Juga bisa dari Malaysia, dan turis bisa banyak Masuk. Kita optimis itu,” kata Cen Sui Lan, Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, saat memberikan keterangan resmi kepada suaraserumpun.com, Kamis (8/4/2021).

Dengan penambahan panjang runway Bandara RHA Karimun itu, lanjut Cen Sui Lan, akan membuka konektivitas wilayah Karimun menjadi lebih berkembang. Dan ekonomi bisa tumbuh dan dapat menghidupkan sektor jasa lainnya. Selain dari meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penambahan runway Bandara RHA Karimun ini, merupakan program dari pemerintah.

Baca Juga :  Nelayan Mantang Lama Diminta Mewaspadai Cuaca Ekstrem Saat Ingin Melaut

“Supaya konektivitas di Karimun bisa dibuka dulu dari moda transportasi udara. Untuk laut akan mengikutinya,” ujarnya.

Cen Sui Lan menginginkan, Karimun maju juga dalam konsep BBKT (Batam Bintan Karimun Tanjungpinang). Dua daerah Batam Bintan sudah lebih maju. Maka diharapkan dengan dibuka dan diperpanjang runway, pesawat being berbanda lebar bisa masuk. Maka aktivitas barang, jasa dan orang semakin tinggi trafik.

“Sehingga ekonomi jadi tumbuh dan berkembang. Kemudian investor yang besar-besar akan Lebih mudah masuk. Apabila sarana dan prasarana infrastuktur pelabuhan udara, laut dan infrakstruktur lainnya memadai,” jelas Cen Sui Lan, yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Ormas MKGR ini.

Tinjau Bandara RHA

Sebelumnya, Cen Sui Lan melakukan kunjungan reses sekaligus meninjau bandara RHA Karimun. Dari hasil peninjauan tersebut, Cen Sui Lan mengatakan, kegiatan peningkatan bandar udara se-Provinsi Kepri juga disetujui pemerintah pusat. Namun, kegiatan itu dijalankan dengan program padat karya tunai, untuk masyarakat sekitar bandara.

Cen Sui Lan meninjau Bandara RHA Karimun, belum lama ini.

Kegiatan itu seperti pengerjaan potong rumput, pengecatan, pembersihan saluran bandara dan kegiatan kegiatan yang tidak membutuhkan teknologi.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Menyosialisasikan SP4N LAPOR

“Kegiatan itu dijalankan dengan cara padat karya untuk masyarakat setempat. Yang dipekerjakan itu sekitaran 200 pekerja lokal atau setempat,” ujar istri dari H Raja Mustakim ini.

Cen Sui Lan berharap, program peningkatan dan pembangunan bandar udara di Provinsi Kepri, bisa melancarkan konektiviti di daerah pulau dan perbatasan antarnegara ini. Selain, program pembangunan bandar udara juga memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat Kepulauan Riau.

“Termasuk untuk kegiatan perpanjangan runway Bandar RHA Karimun. Agar pesawat boeing berbadan lebar, bisa masuk di Bandara RHA Karimun,” kata Cen Sui Lan, belum lama ini. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *