banner 728x90
Warga Desa Belungkur Kabupaten Lingga meminta agar Gubernur Kepri Ansar Ahmad memperbaiki jalan di desanya, Selasa (6/4/2021) malam.

Warga Belungkur Minta Perbaikan Jalan, Ansar: Oke, Syaratnya Bersihkan Masjid

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Warga Desa Belungkur, Kabupaten Lingga mendatangi Gubernur Kepri Ansar Ahmad, meminta perbaikan jalan di desanya. Ansar Ahmad menyanggupi permintaan warga Belungkur tersebut. Tapi, ada syaratnya.

Sekitar 50 orang tokoh masyarakat dan pemuda Desa Belungkur, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga beramai-ramai menemui Gubernur Kepri Ansar Ahmad di kediaman Raja Ishak, di Daik, Selasa (6/4/2021). Di rumah yang sederhana itu, gubernur dan warga duduk di lantai papan. Dengan penerangan satu bola lampu listrik, ukuran 18 watt.

Namun, silaturahmi di tempat sederhana itu, tak menjadi penghalang bagi Ansar Ahmad untuk menampung pengaduan masyarakat. Dalam pertemuan tersebut, masyarakat Belungkur meminta agar Pemprov Kepri memperbaiki jalan dari Desa Kerandin ke Belungkur. Serta jalan dari Belungkur menuju ke arah pantai. Dua jalur jalan ini, kondisinya rusak parah.

Menurut warga, sudah bertahun-tahun jalan utama di desa mereka itu rusak parah. Padahal, jalan itu merupakan akses utama bagi masyarakat yang masuk dan keluar, dari Desa Belungkur.

Baca Juga :  Tim Itwasda Polda Kepri Sidak Operasi Ketupat Seligi di Polres Bintan

Tanpa ada rasa ‘berjarak’ dengan si gubernur, Arham perwakilan tokoh masyarakat yang juga sebagai Ketua BPD Belungkur menyampaikan, kondisi jalan utama Desa Belungkur rusak berat, pada saat ini. Kalau hujan deras, jalan jadi berlumpur dan tergenang air. Padahal, jalan tersebut sarana penting untuk memajukan Belungkur, yang terkenal memiliki pantai pasir putih nan eksotis.

“Kalau jalan bagus, insya Allah, Belungkur akan maju. Karena kita punya pantai yang indah. Kami minta, Pak Gubernur memperbaiki jalan di desa kami,” harap Arham.

Dengan mengenakan baju kaos hitam di gelap gulita itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, Pemprov Kepri memang ingin memperbaiki jalan di desa tersebut. Sebab, Ansar Ahmad sudah mengetahui kondisi jalan di Desa Belungkur. Sebelumnya, Ansar Ahmad sudah dua kali ke Belungkur.

Baca Juga :  Senam Sehat Milenial Flyover Celebration, Ansar Ahmad: Tahun Ini, Tak Ada Bangun Jalan Layang

“Saya memang berniat memperbaiki jalan di Belungkur, untuk memajukan dunia wisatanya. Belungkur punya pantai yang indah. Sayang kalau tidak didukung infrastruktur jalan yang memadai,” kata Ansar Ahmad didampingi Kepala Dinas PUPR Kepri Abu Bakar.

Tahun 2021 ini, jelas Ansar Ahmad, pihaknya akan mulai memperbaiki jalan di Belungkur, meski belum semuanya. Perbaikan jalan akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran. Tahun 2021 ini, akan diperbaiki jalan dari Desa Kerandin ke Belungkur, sepanjang 3,8 kilometer, dari total panjang jalan sekitar 5 kilometer.

“Sisanya, sepanjang 1,2 kilometer akan kita anggarkan di tahun 2022,” sebut Ansar Ahmad, yang disambut tepuk tangan tokoh masyarakat dan pemuda yang hadir dalam pertemuan non formal itu.

Tidak hanya itu, Pemprov Kepri juga akan memperbaiki jalan utama dari Belungkur ke arah pantai sepanjang 6 kilometer, pada tahun anggaran 2022. Ansar akan mendorong pembangunan jalan itu, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Ansar berharap, perbaikan jalan bisa selesai.

Baca Juga :  Siap-siap, Polres Bintan Gelar Operasi Patuh Seligi 2023

Namun dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kepri menawarkan syarat kepada warga Belungkur. Gubernur meminta agar masyarakat membersihkan masjid di Desa Belungkur. Mulai dari toilet, tempat wudu, halaman masjid dan kondisi dalam masjid.

Hal ini disampaikan Ansar Ahmad, karena sewaktu dirinya ke Belungkur, sempat salat zuhur di masjid itu. Kondisi masjid kotor dan tidak terawat. Ansar meminta masyarakat Belungkur agar menjaga kebersihan masjid tersebut, dan memakmurkannya.

“Oke, saya akan perbaiki jalan. Tapi syaratnya, warga harus membersihkan masjid di Desa Belungkur itu. Bagaimana kita nak dimudahkan usaha dan dimurahkan rezeki, kalau rumah Allah saja diabaikan dan tidak diurus,” tutur Ansar Ahmad.

Mendengar hal ini, masyarakat Belungkur pun sepakat akan membersihkan dan memakmurkan masjid. Ansar pun berjanji akan memperbaiki jalan, sesuai dengan permintaan warga Belungkur. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *