banner 728x90
Pangkogabwilhan-I Laksamana Madya TNI Nyoman Gede Ariawan menyampaikan keterangan usai peninjauan perairan Natuna.

Setelah Pangkogabwilhan I, Giliran Kapolda Kepri Meninjau Natuna

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Setelah Pangkogabwilhan I, kini giliran Kapolda Kepri Irjen Pol Dr Aris Budiman MSi meninjau wilayah Kabupaten Natuna, Senin (29/3/2021) kemarin. Kunjungan pimpinan TNI dan Polri ini, untuk memantau keamanan di daerah perbatasan NKRI dengan negara luar. Khususnya di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Nyoman Gede Ariawan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna, Kepri, Jumat (26/3/2021) pekan lalu. Dalam kunjungan ini, Pangkogabwilhan I melakukan operasi interoperability, antara TNI AU dan TNI AL. Operasi gabungan ini menjalankan tugas pokok masing masing, sebagai pengamanan wilayah di udara dan pengamanan di wilayah laut.

Operasi interoperability yang dilakukan Pangkogabwilhan I ini melibatkan pesawat boeing AI 7302 dari Skadron udara 5. Dari TNI AL melibatkan KRI Sultan Thaha Saifudin (376) dan KRI Pattimura (371). Operasi ini bertujuan untuk menjalin kerja sama, dalam upaya mempertajam interoperability alutsista udara TNI AU, dan alutsista TNI AL dalam operasi gabungan.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Mengukuhkan 33 Anggota Paskibraka di Gerbang Utara NKRI

“Dari hasil patroli udara, saya sudah melihat tiga unsur kapal perang TNI AL, untuk melakukan kegiatan patroli,” kata Laksamana Madya TNI Nyoman Gede Ariawan, akhir pekan lalu.

Pangkogabwilhan I menyampaikan wilayah perairan Natuna, relatif sepi dari aktivitas Kapal Ikan Asing (KIA), yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal.

“Jika ada kapal-kapal ikan asing masuk ke wilayah kita, akan diimbangi dengan kapal Bakamla atau PSDKP. Tapi, unsur TNI AL tetap bersiaga patroli di perairan perbatasan NKRI di sana,” tegas Pangkogabwilhan I.

Baca Juga :  Kaum Ibu Mulai Memborong Minyak Goreng, Kapolres Bintan: Jangan Khawatir, Stok Masih Banyak

Giliran Kapolda Kepri

Setelah Pangkogabwilhan I, giliran Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol Dr Aris Budiman MSi yang melaksanakan meninjau wilayah Natuna. Kapolda melakukan kunjungan kerja bersama Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Pju Polda Kepri serta Ketua Bhayangkari Kepri Sinche Aris Budiman dan Pengurus Daerah Bhayangkari.

Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman tiba di Natuna, Senin (29/3/2021) kemarin.

Rombongan Kapolda disambut oleh Kapolres Natuna saat tiba di Bandara Lanud Raden Sadjad Ranai. Kapolda mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Natuna beserta jajarannya.

“Ini kunjungan pertama saya di Polres Natuna. Untuk bersilahturahmi dan tatap muka langsung dengan personel Polres Natuna yang bertugas menjaga Kamtibmas di pulau terluar ujung utara NKRI ini,” ujar Irjen Pol Dr Aris Budiman MSi.

Baca Juga :  Festival Pacu Jalur, Siposan Rimbo Mengalahkan Juara Bertahan Tuah Keramat Sialang Soko

Kapolda berpesan, agar jajaran Polres Natuna senantiasa menjaga sinergitas dengan TNI, Pemkab Natuna, tokoh agama, tokoh adat dan serta tokoh masyarakat.

“Kita harus bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas. Agar Natuna selalu aman, dan kondusif,” harapnya.

Di Natuna, Kapolda Kepri memberikan bantuan dan mengadakan pertandingan sepak bola persahabatan. Meninjau proses vaksinasi ASN dan masyarakat Natuna di Puskesmas Ranai. Kemudian, pengecekan Posko Kampung Tangguh Nusantara, serta meresmikan Posko Karhutla. Direncanakan, Kapolda juga menghadiri penutupan kegiatan TMMD, serta menyaksikan kegiatan pemusnahan kapal ikan asing di Selat Lampa. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *