Beranda All News Ini Kriteria Janda dan Lansia Penerima BLT dari Program Apri-Roby

Ini Kriteria Janda dan Lansia Penerima BLT dari Program Apri-Roby

0
Bupati Bintan Apri Sujadi meminta saran dari janda dan lansia terhadap program BLT, Kamis (18/3/2021).

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Bupati Bintan Apri Sujadi telah meminta Dinas Sosial Kabupaten Bintan, untuk mendata para janda dan lanjut usia (lansia) sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT). Ini kriteria janda lansia penerima BLT dari program Apri-Roby tersebut.

Pemerintah Kabupaten Bintan berusaha agar program BLT untuk janda dan lansia tersebut tepat sasaran. Justru itu, Apri Sujadi ikut turun langsung ke rumah-rumah lansia dan janda yang memiliki tanggungan keluarga. Apri juga mendengarkan keluh kesah mereka, Kamis (18/3/2021) kemarin.

“Kami ingin mengetahui respon warga, terhadap program ini. Agar penyaluran BLT buat janda dan lansia ini tepat sasaran,” kata Apri Sujadi saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga :  Instruksi Gubernur Kepri: Dilarang Berkumpul Lebih dari Tiga Orang untuk Zona Merah

Apri Sujadi menyatakan, akan ada kriteria yang harus diperhatikan dalam penyaluran program BLT kepada janda dan lansia ini. Bantuan tersebut dikhususkan bagi lansia di atas 60 tahun. Bagi lansia yang sudah terdaftar di Program Keluarga Harapan (PKH), kemungkinan tidak masuk dalam program yang akan dikucurkan pemerintah daerah ini. Sehingga, data BLT yang dikucurkan buat lansia itu, tidak tumpang tindih, antara program pusat dan program pemerintah daerah.

Begitu juga untuk kriteria janda yang berhak menerima BLT itu. Yaitu, janda yang berusia di atas 50 tahun. Kemudian, janda yang memiliki tanggungan atau menjadi tulang punggung untuk kehidupan keluarganya. Serta janda yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan PKH dari pemerintah pusat.

Baca Juga :  Bukti Kepri Siap Menerima Kunjungan Turis Singapura dan Malaysia, Diawali Festival Barongsai

“Itu dua kategori sosial ekonomi yang akan kita bantu melalui program BLT nanti. Yaitu lansia dan janda yang menjadi tulang punggung keluarga,” tegas Apri Sujadi.

Pasangan Apri-Roby bakal memberikan perhatian kepada lansia dan janda, untuk 5 tahun ke depan. Dengan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), sebagai satu dari sejumlah program pemulihan ekonomi akibat Covid-19. Untuk mewujudkan program tersebut, Pemkab Bintan akan menyisihkan alokasi yang berasal dari APBD, dengan cara mencoret sejumlah alokasi kegiatan fisik.

“Dari kriteria janda dan lansia penerima BLT itu, mungkin ada sekitar 12 ribu penerima nantinya. Tapi, kita masih menunggu data dari Dinsos Kabupaten Bintan,” sebut Apri Sujadi menambahkan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here