Beranda All News AKP Monang Enggak Bisa Melupain Saat Menggendong Penderita Stroke di Bintan

AKP Monang Enggak Bisa Melupain Saat Menggendong Penderita Stroke di Bintan

0
AKP Monang P Silalahi mantan Kapolsek Gunung Kijang, Kabupaten Bintan.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – AKP Monang Parlagutan Silalahi seorang dari sejumlah Kapolsek dan perwira kepolisian, yang dimutasi jajaran Polda Kepri, baru-baru ini. Mantan Kapolsek Gunung Kijang jajaran Polres Bintan ini enggak bisa melupain saat bertugas di tempat yang lama.

Nama Monang P Silalahi tertera dari 13 orang Pju dan perwira Polres Bintan, dalam surat telegram Kapolda Kepri pada tanggal 10 Maret 2021 lalu. Dalam surat telegram Nomor ST/114/III/KEP./2021 itu, Kapolsek Gunung Kijang Polres Bintan AKP Monang P Silalahi, diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolsek Kawasan Pelabuhan Sri Bintan Pura, Polres Tanjungpinang Polda Kepri.

AKP Monang P Silalahi mengikuti apel serah terima jabatan, yang dilaksanakan di halaman Mako Polres Bintan, Sabtu (20/3/2021) lalu. Terhitung saat itu, Kapolsek Gunung Kijang tak lagi dijabat oleh AKP Monang. Tak sedikit tokoh masyarakat yang mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru. Meski ada yang merasa ‘berat’ atas perpindahan tugas bagi AKP Monang itu.

Baca Juga :  Ternyata LAM Kepri Minjam Gedung Pemerintah

Tugas, ya tugas. Kebijakan pimpinan tetap dilaksanakan oleh AKP Monang. Namun baginya, komunikasi dengan masyarakat Bintan, tetap terjalin erat. Karena selama bertugas hampir 2 tahun di Polsek Gunung Kijang, banyak hal yang dilalui AKP Monang. Terutama dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif.

Mulai dari penindakan aksi kriminal, pengamanan penyelenggaraan Pilkada 2020, pengamanan hari besar keagamaan, pemadaman kebakaran, sampai dengan upaya penanganan banjir saat Kabupaten Bintan dilanda bencana, awal tahun 2021.

Ketika awal tahun 2021, sejumlah kecamatan dihantam banjir akibat curah hujan yang tinggi. Waduk Seigesek di Kecamatan Toapaya Asri meluap. Banjir melanda di sejumlah pemukiman warga. Dengan ketinggian air di atas 150 sentimeter.

Baca Juga :  Bambang Sugihartono Lega, Animo Masyarakat untuk Vaksinasi Semakin Tinggi

Belasan rumah di Simpang Gesek terendam. Kondisi aliran air sangat deras. Bahkan untuk mengevakuasi warga ke tempat yang aman, tim kepolisian dan gabungan lainnya harus menggunakan tali. Agar warga yang dievakuasi tidak hanyut dan sampai ke tempat yang lebih tinggi.

Dalam kondisi tak menentu itu, AKP Monang P Silalahi langsung turun tangan mengevakuasi warga. Bahkan seorang lansia dalam kondisi lumpuh akibat stroke, harus digendong dari lokasi banjir ke tempat yang aman.

“Selama bertugas di Bintan, penanganan banjir di awal tahun 2021 itu, yang paling berkesan. Saya enggak bisa melupain saat menggendong warga si penderita stroke, di bencana Bintan itu,” ujar AKP Monang P Silalahi, baru-baru ini.

Baca Juga :  Ngabuburit Ilmu Cuma Ada di Polsek Bintan Timur, Simak Bentuk Kegiatannya

Kini, AKP Monang P Silalahi sudah melakukan serah terima jabatan di jajaran Polres Tanjungpinang. AKP Monang yang menjabat Wakapolsek Kawasan Pelabuhan Sri Bintan Tanjungpinang, sudah mulai bertugas. Baginya, bertugas di jajaran Polres Tanjungpinang, bukan suasana baru. Sebab, sebelum bertugas di Bintan, AKP Monang menjalankan tugas di Bagian Intel.

“Bertugas di Tanjungpinang, sama juga balik kampung. Itu sudah biasa bagi kami di kepolisian. Di mana-mana, itu kampung kita. Saat ini, saya hanya berharap tidak ada lagi bencana di Kabupaten Bintan,” demikian diharapkan AKP Monang P Silalahi. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here