banner 728x90
Jajaran Polsek Bintan Timur mengibarkan bendera Merah Putih di Pulau Sentut, pulau terdepan Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.

Di Luar Karang Singa, Polsek Bintan Timur Patroli ke Pulau Sentut

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Di luar wilayah Karang Singa, Kabupaten Bintan memiliki pulau terluar perbatasan antarnegara lainnya. Yaitu Pulau Sentut. Sabtu (27/3/2021) kemarin, personel Polsek Bintan Timur jajaran Polres Bintan, melaksanakan patroli ke Pulau Sentut tersebut.

Karang Singa berada di bagian utara Tanjung Sading, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. Sedangkan Pulau Sentut, berada di sebelah timur Pulau Bintan, sekitar Pulau Mapur, Kecamatan Bintan Pesisir. Desa Mapur ini, masih masuk dalam wilayah Kabupaten Bintan.

Di Pulau Sentut ini, sudah dibangun mercusuar dan tapal batas. Sedangkan Karang Singa di sebelah utara Kabupaten Bintan, akan dibangun mercusuar oleh Kemenko Maritim dan Investasi RI, April 2020 nanti. Tahun 2022 nanti, bakal dibangun helipad di Karang Singa tersebut. Pulau Sentut dan Karang Singa merupakan pulau terluar atau pulau terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Personel Polsek Bintan Timur mengibarkan bendera Merah Putih di menara pantau Pulau Sentut.

Sabtu (27/3/2021) pagi kemarin, personel Polsek Bintan Timur berangkat dari Pelabuhan Kijang, menuju Pulau Sentut. Untuk menuju ke Pulau Sentut yang tak berpenghuni tersebut, anggota polisi harus menempuh perjalanan laut, sekitar 4 Jam. Pulau Sentut merupakan pulau terluar NKRI yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga, Malaysia dan laut China Selatan.

Baca Juga :  Dewi Kumalasari Pulang Kampung, Bantu Kaum Duafa di Desa Penaga

Kapolsek Bintan Timur AKP Ulil Rahim SKom MH yang memimpin langsung kegiatan tersebut. AKP Ulil Rahim mengatakan, patroli pulau terluar adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan, karena wilayah hukum Polsek Bintan Timur. Yaitu di wilayah pesisir Bintan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan laut China Selatan.

Selain itu, Ulil menjelaskan, di Desa Mapur terdapat Pos Pantau TNI-POLRI, yang senantiasa dijaga oleh anggotanya bersama TNI. Guna memantau dan mempertahankan pulau-pulau terluar milik NKRI.

“Kemarin, kami bersama TNI-POLRI dan unsur Pemerintahan Desa Mapur, langsung memantau situasi Pulau Sentut, di perairan sekitar Desa Mapur,” ujar Ulil Rahim melalui keterangan resmi yang diterima redaksi suaraserumpun.com, Minggu (28/3/2021).

Personel Polsek Bintan Timur melakukan patroli di Pulau Sentut, sebagai pulau terluar Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.

Sampai saat ini, teritorial di Pulau Sentut dalam kondisi aman. Selain Pulau Sentut, Kabupaten Bintan turut mengamankan wilayah Karang Singa di bagian utara, berbatasan dengan Malaysia dan Singapura. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *