banner 728x90
Fast test lap Marc Marquez saat latihan di sirkuit Catalunya, sebelum seri perdana MotoGP 2021 di Qatar.

Marquez Resmi Absen di 2 Seri Pembuka MotoGP 2021 di Qatar

Komentar
X
Bagikan

DOHA (suaraserumpun) – Marc Marquez resmi absen (tidak tampil) di 2 seri pembuka balapan MotoGP 2021 di sirkuit Losail, Doha, Qatar, Minggu 28 Maret dan 4 April nanti. Keputusan ini diumumkan oleh Repsol Honda melalui laman resminya, Senin (22/3/2021) malam tadi.

Padahal, MotoGP 2021 akan melakoni balapan perdana, pada tanggal 28 Maret di Sirkuit Losail, Qatar. Begitu pun dengan seri kedua yang akan berlangsung di tempat yang sama sepekan kemudian, tanggal 4 April 2021 dengan titel MotoGP Doha 2021.

Seri pertama MotoGP 2021 tinggal enam hari lagi. Namun, Marc Marquez yang telah masuk dalam daftar 22 pebalap akhirnya membuat keputusan, untuk absen pada seri perdana. Keputusan tersebut diambil juga tidak lepas dari saran tim medisnya di Rumah Sakit Ruber International.

Baca Juga :  Di Bintan, Boleh Salat Idulfitri Berjemaah di Masjid dan Surau, Ada 223 Tempat

“Marc Marquez bersama tim medisnya di Rumah Sakit Ruber Internacional, menganggap bijaksana untuk tidak kembali mengikuti kompetisi akhir pekan ini di Qatar,” tulis Repsol Honda pada halaman resminya.

Sebelumnya, Marc Marquez telah kembali ke arena balap dengan menjalani dua kali tes di Sirkuit Catalunya, Spanyol dan Portimao, Portugal. Namun, Marquez belum menggeber motor Honda RC213V, melainkan RC21V-S.

Tim dokter yang dipimpin Samuel Antuña dan Ignacio Roger de Oña pun menyatakan bahwa fisik Marquez telah menunjukkan respons yang baik. Akan tetapi, mereka memutuskan untuk tetap menunda comeback-nya Marquez demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan kembali.

“15 minggu setelah operasi untuk pseudoarthrosis yang terinfeksi pada humerus kanan, respons klinis yang baik telah ditemukan setelah intensifikasi pelatihannya,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga :  Jack Miller Tercepat di Free Practice 2 MotoGP, Rossi: Ducati yang Terkuat

“Namun, mengingat periode waktu dan kondisi saat ini dari proses konsolidasi tulang, dokter mengangggapnya bijaksana dan perlu untuk tidak mempercepat kembalinya Marquez ke trek setelah waktu yang tidak aktif.Selain itu, untuk menghindari menempatkan humerus pada risiko dalam persaingan yang ketat,” sambung pernyataan itu.

Lebih lanjut, Marquez akan menjalani pemeriksaan kembali dengan tim dokter pada 12 April 2021. Itu berarti, juara dunia MotoGP enam kali itu akan absen pada seri kedua yang juga berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar.

“Marquez akan menjalani pemeriksaan kesehatan lagi pada Senin, 12 April,” tutup pernyataan tersebut.

Marquez Ambil Risiko

Sebelumnya, Marc Marquez menyatakan, tetap akan tampil berani mengambil risiko, dengan terus menerapkan gaya balapannya yang bisa dikatakan ugal-ugalan tersebut. Bahkan untuk bisa terus tampil berani, Marquez sempat bertanya kepada dokter apakah lengannya siap jika dirinya suatu saat nanti jatuh lagi. Ia bertanya seperti itu untuk berjaga-jaga, karena tahu betapa liarnya ia saat mengendarai motor Honda.

Marc Marquez tes motor Repsol Honda sebelum seri perdana MotoGP 2021 di Qatar.

“Untuk sekarang ini, tujuan utama saya adalah kembali mengendarai motor, lalu kedua adalah bersenang-senang lagi, dan tujuan ketiga kembali ke Marquez yang seperti biasanya,” jelas Marquez, Senin (22/3/2021) kemarin.

Baca Juga :  Ini Kedua Kalinya Zinedine Zidane Mundur dari Real Madrid

“Ketika saya kembali mengendarai motor nanti, saya akan memastikan tetap tampil mengambil risiko. Itulah gaya (balapan) saya dan akan terus seperti itu. Sekali pun nanti mungkin agak sedikit berbeda karena semuanya membutuhkan waktu,” tutupnya. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *