Beranda All News Menko Luhut Pandjaitan, Mahfud MD dan Ansar Ahmad Tinjau Karang Singa

Menko Luhut Pandjaitan, Mahfud MD dan Ansar Ahmad Tinjau Karang Singa

0
Menko Marves RI Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersiap naik helikopter, saat ingin meninjau Karang Singa di perairan Bintan, Kamis (18/3/2021).

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menko Polhukam Mahfud MD, dan Ansar Ahmad meninjau lokasi Karang Singa, Kamis (18/3/2021). Karang Singa di bagian utara Tanjung Sading, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau ini bakal dibangun mercusuar dan helipad.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menyambut kedatangan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bandara Hang Nadim, Batam, Kamis (18/3/2021) pagi. Menko Luhut tiba di Batam bersama Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Dalam penyambutan itu, hadir juga Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI I Nyoman Gede Ariawan, Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Kajati Kepri Hari Setiyono, Sekdaprov H TS Arif Fadillah, dan Kepala BP Batam H Muhammad Rudi.

Agenda menko Luhut B Pandjaitan bersama tiga menteri lainnya di Provinsi Kepri, dimulai dengan pemaparan Gubernur Kepri Ansar Ahmad tentang labuh jangkar. Kemudian, pengembangan investasi dan reaktivasi pariwisata Kepri. Usai pemaparan tersebut, dilanjutan diskusi dengan para Menteri.

Baca Juga :  Cerita Penggali Kubur Jenazah Covid-19, Beruntung TPU Kebun Durian Kijang Tak Gelap Lagi

Karang Singa

Gubernur Kepri Ansar Ahmad kemudian mendampingi Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendag RI Muhammad Lutfi meninjau Karang Singa. Karang Singa terletak di bagian utara Tanjung Sading,Pulau Bintan.

Karang Singa ini berada di perairan utara dari Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Karang Singa merupakan daerah perbatasan negara RI dengan Malaysia dan Singapura. Di perairan internasional perbatasan internasional ini, negara Singapura telah menguasai teritorial Batu Putih (Pedra Branca).

Sedangkan negara Malaysia sudah menguasai Karang Tengah (Middle Rock). Penguasaan teritorial dari dua negara tersebut, sudah diputuskan oleh Mahkamah Internasional (International Court of Justice).

Baca Juga :  Hari Anak Nasional, AHY: Mari Lindungi Generasi Penerus Bangsa dari Virus Corona

Malaysia dan Singapura dikabarkan sedang mengincar kawasan Karang Selatan (South Ledge). Karang ini berada di bagian selatan dari Batu Putih dan Karang Tengah. Wilayah ini lebih mengarah ke perairan Pulau Bintan. Kawasan terdekat dengan Karang Tengah ini, yaitu Karang Singa yang berada di teritorial NKRI. Karang Singa ini sempat diklaim milik negara luar.

Sebagai antisipasi kepemilikan teritorial antarnegara, pemerintah RI akan membangun mercusuar dan helipad (landasan helikopter) di Karang Singa di wilayah Kabupaten Bintan ini. Kebijakan ini, langsung perintah Presiden RI Jokowi kepada Menkopolhukam, Pangkogabwilhan, Panglima TNI dan Kapolri. Sedangkan garda terdepan untuk pembangunan mercusuar dan helipad itu, dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomar Inves) RI.

“Iya, Kamis (18/3/2021) hari ini, Pak Menko Luhut Binsar Pandjaitan dan Pak Menko Polhukam Mahfud MD meninjau lokasi Karang Singa, di bagian utara Bintan. Karang Singa merupakan perbatasan antarnegara, RI dengan Malaysia dan Singapura,” kata Ansar Ahmad, Gubernur Kepri.

Menko Marves RI Luhut Binsar Pandjaitan tiba di Batam sebelum meninjau Karang Singa.

Selain meninjau Karang Singa, Menko Luhut Binsar Pandjaitan, Mahfud MD dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad meninjau area labuh jangkar di Kabil dan Batu Ampar, serta lay up kapal super tangker. Peninjauan ini menggunakan helikopter.

Baca Juga :  Volume Bongkar Muat Peti Kemas di Pelabuhan BP Batam Malah Naik Selama Masa Pandemi

Usai meninjau Karang Singa dan lokasi labuh jangkar, dilanjutkan dengan peluncuran Batam Logistic Ecosystem, di BP Batam. Usai dari BP Batam, Menko Luhut bersama para menteri dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad meninjau PT BSSTEC di Jembatan 2 Barelang. Sebelum kembali ke Jakarta, Menko Luhut, dan para menteri meninjau lokasi rencana pembangunan jembatan Batam-Bintan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here